Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Negara di Benua Eropa Beserta Nama Ibukotanya

Benua Eropa memiliki luas wilayah kurang lebih 10.180.000 km². Tidak heran jika Eropa menjadi benua dengan luas terkecil kedua setelah Benua Australia. Benua Eropa berada di daratan Eurasia, yang mana merupakan gabungan antara dua benua yakni Asia dan Eropa. Diantara kedua benua ini dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Hampir semua negara yang ada di Benua ini merupakan bagian dari Konsil Eropa.

Di benua ini juga terkenal dengan kekompakan perkumpulan antar negara-negaranya yang disebut dengan Uni Eropa. Untuk mengenal secara singkat, berikut ini adalah daftar negara di Benua Eropa dan ibukotanya.

Gambaran Umum Benua Eropa

negara di benua eropa
Gambar Peta Benua Eropa.
Benua Eropa memang merupakan benua dengan kawasan yang tidak besar, namun Benua Eropa tergolong dalam benua dengan penduduk yang padat. Secara astronomis, Benua Eropa berada pada garis lintang 36°LU-71°LU serta 10°BB-66°BT.

Benua Eropa bagian utara berbatasan dengan Kutub Utara atau Samudera Arktik. Sebelah timur berbatasan dengan Benua Asia, Laut Hitam dan Laut Kaspia. Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam dan Benua Afrika, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Akibat letak geografis dan astronomisnya inilah yang membuat setiap wilayah di Eropa memiliki karakteristik yang berbeda. Benua Eropa sendiri terbagi menjadi 5 wilayah, yaitu Eropa Utara, Selatan, Timur, Tenggara, dan Barat. Lebih jelasnya berikut akan diulas terkait nama-nama negara di Benua Eropa lengkap dengan ibukotanya.

Nama-Nama Negara di Benua Eropa

1. Eropa Barat

Negara-negara Eropa Barat secara umum sebenarnya merupakan konsep politik yang dipakai sejak Perang Dingin. Perbatasan Eropa Barat ini terbentuk pada masa Perang Dunia II. Negara yang menjadi bagiannya adalah kelompok negara yang tidak dikuasai oleh rezim komunis serta tidak diduduki oleh tentara Uni Soviet pada masa itu.

Wilayah ini memiliki jenis iklim maritim pantai barat. Sesuai namanya, iklim ini terjadi di sepanjang pantai barat yang meliputi Prancis hingga Jerman bagian barat. Ciri iklim ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Saat musim dingin suhunya relatif sejuk dan cenderung lebih hangat saat musim panas.

Saat ini, konsep Eropa Barat sendiri mengarah pada bidang ekonomi. Konsep negara Eropa Barat ini berhubungan dengan konsep demokrasi liberal, kapitalisme serta Uni Eropa. Negara yang masuk dalam wilayah Eropa Barat ini juga memiliki hubungan ekonomi yang cukup baik dengan negara-negara di Amerika terutama Amerika Selatan, Utara dan Oceania.
#Nama Negara di Eropa BaratIbukota
1. Belgia Brussel
2. Austria Wina
3. Jerman Berlin
4. Perancis Paris
5. Luksemburg Luksemburg
6. Belanda Amsterdam
7. Monako Monako
8. Swiss Bern
9. Inggris London
10. Lichtenstein Vaduz

Lihat juga: Negara-Negara di Benua Amerika

2. Eropa Utara

Eropa Utara merupakan sebutan bagi negara yang tergolong dalam kelompok Nordik. Istilah Nordik pada jaman dahulu merujuk pada negara-negara yang tidak terletak di dekat laut. Negara-negara inilah yang kemudian disebut sebagai Eropa Utara. Wilayah Eropa Utara ini terdiri dari total 10 negara.

Negara yang masuk dalam wilayah Eropa Utara ini memiliki iklim yang didominasi oleh iklim arktik dan subarktik. Musim ini memiliki ciri-ciri berupa musim panas dengan jangka waktu yang pendek dan musim dingin yang sangat panjang. Selain itu, suhunya pun tergolong sangat rendah. Hal ini karena wilayah ini memang dekat dengan Samudra Arktik atau kutub utara.
#Nama Negara di Eropa UtaraIbukota
1. Britania Raya London
2. Latvia Riga
3. Estonia Tallinn
4. Irlandia Dublin
5. Swedia Stockholm
6. Lithuania Vilnius
7. Finlandia Helsinki
8. Denmark Kopenhagen
9. Islandia Reykjavik

3. Eropa Timur

Dilihat secara geografis, negara yang masuk ke dalam kelompok Eropa Timur ini adalah negara yang berada di bagian sebelah Timur Benua Eropa. Secara umum, negara-negara ini mencakup wilayah yang berada diantara pegunungan Ural dan Kaukasus. Ada 10 negara yang termasuk dalam kawasan Eropa Timur.

Secara geografis, wilayah Eropa Timur ini memiliki tipe iklim benua atau iklim kontinental. Karakteristik tipe iklim ini adalah adanya perbedaan yang suhu yang sangat signifikan antara musim panas dan musim dingin. Curah hujan juga sedikitnya terpengaruh oleh adanya angin barat yang berasal dari Samudra Atlantik. Berikut adalah negara-negara di Eropa bagian Timur.
#Nama Negara di Eropa TimurIbukota
1. Ukraina Kiev
2. Rusia Moscow
3. Hungaria Budapest
4. Republik Ceko Praha
5. Polandia Warsaw
6. Moldova Chisinau
7. Slovakia Bratislava
8. Rumania Bucharest
9. Georgia Tbilisi
10. Belarus Minsk

Lihat juga: Negara-Negara di Benua Afrika

4. Eropa Tenggara

Wilayah Eropa bagian tenggara ini merupakan wilayah negara-negara Benua Eropa yang secara geografis dan historis merujuk pada negara-negara di bagian tenggara Benua Eropa. Wilayah ini juga sering disebut dengan Balkan. Istilah Balkan ini juga merujuk pada semenanjung Balkan yang dikelilingi oleh Laut Hitam, Marmara, Laut Adriatik, Ionia dan Aegea.

Nama Balkan diambil dari nama pegunungan yang membentang dari daerah Serbia sampai Laut Hitam. Iklim di wilayah Balkan ini adalah iklim pegunungan yang relatif bervariasi. Hal ini menjadikan wilayah Balkan menjadi wilayah yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Ciri-ciri iklim pegunungan ini adalah terjadinya penurunan suhu yang seiring dengan kenaikan ketinggian tempat. Jadi semakin tinggi tempatnya, maka suhunya akan cenderung menurun.

Karena kondisi iklimnya dan geografisnya inilah yang kemudian membuat negara yang berada di wilayah Balkan juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Karena ini jugalah negara-negara tersebut banyak dijadikan sebagai destinasi wisata.

Tidak hanya keanekaragaman hayati, negara-negara di wilayah Balkan ini juga memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah. Berikut ini adalah negara di Benua Eropa yang termasuk dalam wilayah Balkan.
#Nama Negara di Eropa TenggaraIbukota
1. Yunani Athena
2. Bosnia dan Herzegovina Sarajevo
3. Kosovo Pristina
4. Turki Ankara
5. Makedonia Utara Skopje
6. Bulgaria Sofia
7. Albania Tirana

5. Eropa Selatan

Terakhir ada wilayah Eropa Selatan atau yang juga dikenal dengan nama Eropa Mediterania. Selain itu wilayah ini juga dikenal dengan sebutan Eropa Latin, terutama di bagian Eropa barat daya. Dilihat secara geografis, wilayah ini sebenarnya mencakup setengah dari daratan Eropa.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini memiliki jenis iklim Mediterania. Ciri-ciri dari jenis iklim ini adalah musim dinginnya yang relatif sejuk dengan musim panas yang cenderung kering. Wilayah ini memiliki bentang alam dengan karakteristik yang cukup unik.

Karakteristik bentang alam yang banyak dijumpai di kawasan ini adalah daratannya yang relatif sempit. Adanya hutan pinus juga menjadi karakteristik tersendiri dari wilayah ini. Selain itu di negara-negara yang masuk dalam kawasan ini juga banyak ditemukan tanaman zaitun.

Wilayah ini mencakup beberapa negara, termasuk diantaranya adalah wilayah negara Turki yang berada di bagian barat serta Perancis di bagian selatan. Berikut ini adalah daftar negara di Benua Eropa yang termasuk dalam wilayah Eropa Selatan.
#Nama Negara di Eropa SelatanIbukota
1. Andorra Andorra la Vella
2. Slovenia Ljubljana
3. Siprus Nicosia
4. Kroasia Zagreb
5. Vatikan Vatican City
6. Spanyol Madrid
7. Makedonia Skopje
8. Italia Roma
9. Montenegro Podgorica
10. Serbia Belgrade
11. Portugal Lisbon
12. San Marino San Marino
13. Malta Valletta

Demikian tadi pembahasan tentang nama-nama negara di Benua Eropa beserta ibukota dan karakteristiknya. Dengan penjelasan di atas, Anda jadi mendapat wawasan baru tentang negara-negara di Eropa beserta pembagian wilayahnya. Selain itu juga tentang karakteristik yang membedakan masing-masing wilayah tersebut.