Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nama Sungai di Indonesia Berdasarkan Letaknya

sungai di indonesia
Sungai di Indonesia - Di Indonesia, ada berbagai jenis sungai yang tersebar di seluruh pulau besar dan pulau kecil. Ukurannya bervariasi dari yang berukuran kecil hingga sungai besar. Untuk mengenal lebih dalam tentang nama-nama sungai yang ada di Indonesia, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Apa itu Sungai?

Sebelum mengetahui macam-macam sungai di Indonesia beserta karakteristiknya, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu sungai. Sungai adalah sumber air yang mengalir dari hulu yang letaknya di daerah daratan tinggi menuju ke hilir yang letaknya di daerah dataran rendah. Aliran ini kemudian bermuara di sungai yang lebih besar atau bermuara di danau.


Beberapa sungai ada juga yang mengalir langsung dan bermuara di laut. Sungai juga memiliki bagian-bagian sendiri, mulai dari bagian hulu yang memiliki arus deras, bagian tengah dengan arus sedang dan bagian hilir yang berarus kecil namun memiliki ukuran sungainya lebih lebar.

Selain bagian-bagian yang memiliki karakter berbeda-beda, sungai juga terdiri dari berbagai jenis yang dikelompokkan berdasarkan proses terbentuknya. Dari sifatnya yang mengalir sehingga menghasilkan energi, sungai juga dimanfaatkan untuk menghasilkan energi lain yang tak kalah bermanfaat. Setelah mengetahui pengertian, manfaat dan bagian-bagiannya, selanjutnya adalah mengenal sungai di Indonesia serta karakteristik masing-masing sungai di setiap daerah.

Lihat juga mengenai: Sungai Terbesar di Indonesia

Nama-Nama Sungai di Indonesia Berdasarkan Letaknya

Dilihat dari 5 pulau besar di Indonesia, masing-masing pulau memiliki sungai besar dengan karakteristik yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa contoh sungai di Indonesia Berdasarkan letak dan masing-masing karakteristiknya.

Sungai Besar di Pulau Sumatera

Pulau besar pertama di Indonesia yang memiliki banyak sungai besar adalah pulau Sumatera. Bahkan salah satu sungai di Indonesia yang terpanjang juga terdapat di Pulau Sumatera ini. Setiap sungai memiliki karakteristik berbeda-beda dan berikut sungai besar yang ada di Pulau Sumatera :

1. Sungai Musi
Ada banyak sungai besar di Sumatera. Seperti misalnya Sungai Musi yang masuk sebagai salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Musi ini terletak dan membelah kota Oakenbat menjadi dua tepat di tengahnya. Selain menjadi sumber air bersih masyarakat sekitar, Sungai Musi ini juga menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar.


2. Sungai Batang Hari
Sungai terpanjang di Pulau Sumatera selanjutnya adalah sungai Batang Hari. Dengan panjang mencapai 800km. Sungai yang mengalir dari Kabupaten Solok dan bermuara di Kabupaten ini juga menawarkan keindahan pemandangan yang tak kalah indah dengan sungai lain. Daerah pinggir sungai ini juga menjadi lokasi untuk melakukan aktivitas pertambangan dan aktivitas eksploitasi membuat DAS sungai ini menjadi tercemar.

Baca juga tentang: Jenis Jenis Sungai

Sungai Besar di Pulau Jawa

Beberapa sungai di Indonesia yang terkenal dan berukuran besar juga ada di Pulau Jawa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sungai Brantas
nama sungai di pulau jawa
Sungai Brantas adalah salah satu sungai besar di Indonesia yang mengalir sebagian besar di wilayah Jawa Timur. Panjangnya mencapai 320km dengan mata air dari Gunung Arujuno dan mengitari Gunung Kelud yang merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Jawa.

Wilayah DAS nya dari dulu hingga saat ini juga masih banyak digunakan untuk aktivitas pertanian. Karakteristik khas sungai ini adalah pola aliran sungainya yang bercabang dua, menjadi Kali Mas dan Kali Porong. Inilah yang membuat Sungai Brantas menjadi sungai terpanjang di Jawa.

