Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara India serta Keuntungannya

India menjadi negara yang cukup populer di dunia dengan industri hiburannya yang biasa disebut dengan Bollywood. Dengan ketertarikan masyarakat luas dengan dunia Bollywood, maka tak heran jika informasi terkait negara ini pun banyak dicari. India sendiri termasuk negara dengan penduduk yang terbanyak di posisi dua (lihat disini Peta India). Penduduk yang ada di India jumlahnya mencapai 1,26 miliar jiwa dimana mayoritas penduduknya adalah beragama Hindu.

Letak Astronomis India

Sistem pemerintahan yang ada di India adalah Republik Federal Parlementer dimana pada sistem pemerintahannya menjadikan Presiden sebagai kepala negara dan Perdana Menteri adalah kepala pemerintahan. Selain dikenal sebagai negara dengan penduduk terbanyak, India juga dikenal sebagai negara yang luas wilayahnya terbesar dengan urutan ketujuh. Luas keseluruhan wilayah India sendiri tercatat 3,28 juta km2. Berikut ini letak astronomis India:
  • Garis lintang: 8 derajat Lintang Utara sampai 37 derajat Lintang Utara.
  • Garis bujur: 68 derajat Bujur Timur hingga 97 derajat Bujur Timur.

letak astronomis, geografis dan geologis india

Letak Geografis India

Menilik dari segi sejarahnya, India dulunya dijajah oleh Inggris kurang lebih 300 tahun lamanya. Kemudian di tanggal 15 Agustus 1947 India akhirnya bisa memperoleh kemerdekaan. Saat itu India masih menjadi satu dengan negara Pakistan. Meski demikian kini India sudah berpisah dari negara Pakistan dan ibukota India adalah New Delhi. Berikut ini letak geografis India:
  • Wilayah India utara langsung berbatasan dengan Cina, Nepal dan Bhutan.
  • Wilayah India selatan langsung berbatasan dengan negara Sri Lanka serta Samudera Hindia.
  • Wilayah India timur langsung berbatasan dengan beberapa negara seperti Myanmar, Teluk Benggala dan Bangladesh.
  • Wilayah India barat langsung berbatasan dengan negara Pakistan dan Laut Arab.

Lihat disini tampilan Peta Myanmar, Peta Bangladesh dan Peta China untuk memahami letak geografis India.

Letak Geologis India

Negara India memiliki iklim tropis serta sub tropis dimana iklimnya dipengaruhi angin Muson. Letak geologis India sendiri sangat berkaitan dengan bentang alamnya. Jika dilihat kembali, maka berikut ini beberapa hal penting tentang alam India yang harus diketahui:
  • Di kawasan pegunungan Himalaya di bagian utara, kawasan ini terdiri dari dataran tinggi dan juga pegunungan.
  • Di kawasan tengah ada dataran rendah Gangga. Daerah ini merupakan daerah di India yang dikenal subur lantaran dilalui beberapa sungai yakni Sungai Gangga serta Sungai Bharma Putra. Penduduk di daerah tengah India mayoritas memiliki profesi sebagai petani karena pertaniannya yang subur dan bagus.
  • India selatan adalah semenanjung. Umumnya kawasan selatan ini pegunungan dan perbukitan yang biasa disebut dengan Plato Dekka.
  • Bagian barat dan timur India ada Pegunungan Ghats.
  • Beberapa sungai besar yang kerap dijadikan sebagai transportasi diantaranya Sungai Gangga, Sungai Brahma Putra hingga Sungai Indush.
  • Hutan yang ada di India jenisnya beragam mulai dari hutan tropis (lihat karakteristik hutan hujan tropis), hutan musim, stepa dan juga sabana yang menjadikan bentang alamnya kian lengkap.

Keuntungan Letak Geografis India

Melihat dari segi letak astronomis, geografis dan geologis Negara India, maka negara ini punya beberapa keuntungan seperti:

  • India memiliki banyak sungai dengan luas yang cukup besar seperti Sungai Brahma Putra, Sungai Gangga, Sungai Godavari, Sungai Krishna serta Sungai Yamuna (lihat juga sungai terpanjang di benua Asia). Dengan banyaknya sungai ini, maka bisa mengaliri ke banyak wilayah pertanian. Tidak heran jika kawasan dekat sungai sangat subur tanah pertaniannya. 
  • Kesuburan tersebut menjadikan India dikenal sebagai pemasok padi, gandum, kentang hingga tebu ke beberapa negara.

Itulah hal-hal penting seputar negara India yang bisa jadi tambahan informasi untuk Anda. Jika berkesempatan berkunjung ke India, maka pastikan untuk mendatangi Taj Mahal yang ikonik.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara India serta Keuntungannya