Selasa, 07 November 2017

Inilah Nama Planet yang Ada Dalam Galaksi Bima Sakti

Planet merupakan sebuah benda langit yang memiliki sifat tidak bisa memancarkan cahaya sendiri dan hanya dapat menerima cahaya dari bintang lain. Tidak semua benda langit yang tidak bisa memancarkan cahaya disebut planet, hanya objek yang memiliki lintasan orbit yang mengelilingi pusat bintang ini saja yang bisa disebut dengan planet. Anda tentunya masih ingat bukan apa saja nama planet yang ada dalam galaksi bima sakti termasuk planet kita. Meski demikian masih banyak orang yang belum tahu mengenai nama-nama planet yang masuk kategori planet dalam dan planet luar.

Apa saja nama planet dari planet dalam dan planet luar dari galaksi bima sakti?
Semua planet pasti melakukan rotasi dan berevolusi dengan masa yang berbeda-beda. Pada planet yang masuk dalam kategori planet bagian dalam memiliki waktu revolusi lebih cepat dibandingkan dengan planet yang masuk ke dalam kategori planet luar. Berikut nama planet berdasarkan kategori planet dalam tata surya dari galaksi bima sakti:

1. Merkurius
Merkurius merupakan planet kecil yang berjarak hanya 0,5 SA dari matahari. Meski demikian jarak tersebut selalu berubah-ubah tergantung dari jarak orbit yang ditempuh. Planet yang masuk dalam kategori planet dalam ini memiliki diameter hanya 4.879 km saja. Sementara untuk lama rotasi planet ini hanya membutuhkan waktu selama 58,6 hari.

2. Venus
Nama planet selanjutnya yang masuk dalam kategori planet dalam adalah planet venus. Venus sendiri merupakan planet kedua yang dekat dengan matahari setelah planet merkurius. Diameter yang dimiliki oleh planet venus adalah sekitar 12.100 km dengan massa 0,815 kali dengan masa bumi. Planet yang satu ini membutuhkan waktu hingga 225 hari untuk berevolusi dan membutuhkan waktu hingga 243,2 hari untuk berotasi.

3. Bumi
Bumi merupakan satu-satunya planet di galaksi bima sakti yang memiliki kehidupan. Planet di urutan ketiga yang paling dekat dengan matahari ini memiliki diameter hingga 12.760 km. Untuk bisa berotasi, bumi membutuhkan waktu hingga 24 hari sedangkan untuk berevolusi planet bumi membutuhkan waktu hingga 365,25 hari.

4. Mars
Nama planet selanjutnya yang masuk dalam planet dalam adalah planet mars. Planet yang memiliki diameter hingga 6.780 km ini memiliki jarak hingga 228 juta km dari matahari. Bentuk planet ini sedikit mirip dengan yang ada di bumi. Untuk bisa menempuh jarak revolusinya, planet ini membutuhkan waktu 687 hari dan hanya 24,6 jam saja untuk berotasi.

nama planet dalam galaksi bima sakti


5. Jupiter
Nama planet ini atau Jupiter menjadi planet pertama yang masuk dalam kategori planet luar. Umumnya planet luar memiliki jarak yang sangat jauh dengan matahari sehingga suhu di permukaannya sangat dingin. Planet dengan 16 satelit ini membutuhkan waktu hingga 11,86 tahun hanya untuk berevolusi. Sedangkan untuk berotasi, planet tersebut hanya membutuhkan waktu 10 jam saja.

6. Saturnus
Saturnus menjadi planet selanjutnya yang masuk dalam kategori planet luar setelah Yupiter. Salah satu ciri mencolok dari planet ini adalah adanya cincin yang mengitari planet. Cincin tersebut sebenarnya adalah kumpulan batu asteroid yang tertahan dan terpengaruh oleh gravitasi planet saturnus. Planet yang satu ini membutuhkan waktu hanya 10,7 jam saja untuk berotasi. Namun masa revolusi yang diperlukan untuk mengelilingi matahari sangatlah lama yakni sekitar 29,5 tahun.

7. Uranus
Nama planet selanjutnya adalah planet uranus. Planet dengan diameter 51.118 km ini merupakan planet besar dengan massa mencapai 14,54 massa bumi. Jika dilihat-lihat planet ini terlihat sangat mirip dengan bulan. Bedanya planet ini memiliki 15 satelit alaminya sendiri serta bukan merupakan satelit dari planet lain. planet ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan bumi namun memiliki masa rotasi yang lebih cepat. Planet uranus hanya perlu 17 jam saja untuk berputar pada porosnya dalam sekali putaran. Sedangkan lama waktu untuk menempuh orbit guna mengelilingi matahari dari planet Uranus adalah 87 tahun.

8. Neptunus
Neptunus menjadi planet terjauh dari matahari dengan jarak mencapai 4.450 juta km dari matahari. Ukuran planet ini sangat besar sekitar 17,2 kali dari masa bumi. Tidak mengherankan jika diameter dari planet ini saja mencapai 49.530 km. planet dengan 8 buah satelit ini memiliki permukaan layaknya bulan namun dilapisi oleh lapisan silikat. Planet dengan jarak terjauh dari matahari ini tentunya memiliki lintasan yang amat panjang saat melakukan revolusi. Lama waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 165 tahun. Sementara periode rotasi dari planet yang satu ini hanyalah 16 jam saja.

Ke delapan nama planet di atas sebagian masuk dalam kategori planet dalam dan sebagian lagi masuk dalam kategori planet luar. Masih ingatkah kamu mana saja planet yang masuk dalam kategori planet dalam?.