Fungsi Hutan bagi Manusia dan Keberlangsungan Kehidupan Makhluk di Bumi

Apa saja fungsi hutan? - Hutan memiliki fungsi yang sangat vital bagi kehidupan di bumi. Setiap makhluk hidup yang hidup di atas bumi pasti membutuhkan peran penting dari hutan ini. Karena pentingnya peran dan fungsi hutan ini, maka sudah sepatutnya kita turut berpartisipasi dalam menjaga kelestariannya (lihat juga: fungsi hutan mangrove).

Jenis hutan sendiri dibagi kedalam beberapa jenis berdasarkan fungsi dan jenis tanaman yang tumbuh di dalamnya. Dengan mengetahui berbagai fungsi hutan yang sangat penting bagi kehidupan di bumi, diharapkan manusia bisa menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestariannya.

Hutan sendiri merupakan sebuah tempat dimana terdapat pohon-pohon dalam jumlah banyak dan rapat tempat dimana tumbuhan dan hewan melakukan persekutuan dalam sebuah asosiasi. Keragaman hayati yang ada dalam ekosistem hutan membuatnya memberikan peran dan fungsi penting bagi kehidupan di bumi.

Fungsi hutan yang paling utama adalah sebagai penyedia oksigen bagi makhluk hidup di bumi. Fungsi lainnya juga tak kalah penting seperti pengendali bencana, menyimpan air, tempat hidup fauna dan flora serta fungsi lainnya. Ada beberapa klasifikasi fungsi dari hutan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Fungsi Hidrologis
Selain sebagai penyedia oksigen, fungsi paling penting lain dari hutan adalah fungsi hidrologis. Maksudnya, hutan berfungsi untuk mengatur tata air. Fungsi ini termasuk juga fungsi untuk menyimpan air di dalam tanah serta mengatur peredarannya. Peredaran mata air tanah harus selalu diatur agar makhluk bisa memiliki pasokan air yang cukup untuk kehidupannya.

2. Fungsi Orologis
Fungsi dari hutan selanjutnya dikenal dengan fungsi orologis. Maksud dari fungsi ini adalah hutan berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Akar dari pohon-pohon di dalam hutan akan membantu menahan bunga tanah agar tidak hanyut dan menyebabkan terjadinya erosi. Selain itu, hutan juga akan membantu menjaga lapisan top soil (lapisan atas tanah). Lapisan tanah bagian inilah yang menentukan kesuburan tanah.

3. Fungsi Klimatologis
Tidak hanya memiliki fungsi yang berkaitan dengan air dan tanah, hutan juga memiliki fungsi yang berkaitan dengan udara, yaitu fungsi klimatologis. Maksud dari fungsi klimatologis ini adalah untuk mengatur iklim di atas bumi. Hutan dalam hal ini berfungsi untuk menjaga suhu udara. Jadi hutan akan mengatur suhu bumi agar tidak terlalu panas (tinggi) sehingga penguapan air tanah juga bisa dikurangi. Fungsi klimatologis hutan juga untuk menjaga kelembapan udaranya.

4. Fungsi Estetika
Selanjutnya hutan juga memiliki fungsi estetika. Maksud dari fungsi ini adalah hutan bisa menjadi sumber rekreasi bagi manusia karena keindahannya. Hal ini terbukti dengan banyaknya hutan yang juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

5. Fungsi Strategis (Pertahanan)
Fungsi terakhir dari hutan adalah untuk pertahanan ketika terjadi perang. Hutan yang difungsikan untuk pertahanan ini juga sudah diatur oleh kementerian pertahanan dan sifatnya sangat rahasia.

Berdasarkan penjelasan di atas, fungsi dari hutan dapat dirangkum seperti dalam tabel berikut.
Fungsi Hutan Keterangan
Fungsi Hidrologis Mengatur tata air
Fungsi Orologis Mencegah terjadinya erosi
Fungsi Klimatologis Mengatur iklim
Fungsi Estetika Untuk sarana rekreasi
Fungsi Pertahanan Untuk pertahanan dalam perang (jika dibutuhkan)

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang fungsi hutan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk di bumi. Bayangkan jika kerusakan hutan terus terjadi dan tak terkendali, maka fungsi di atas tidak akan bisa dipenuhi, dan bukan tidak mungkin akan mengancam kehidupan di muka bumi. Dengan mengetahui fungsi-fungsi tersebut, diharapkan manusia juga bisa berperan dalam menjaga hutan demi kelangsungan fungsinya.

Fungsi Hutan bagi Manusia dan Keberlangsungan Kehidupan Makhluk di Bumi