2. Sungai Bengawan Solo
Selanjutnya adalah Sungai Bengawan Solo. Siapa yang tak kenal sungai ini. Sungai yang mengalir melewati dua provinsi , yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sungai ini memiliki karakter DAS yang landai dan datar sehingga sungai yang terbentuk memiliki pola berkelok.

Baca juga mengenai: Pola Aliran Rektangular

Sungai Besar di Pulau Kalimantan

Terkenal dengan Pulau seribu sungai, sebagian besar sungai di Indonesia yang masuk dalam kategori terbesar ada di pulau ini. Seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sungai Kapuas
Sungai Kapuas ini memiliki panjang 1.178 km serta kedalaman 27 meter. Hulu sungai ini ada di Kecamatan Kapuas Hulu dengan hilir yang mengalir ke Laut Jawa. Di sungai ini tidak hanya menjadi sumber air bersih bagi manusia namun juga menjadi habitat hidup berbagai spesies ikan langka. Selain itu, di sungai ini berbagai aktivitas masyarakat juga dilakukan mulai dari kegiatan ekonomi dan transportasi.

2. Sungai Mahakam
Sungai Mahakam ini memiliki panjang hingga 920 km dengan hulu di Kutai Barat dan berhilir di Selat Makassar. Di sungai ini jugalah hidup satwa endemik dan dilindungi air tawar bernama pesut mahakam. Sama seperti sungai lain di Pulau Kalimantan, Sungai Mahakam ini tidak hanya berfungsi sebagai penyedia air bersih namun juga menjadi sarana transportasi masyarakat.

Sungai Besar di Pulau Sulawesi

1. Sungai Lariang
Di Pulau Sulawesi juga ada beberapa sungai besar yang mengalir salah satunya adalah Sungai Lariang ini. Dengan panjang 245 km, sungai ini juga menjadi sungai terpanjang di Pulau Sulawesi. Sebagai DAS sungai ini berada di kawasan Taman Nasional sehingga masih terjaga.

2. Sungai Wallanae
Sungai ini dikenal juga dengan sebutan sungai purba di Sulawesi. Memiliki panjang 169km sungai yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki anak sungai yang cukup banyak dan semuanya bermuara di Danau Tempe.

Karakteristik yang unik dari sungai ini adalah banyaknya ditemukan artefak atau peninggalan masa prasejarah di lembah sungai ini. Inilah yang membuat masyarakat menyebut sungai ini dengan sebutan sungai purba.

Sungai Besar di Pulau Papua

Papua juga memiliki sungai dengan potensi sumber daya yang melimpah. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Sungai Mamberamo
Sungai berikutnya adalah Sungai Mamberamo dengan panjang 670 km dan kedalamannya bisa mencapai 8-33 meter. Karakter sungai ini adalah adanya mudvocano atau semburan lumpur yang bercampur pasir. Selain itu, di bagian pinggirnya tersusun dari endapan batuan sedimen.

Kawasan hulunya adalah pegunungan sedangkan kawasan hilirnya rawa dan bagian tengahnya dataran tinggi. Ada banyak pula spesies satwa yang hidup di sekitarnya mulai dari kayak hidung panjang, kupu-kupu hitam serta putih dan buaya muara.

2. Sungai Digul
Sungai yang memiliki hulu di Pegunungan Maoke dan berhilir riblaut Arafura ini memiliki panjang mencapai 546km dengan beberapa anak sungai. Sungai ini juga menyimpan kekayaan flora dan fauna seperti banyaknya tanaman merambat seperti pakis yang mudah ditemukan di pinggir sungai. Sedangkan untuk fauna yang hidup di sungai ini antara lain buaya, kura-kura, ikan air tawar Seperti gurame dan ikan gabus.

Pemegang Rekor Sungai Terpanjang di Indonesia

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas yang terletak di Pulau Kalimantan. Sungai ini memiliki panjang hingga 1.178 km dengan berbagai potensi di dalamnya. Tidak hanya menjadi sumber air bersih, sungai ini juga menjadi sarana transportasi andalan masyarakat Kalimantan sehingga kemudian juga dikembangkan menjadi wisata.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang sungai di Indonesia yang tersebar di seluruh pulau besar yang ada di Indonesia. Keragaman sungai yang ada di Indonesia ini memiliki potensi yang sangat besar, sehingga sudah sepatunya jika kita menjaga dan merawat kelestariannya.