Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Slovakia [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara slovakia
Slovakia atau biasa juga disebut dengan Republik Slovakia adalah sebuah negara berdaulat di benua Eropa, tepatnya Eropa Tengah. Negara Slovakia sendiri merupakan pecahan dari Cekoslovakia. Slovakia ini juga termasuk sebagai salah satu negara lands-locked atau negara yang terkurung daratan. Dengan begitu Slovakia ini tidak memiliki akses ke laut atau pantai. Berikut adalah profil lengkap Negara Slovakia.

Sejarah Negara Slovakia

Sebelum menjadi sebuah negara merdeka, Slovakia sudah mengalami sejarah panjang pembentukan negaranya. Berdasarkan artefak-artefak kuno yang ditemukan, negara ini bahkan sudah ada sejak jaman prasejarah. Untuk itu, berikut ini adalah urutan sejarah Negara Slovakia.

Slovakia Awal Periode

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berdasarkan artefak kuno yang ditemukan, daratan yang saat ini dikenal dengan nama Slovakia sudah ada sejak abad awal. Para sejarawan mempercayai berdasarkan artefak tersebut bahwa daerah Slovakia sudah mulai dihuni pada abad ke 4 Masehi. Pada abad ini, penduduk pertama yang menghuni daerah ini adalah Slavia.

Dilanjutkan di abad ke-9 Slovakia kemudian menjadi bagian Morovia besar. Slovakia juga menjadi bagian dari daerah yang sekarang dikenal dengan nama Negara Polandia, Hungaria dan Jerman. Setelah itu, pada abad ke-10 pasca kekalahan Kekaisaran Magyar atas Morovian, Slovakia kemudian beralih menjadi berada di bawah kuasa Hungaria.

Era Abad Pertengahan

Pada era abad Pertengahan ini dimulai ketika pada tahun 1526 Turki berhasil memenangkan Pertempuran Mohacs. Akibat dari pertempuran ini memaksa Slovakia harus bergabung menjadi bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria.

Pada akhir abad ke-18, rasa nasionalisme mulai tumbuh pada penduduk Slovakia. Tahun 1848, Hungaria melakukan peperangan melawan Austria. Saat itu bertepatan dengan peristiwa revolusi yang tengah menyebar ke seluruh daratan Eropa. Dari pertempuran tersebut, Slovakia mencoba mengusulkan satu set tuntutan yang dikenal sebagai Tuntutan Bangsa Slovakia. Sayangnya, Hungaria menolak semua tuntutan tersebut dan Slovakia kembali ke masa orde lama.

Tahun 1867 terjadi perubahan pada Kekaisaran Austro-Hungaria menjadi monarki ganda. Sistem ini membuat Austria dan Hongaria terpecah menjadi dua bagian namun tetap dipimpin oleh satu orang kaisar. Selanjutnya pada tahun 1914, Ceko dan Slovakia menuntut kemerdekaan atas Hungaria.

Tahun 1918 ketika Austria runtuh, dibentuklah negara gabungan antara Ceko dan Slovakia yang kemudian disebut dengan Cekoslovakia. Tahun 1938, Jerman yang waktu itu tinggal di daerah Sudetenland menuntut Cekoslovakia menyerahkan diri dan bergabung menjadi bagian dari Jerman. Di tahun 1939, tentara Jerman berhasil menduduki wilayah yang kini disebut dengan Ceko. Hal ini membuat Slovakia sedikit lebih independen meskipun masih berada di bawah kendali dari Jerman.

Era Kemerdekaan

Tentara Jerman semakin mengambil alih Slovakia. Hal ini ditandai dengan penghentian Pemberontakan Nasional Slovakia pada saat itu. Setelah itu, periode ini kemudian menandai bahwa komunisme sudah mengambil alih kontrol di Slovakia, tepatnya terjadi pada tahun 1948.

Gerakan reformasi kemudian dilakukan di bawah pimpinan Alexander Dubeck. Kerusuhan berlanjut hingga tahun 1989 dan berhasil menghancurkan komunisme di negara ini. Setelah itu, 3 tahun berselang, tepatnya pada 1993 Slovakia dan Ceko pun berpisah.

Geografi Negara Slovakia

peta negara slovakia
Gambar Peta Slovakia.

Sudah sedikit disebutkan sebelumnya jika Slovakia termasuk negara yang disebut sebagai landlocked atau negara yang terkepung daratan. Karena itu, karakteristik geografi utamanya adalah tidak memiliki akses langsung ke wilayah laut atau pantai maupun memiliki wilayah laut. Lebih jelasnya, berikut adalah karakteristik geografi Negara Slovakia.

