Peta Negara Bangladesh Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Bangladesh terletak di Benua Asia atau lebih tepatnya di Asia Selatan dengan ibukota Dhaka. Luas wilayah Bangladesh sekitar 148,460.00 km2 dimana 12.32% (18,290.00 km2) merupakan perairan dan 130,170.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-92 di dunia. Bangladesh memiliki ketinggian rata-rata 85 m di atas permukaan laut, memiliki iklim tropis dengan musim dingin ringan, musim panas dan musim hujan. Wilayahnya pada umumnya merupakan dataran rendah aluvial dan perbukitan di bagian tenggara.

Gambar peta negara Bangladesh lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Bangladesh yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Bangladesh

peta bangladesh
Gambar posisi letak negara Bangladesh dalam peta dunia.

peta bangladesh
Gambar Peta Bangladesh.

Berdasarkan peta Bangladesh diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Bangladesh yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Barat-Utara-Timur: Berbatasan dengan India
  2. Sebelah Tenggara: Berbatasan dengan Myanmar
  3. Sebelah Selatan: Dibatasi oleh Teluk Benggala

Kota Penting di Bangladesh

Beberapa kota penting dan besar di Bangladesh diantaranya adalah Dhaka, Bandarban, Bogra, Brahmanbaria, Barisal, Begamganj, Bhola, Dinajpur, Gazipur, Chittagong, Comilla, Cox's Bazar, Gomastapur, Jaria, Jessore, Habiganj, Ishurdi, Jamalpur, Narayanganj, Nawabganj, Khulna, Mymensingh, Pirganj, Rajshahi, Rangpur, Saidpur, Ramgarh, Rangamati, Tangail, Sylhet dan Teknaf.

Lokasi Strategis di Bangladesh

Sungai Atrai, Danau Barkal, Teluk Benggala, Sungai Brahmaputra, Sungai Gangga, Sungai Jamuna, Sungai Jamuneswari, Sungai Kabadak, Sungai Kalni, Waduk Karnaphuli, Sungai Kusiyara, Pulau Kutubdia, Sungai Madhumati, Pulau Maheshkhali, Sungai Meghna, Perbukitan Mizo, Mulut Sungai Gangga, Sungai Padma, Pulau Sandwip, Pulau Hatia Selatan, Sungai Surma, Swatch of No Ground, dan Sungai Tista.

Masalah Lingkungan di Bangladesh

Bangladesh mengalami kelebihan penduduk yang parah, oleh karena itu banyak orang tidak memiliki lahan dan dipaksa untuk hidup dan mengolah lahan rawan banjir. Selain itu ada juga masalah lingkungan, yang meliputi penyakit akibat air yang terkontaminasi oleh arsenik alami. Negara ini memiliki masalah pencemaran air, terutama dari daerah penangkapan ikan. Sumber pencemaran air diakibatkan oleh penggunaan pestisida. Di bagian utara dan tengah negara ini, terjadi kekurangan air. Bangladesh juga memiliki masalah lingkungan lainnya berupa deforestasi, erosi dan degradasi tanah.

Sumber Daya Alam Bangladesh

Bangladesh kaya akan sumber daya alam yaitu berupa bahan bakar fosil termasuk gas alam dan batu bara. Sumber daya alam lainnya yang ada di negara ini adalah tanah yang subur dan kayu.

Peta Negara Bangladesh Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya