Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Negara di Benua Afrika beserta Nama Ibukotanya

negara-negara di benua afrika

Benua Afrika merupakan salah satu dari beberapa benua besar yang ada di bumi. Letaknya berada di belahan bumi bagian utara dan selatan dan mencakup daratan yang luas di bagian barat daya Benua Asia serta pulau-pulau di sekitarnya.

Dengan luas wilayah mencapai 30.244.050km² menjadikan Benua afrika ini sebagai benua terbesar ketiga di dunia. Wilayahnya yang sangat luas ini tentu memiliki banyak negara di dalamnya.

Seperti pada benua lainnya, wilayah Benua Afrika terbagi menjadi beberapa bagian. Benua Afrika terbagi menjadi 5 wilayah, yaitu Benua Afrika Utara, Timur, Tengah, Selatan dan Afrika Barat. Masing-masing wilayah di benua ini memiliki jumlah negara yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda pula.

Negara-Negara di Afrika Utara

Afrika bagian utara terdiri atas 8 negara. Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa letak astronomis Afrika menjadikan setiap wilayah di benua ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seperti misalnya di kawasan Afrika Utara ini.

Afrika bagian utara memiliki iklim berjenis iklim gurun. Hal ini karena memang bentuk topografi wilayah ini sebagian besar didominasi oleh gurun yang kering dan tandus. Karena itu negara-negara di wilayah Afrika Utara yang memiliki iklim gurun cenderung kering sepanjang tahun. Selain itu di bagian paling utara wilayah Afrika ini juga mengalami iklim Mediterania. Tepatnya di daerah yang dekat dengan Laut Tengah.

Wilayah Afrika bagian utara ini berbatasan dengan Selat Gilbraltar dan Laut Mediterania di bagian utara serta Gunung Chad dan Gurun Sahara di bagian selatan. Sedangkan di bagian baratnya berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Secara umum, antara negara-negara di Afrika Utara dengan kawasan Afrika lainnya dibatasi oleh Gurun Sahara. Berikut ini adalah nama-nama negara di kawasan Afrika bagian utara ini.
#Nama Negara di Benua Afrika UtaraIbukota
1. Aljazair Aljir
2. Tunisia Tunis
3. Maroko Rabat
4. Sudan Selatan Juba
5. Sahara Barat Al Aainun
6. Sudan Khartoum
7. Libia Tripoli
8. Mesir Kairo

Negara-Negara di Afrika Barat

Berikutnya adalah wilayah Afrika bagian Barat. Wilayah ini terdiri dari 16 negara. Negara-negara yang masuk dalam wilayah Afrika bagian Barat ini juga memiliki karakteristik yang berbeda dari wilayah Afrika lainnya.

Dari iklim, wilayah ini masuk dalam daerah iklim tropis karena berada di sekitar ekuator. Karena berada di wilayah iklim tropis, curah hujan di kawasan ini relatif lebih teratur dibandingkan dengan wilayah lainnya. Namun, intensitas curah hujan semakin berkurang pada daerah yang terletak semakin menjauh dari ekuator.

Sementara itu, di sepanjang pantai di Afrika Barat, Uganda, Kenya, dan wilayah pantai timur mengalami iklim berupa hujan dan dan panas sepanjang tahun. Afrika bagian barat daya juga mengalami iklim gurun yang kering sepanjang tahun. Berikut ini adalah nama-nama negara di Benua Afrika bagian barat.
#Nama Negara di Benua Afrika BaratIbukota
1.Benin Porto Novo
2.Guinea Conakry
3.Pantai Gading Yomoussoukto
4.Gambia Banjul
5.Mali Bramako
6.Sierra Leone Freetown
7.Mauritanisa Nouakchott
8.Tanjung Verde Praira
9.Niger Niamey
10.Senegal Dakar
11.Guinea Bissau Bissau
12.Togo Lome
13.Burkina Faso Ougadougou
14.Nigeria Abuja
15.Ghana Accra
16.Liberia Monrovia

Negara-Negara di Afrika Timur

Benua Afrika secara umum memang terbagi ke dalam beberapa tipe iklim. Hal ini tak lain disebabkan karena letak geografis Benua Afrika yang memang sedikit lebih unik. Wilayah Afrika Timur ini sendiri masuk dalam kategori iklim darat atau iklim gurun.

