Saturday, April 15, 2017

Macam-macam Jenis Batuan Beku dan Contohnya

Jenis Batuan Beku Berdasarkan Tempat Terbentuknya

Batuan beku (igneous rock) adalah batuan yang terbentuk dari hasil proses pendinginan magma. Berdasarkan tempat pembentukannya maka jenis batuan beku dapat terbagi atas batuan beku dalam, batuan beku luar, dan batuan beku korok. Dibawah ini disajikan penjelasannya, contoh, dan ciri-ciri batuan beku tersebut.


Batuan Beku Dalam
Batuan beku dalam biasa disebut juga sebagai batuan beku plutonik. Batuan beku dalam terbentuk di bawah permukaan bumi karena pendinginan magma yang lambat, sehingga menunjukkan krital mineral yang kasar (holokristalin) dengan batas-batas antar mineral yang masih terlihat jelas. Contoh dari jenis batuan beku ini adalah granit, diorit, gabro, dan syenit.

jenis batuan beku
Gambar contoh batuan beku dalam: gabro, granit, dan syenit.

Batuan Beku Korok
Batuan beku korok biasa disebut juga dengan batuan beku gang. Batuan beku korok terbentuk dekat dengan permukaan bumi, pada rekahan-rekahan litosfer bagian atas. Disini proses pendinginan magma sedikit lebih cepat dibandingkan pada batuan beku dalam. Hasil pembekuan magma menyebabkan kristalisasi magma yang kurang sempurna dan menghasilkan tekstur yang disebut porfiri. Contoh batuan beku korok (gang) adalah porfiri granit, porfiri gabro, porfiri dasit, dan porfiri diorit.


Batuan Beku Luar
Batuan beku luar biasa disebut juga dengan batuan beku ekstrusif. Batuan beku luar terbentuk karena adanya proses pembekuan magma yang cepat di permukaan bumi. Akibat pembekuan yang cepat tersebut, mineral-mineral tidak dapat berkembang dengan baik, sehingga batuan ini akan menunjukan tekstur yang lebih halus dengan batas antar mineralnya tidak terlihat jelas. Contoh jenis batuan beku luar adalah riolit, trakit, andesit, basalt, dan obsidian.

jenis batuan beku
Gambar contoh batuan beku luar: riolit, trakit, dan basalt.


Jenis Batuan Beku Berdasarkan Komposisi SiO2

Selain klasifikasi berdasarkan tempat pembentukannya, batuan beku juga dapat dibedakan berdasarkan komposisi kimianya, utamanya kandungan SiO2 nya. Jenis batuan beku berdasarkan kandungan SiO2 nya terbagi atas 4 jenis, yaitu jenis batuan beku asam, intermediet, basa, dan ultrabasa.


Batuan beku asam mempunyai kandungan Sio2 > 66% contohnya adalah trakit, granit, riolit, syenit, dan latit. Batuan beku intermediet SiO2 = 52-66% contohnya gronodiorit, diorit, dasit, dan andesit. Batuan beku basa SiO2nya = 45-52% contohnya gabro, basalt, teprit, dan teralit. Sedangkan batuan beku ultra basa SiO2 nya < 45% contohnya peridotit, limburgit, dan serpentinit.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner