Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara-Negara yang Berbatasan Langsung dengan Vietnam

Letak Vietnam yang berada di Semenanjung Indochina memiliki luas sekitar 331.230,73 km persegi. Nama Vietnam berasal dari kata China "Nam Viet" yang jika diartikan menjadi "Viet Selatan". Vietnam memiliki total panjang perbatasan darat sekitar 4.639,74 kilometer, sedangkan garis pantainya sepanjang 3.443,99 kilometer.

Kondisi Geografis Vietnam ditandai dengan dominasi bentang alam pegunungan yang mencakup sekitar 40% dari total luas wilayahnya, dan hampir 20% merupakan bentang alam dataran. Wilayah utara Vietnam sebagian besar terdiri atas dataran tinggi, sedangkan selatan terdiri atas dataran rendah. Iklim di negara ini cukup bervariasi karena keberagaman bentang alamnya.

Ekonomi Negara Vietnam sangat tergantung pada pertanian, dimana negara ini merupakan salah satu pengekspor hasil pertanian terbesar dan pengekspor kacang mete terbesar di dunia.

Lalu, sebenarnya apa saja negara yang berbatasan dengan Vietnam? Ya, negara ini berbatasan setidaknya dengan 3 negara yaitu Kamboja (di bagian barat daya), China (di utara), dan Laos (di barat - barat laut).

negara yang berbatasan dengan vietnam
Negara-Negara yang berbatasan dengan Vietnam yaitu: Kamboja, Laos, China.

Kamboja

Kamboja adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara, yang memiliki total luas daratan 181.034,99 km persegi dan memiliki populasi sekitar 16,73 juta pada Juli 2020. Kamboja merupakan satu dari tiga negara yang berbatasan dengan Vietnam di bagian barat daya, dan panjang perbatasannya mencapai 1.158,73 km.

Sungai Mekong yang melewati bagian tengah kamboja seakan membagi negara ini menjadi dua bagian. Selain berbatasan dengan Vietnam, Kamboja juga berbatasan dengan Negara Thailand dan Laos. Batas antar negara Vietnam dan Kamboja dibuat pada tahun 1867 ketika kolonialis Perancis merebut wilayah barat Delta Mekong.

Kamboja berbentuk seperti cawan, dimana bagian tengah cawan tersebut mewakili Dataran Tengah Kamboja. Tanah pada dataran tengah negara ini sangat suburm sehingga aktivitas pertanian di kamboja terpusat di wilayah ini.

Untuk lebih mengenal negara ini, silahkan menuju pada informasi Kondisi Geografis Kamboja.

China

Negara China (Tiongkok) adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur sekaligus merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Vietnam di bagian utara. Kesepakatan perbatasan kedua negara terjadi pada tahun 1887 dan 1889 oleh China dan Prancis dengan total panjang garis perbatasan adalah 1.281,04 km.

Bentang alam Tiongkok sangatlah bervariasi, diantaranya ada Pegunungan Himalaya, Gurun Taklamakan dan Gobi, serta Sungai Kuning dan Sungai Yangtze. Luas wilayah daratan negara ini menempati urutan kedua terbesar di dunia dengan luas 9.596.960,07 km persegi.

Negara ini mempunyai wilayah perbatasan antar negara terbanyak di dunia, dengan total setidaknya ada 14 negara yang berbatasan dengannya. Ibukota China adalah Beijing, namun Kota Shanghai merupakan kota terbesar di negara ini.

Jika ingin lebih mengenal negara ini, silahkan menuju pada informasi Profil Negara China.

Laos

Laos adalah negara di Asia Tenggara yang wilayahnya terkurung (locked) dan juga merupakan salah satu negara yang berbatasan dengan Vietnam di bagian barat laut. Laos memiliki luas daratan 237.955,16 km persegi dengan populasi mencapai 7,28 juta pada Juli 2020.

Garis perbatasan antara Vietnam dan Laos panjangnya sekitar 2.124,33 km, dan hal ini dibuat berdasarkan fitur geografis dan etnis. Range Annamite digunakan sebagai titik referensi, dan baik Vietnam maupun Laos pada tahun 1977 telah menandatangani perjanjian yang menyetujui wilayah perbatasan kedua negara.

Laos dinamai seperti itu dominasi komunitas etnis Lao yang tinggal di negara tersebut. Sebelum penjajahan, Laos adalah salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara, yang dikenal sebagai Lan Xang Hom Kao.

Karena konflik, kerajaan tersebut kemudian terpecah menjadi 3 kerajaan, tetapi kemudian dipersatukan kembali di bawah pemerintahan kolonial Perancis. Bentuk negara ini adalah republik sosialis yang menganut paham komunisme.

Vegetasi Laos pada umumnya berhutan, dengan lanskapnya yang bergunung-gunung. Ekonomi Laos masih bergantung pada perdagangan dengan negara-negara tetangganya. Industri pertanian di Laos merupakan penyumbang terbesar bagi perekonomian Laos yang diperkirakan mempekerjakan sekitar 80% dari total tenaga kerja yang ada di negara tersebut.

Untuk lebih mengenal negara ini, silahkan membuka tautan Kondisi Geografis Laos.

Sengketa Wilayah Perbatasan Vietnam

Walaupun pada masa lalu Vietnam dan Kamboja sering bersengketa mengenai tapal batas kedua negara, namun pada saat ini Vietnam telah berhasil menyelesaikannya dan mempertahankan hubungan baik dengan semua negara yang berbatasan dengannya.

Sebenarnya perselisihan kedua negara tersebut dimulai ketika tentara Vietnam melanggar batas wilayah Kamboja, yang mengakibatkan ketegangan militer kedua negara. Beruntung, perselisihan tidak meningkat menjadi perang, karena kedua negara akhirnya sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut melalui penandatanganan perjanjian tapal batas pada tahun 2005.

Melalui perjanjian tersebut, Vietnam dan Kamboja sepakat atas batas wilayah yang ditetapkan, dan Vietnam menepati janji menarik personel militernya dari wilayah sengketa.