Karakteristik dari iklim gurun ini adalah tipe iklim dengan suhu sederhana dan mengalami curah hujan yang sangat sedikit. Bahkan bisa dibilang wilayah dengan iklim gurun ini bisa kering sepanjang tahun. Karena itulah biasanya di negara yang memiliki tipe iklim ini tidak memiliki keragaman hewan dan tumbuhan.

Seperti namanya, iklim gurun ini biasanya memang terjadi di daerah gurun. Curah hujannya yang sangat sedikit biasanya kurang dari 250mm sepanjang tahun. Nah, berikut ini adalah nama-nama negara yang berada di kawasan Afrika bagian timur.
#Nama Negara di Benua Afrika TimurIbukota
1.Burundi Bujumbura
2.Eritrea Asmara
3.Djibouti Djibauti
4.Komoro Moroni
5.Rwanda Kigali
6.Kenya Nairobi
7.Mauritius Louis
8.Somalia Mogadishu
9.Mozambik Maputo
10.Seychelles Victoria
11.Malawi Lilongwe
12.Tanzania Dodoma
13.Zambia Lusaka
14.Uganda Kampala
15.Ethiopia Addis Ababa
16.Madagaskar Antananarivo

Negara-Negara di Afrika Tengah

Wilayah selanjutnya dari Benua Afrika adalah Afrika Tengah. Wilayah Afrika Tengah ini terdiri dari 9 negara. Organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lebih sering menyebut wilayah bagian Afrika ini dengan sebutan Afrika.

Wilayah Afrika Tengah ini merujuk pada negara-negara di Afrika yang berada di bagian selatan Gurun Sahara. Batas bagian barat wilayah ini adalah kawasan Afrika Barat. Sedangkan batas bagian timurnya adalah Great Valley Rift.

Berbeda dengan wilayah Afrika lainnya yang umumnya memiliki iklim gurun atau iklim darat yang kering, wilayah Afrika Tengah ini justru memiliki iklim tropis. Hal ini karena wilayah Afrika Tengah ini berada dekat dengan garis ekuator.

Karakteristik iklim tropis ini adalah curah hujan yang teratur sepanjang tahun. Karena itu di negara-negara Afrika Tengah ini biasanya memiliki vegetasi yang lebih beragam akibat kondisi iklim tersebut.

Tipe iklim akan terus berubah pada negara yang semakin menjauhi ekuator. Hal tersebut berdampak pada berkurangnya curah hujan tahunan di negara atau wilayah tersebut. Berikut ini adalah nama-nama negara di Benua Afrika bagian Tengah ini.
#Nama Negara di Benua Afrika TengahIbukota
1.Republik Demokratik KongoKinsasha
2.KongoBrazzaville
3.GabonLibreville
4.Kamerun Yaounde
5.Guinea KhatulistiwaMalabo
6.Saotome PrincipeSao Tome
7.ChadN'Djamena
8.Republik Afrika TengahBangui
9.AngolaLuanda

Negara-Negara di Afrika Selatan

Wilayah terakhir dari Benua Afrika adalah Afrika Selatan. Wilayah ini region yang berada di ujung paling selatan Benua Afrika. Jika dilihat di peta, wilayah ini berada di bagian bawah Benua Afrika. Bagian ini memiliki total 6 negara di dalamnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wilayah Afrika dilewati oleh garis balik utara dan selatan. Hal ini menyebabkan Benua Afrika juga mengalami iklim sub-tropis tepatnya di bagian selatan Afrika ini. Selain itu, wilayah ini juga menjadi pertemuan antara Samudra Hindia dan Samudra Atlantik.

Beberapa negara di wilayah Afrika bagian selatan ini memiliki ciri khas sebagai negara dengan berbagai hewan khas pemegang rekor. Contohnya cheetah yang dikenal sebagai hewan mamalia tercepat atau juga burung unta yang dikenal sebagai spesies burung berukuran terbesar. Semua spesies hewan ini banyak ditemukan di wilayah Afrika Selatan. Berikut adalah negara yang termasuk di dalam wilayah Afrika Selatan.
#Nama Negara di Benua Afrika SelatanIbukota
1.Afrika SelatanCape Town
2.LesothoMaseru
3.BostwanaGaborone
4.NamibiaWindhoek
5.ZimbabweHarare
6.SwazilandMbabane

Demikian tadi penjelasan tentang negara di Benua Afrika beserta beberapa karakteristik dan nama ibukotanya. Dengan penjelasan ini semoga bisa menambah wawasan Anda tentang negara dan Benua yang ada di dunia.