Minggu, 08 Oktober 2017

Peta dan Profil Negara Thailand (Tailan)

Negara Thailand (Tailan) terletak di Asia Tenggara. Thailand memiliki panjang garis perbatasan 5.673,00 km, dimana dengan Laos (1.845 km), Kamboja (817 km), Burma (2.416 km), dan Malaysia (595 km). Konflik di Thailand sering terjadi di provinsi bagian Selatan yang melibatkan wilayah Melayu-Muslim berbatasan dengan Malaysia.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Perancis

Thailand merupakan negara di Benua Asia dengan luas wilayah 513.120,00 km2, dimana 0,43% adalah perairan dan 510.890,00 km2 merupakan daratan. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-52 di dunia atau sekitar tiga kali ukuran Florida. Koordinat geografisnya adalah 15 00 N, 100 00 E dan Bangkok adalah ibukota nya. Nama Thailand berasal dari kata "Land of the Tai People" (Tanah Rakyat Tai). Kode ISO-nya adalah TH.

Peta Negara Thailand

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Thailand dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Thailand, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

peta profil negara thailand

Negara-negara yang berbatasan dengan Thailand: Kamboja, Burma, Malaysia, Laos, .

Kota-kota di Thailand: Chiang Rai, Ayutthaya, Chiang Mai, Kalasin, Kamphaeng Phet, Chon Buri, Hat Yar, Khon Kaen, Krung Thep (Bangkok), Nakhon Pathom, Nakhon Ratchasima, Lampang, Mae Sot, Nakhon Sawan, Nakhon Si Thammarat, Phitsanulok, Phrae, Phuket, Nan, Narathiwat, Pattani, Prachin Buri, Sisaket, Songkhla, Surat Thani (Ban Don), Uthsi Thani, Rayong, Samut Sakhon, Saraburi, Ratchathani, Udon Thani, Surin, Trang, Ubon dan Yala.

Lokasi Penting di Thailand: Sungai Mekong, Laut Andaman, Bilauktaung Range, Dawna Range, Gulf of Martaban, Gulf of Thailand, Sungai Chi, Dangrek Range, Luang Prabang Range, Thale Luang, Thale Sap, Phetchabun Range, , Ubolratna Reservoir, Sungai Ping, Sungai Salween, Sungai Mun, Sungai Nan, Selat Malaka, Tanen Range, Songkhladan Sungai Yom.

Profil Negara Thailand

Dibawah ini merupakan profil negara Thailand yang mencakup geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, bahaya alam (natural hazard), juga isu lingkungannya.

Geografi
Thailand memiliki ketinggian rata-rata 287 m dpl. Titik terendahnya adalah Teluk Thailand. Elevasi tertingginya adalah Doi Inthanon yang tingginya mencapai 2.576 m. Negara ini memiliki iklim tropis dengan musim hujan dan kemarau yang bergantian. Topografi terdiri dari dataran, serta beberapa daerah pegunungan.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Brazil (Brasil)

Jumlah Penduduk (Populasi)
Thailand memiliki populasi 68.200.824 orang menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-20 di dunia. Kepadatan penduduk tertinggi dapat ditemukan di Kota Bangkok dan wilayah sekitarnya. Bahasa Thai adalah bahasa resminya. Etnik utamanya adalah Thai, serta mayoritas penduduk menganut agama Budha. Kode panggilan untuk negara ini adalah 66.

Pemerintahan
Thailand merupakan sebuah negara merdeka yang pendirian tradisionalnya terjadi pada tahun 1238. Konstitusi terakhirnya diratifikasi pada tahun 2017. Sistem Pemerintahan Thailand adalah Monarki konstitusional (catatan: pemerintah berafiliasi dengan militer sejak Mei 2014).

Ekonomi
GDP (PPP) Thailand adalah $1,160,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita  $16,800.00 (USD). Hal ini menjadikannya negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-20 di dunia, serta warganya terkaya ke-96 di dunia. Mata uang Thailand adalah Baht (THB).

Mitra ekspor utamanya adalah Amerika Serikat, China, dan Jepang. Ekspor utamanya adalah mobil dan suku cadang, komputer dan suku cadang, perhiasan serta batu mulia, dan polimer. Mitra impor utamanya adalah China, Jepang, dan Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi mesin, minyak mentah, dan bahan kimia.

Sumberdaya Alam
Sumberdaya alam logam di Thailand meliputi timbal, timah, tantalum dan tungsten. Berbagai sumber daya alam lainnya di negara ini juga meliputi gypsum, fluorite, gas alam, lignit, kayu, ikan, karet serta lahan garapan.

Bahaya Alam
Penurunan tanah banyak terjadi di daerah Bangkok Thailand, yang diakibatkan oleh turunnya muka air tanah. Selain itu, kekeringan juga sering melanda negara ini.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Inggris

Isu Lingkungan
Thailand memiliki masalah lingkungan terkait pencemaran udara, air, dan lahan. Ini termasuk polusi udara dari emisi kendaraan, pencemaran air dari limbah organik pabrik, masalah lahan dengan deforestasi, juga erosi tanah. Populasi satwa liar di Thailand juga terancam oleh perburuan liar.

Informasi yang selalu ingin diketahui orang menyangkut profil negara Thailand adalah:
1. Wisata Thailand yang terkenal
2. Nama Ibukota Thailand
3. Letak Astronomis Thailand
4. Etnik Orang Thailand
5. Julukan Negara Thailand
6. Iklim Negara Thailand
7. Letak Geografis Thailand
8. Jumlah Penduduk Thailand
9. Sistem Pemerintahan Thailand
10. Mayoritas Agama di Thailand
11. Budaya Thailand yang paling populer
12. Hari Kemerdekaan Thailand