Letak dan Batas Wilayah Slovakia

Secara geografis, Negara Slovakia ini berada di tengah benua Eropa Tengah dan diapit oleh beberapa negara Eropa lainnya. Secara astronomis, Slovakia terletak pada garis 45°LU - 50°LU serta terletak di garis 16°BT - 23°BT. Karena tidak memiliki akses ke laut atau pantai, maka batas wilayah negara ini juga hanya berbatasan dengan kawasan darat negara lain. Berikut adalah batas negaranya.
  • Utara : Negara Ceko dan Polandia
  • Timur : Negara Ukraina
  • Selatan : Negara Hongaria
  • Barat : Negara Austria

Kenampakan Alam Slovakia

Bentang alam yang menjadi karakteristik Negara Slovakia adalah gunung-gunung yang mengelilingi negara ini. Yang paling terkenal adalah pegunungan Carpathian yang membentang di kawasan sebelah utara Slovakia. Diantara pegunungan-pegunungan ini, terdapat puncak tinggi yang berada di wilayah Fatra-Tatra, yang mana termasuk juga di dalamnya adalah Pegunungan Tatra, Lesser dan Greatwr Fatra.

Ketinggian tatras ini bisa mencapai lebih dari 2500m di atas permukaan laut, dengan area yang ditempati mencapai 750km² dan 600km² diantaranya terletak di negara Slovakia. Tatras yang ada di Slovakia ini pun terbagi menjadi beberapa bagian. Di utara terdapat tatras tinggi yang populer di kalangan peselancar ski. Disni juga banyak terdapat sebuay titik tertinggi di Slovakia yang memiliki tinggi 2655m. Titik itu dinamakan dengan Gerlachovsky.

Beberapa bagian wilayah Slovakia juga terdiri dari dataran rendah. Diantara dataran rendah yang ada di Slovakia, dataran rendah yang dianggap paling besar adalah sebuah dataran rendah dengan di bagian barat daya yang dikenal dengan dataran rendah Danubian. Kemudian dataran rendah terbesar kedua adalah dataran rendah yang terletak di bagian tenggara, yaitu dataran rendah Slovakia Timur.

Slovakia juga dialir beberapa aliran sungai besar. Bahkan beberapa Sungai diantaranya juga menjadi batas wilayah dengan negara lain. Sungai-sungai itu antara lain adalah Sungai Vah, Sungai Dunajec, Sungai Danube dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kondisi Iklim Slovakia

Iklim di Slovakia masuk dalam kategori zona iklim benua. Musim panas pada negara ini relatif hangat sedangkan di musim dingin cenderung lembab dan berawan. Suhu paling ekstrem di musim panas bisa mencapai 40,3°C dan -40°C di musim dingin. Meskipun begitu, pada kenyataannya, jarang terjadi penurunan suhu hingga di bawah -30°C.

Suhu di musim panas Slovakia biasanya relatif ringan, yaitu kira-kira 25°C. Sedangkan di musim dingin, daerah pegunungan biasanya lebih dingin bahkan bisa sampai bersalju hingga di Bulan Maret.

Ekonomi Negara Slovakia

Slovakia memang bukan termasuk dalam negara maju. Meskipun demikian, negara yang menggunakan mata uang Euro ini memiliki kondisi ekonomi yang cukup stabil. Slovakia memiliki Pendapatan Domestik Bruto mencapai angka US$ 99,971 miliar di tahun 2014 dengan pendapatan per kapita penduduknya adalah US$ 18.454. Jumlah ini menempatkan Bratislava sebagai wilayah terkaya nomor 3 di Uni Eropa. Hal ini ditunjukkan pada PDB pada paritas daya belinya bisa mencapai 3 kali lebih besar jika dibandingkan dengan wilayah Slovakia lainnya.

Slovakia merupakan salah satu negara di Eropa yang perekonomiannya bergantung pada sektor investasi dan ekspor. Hal ini didukung dengan penataan negara yang integratif sehingga membuatnya menjadi negara yang strategis untuk dijadikan sebagai economic hub untuk negara di Eropa Timur dan Tengah.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Slovakia yang semakin membaik, Slovakia pun terus menjajaki pasar di luar Benua Eropa untuk mengembangkan diversifikasi ekspornya. Kebijakan makro ekonomi yang diterapkan di Slovakia ini membuatnya menjadi pasar yang semakin potensial untuk para eksportir, termasuk eksportir dari Indonesia.

Slovakia menjadi bagian dari organisasi ekonomi dunia seperti Uni Eropa, OECD dan berbagai lembaga atau organisasi perekonomian dunia lainnya. Slovakia juga menjadi negara yang berpihak pada Schengen Agreement CEFTA. Perjanjian ini menjamin setiap orang agar bisa bebas bepergian di wilayah yang menjadi anggotanya.

Politik dan Pemerintahan Slovakia

Slovakia yang memiliki nama resmi Republik Slovakia ini menerapkan sistem pemerintahan berbentuk Republik Parlementer dengan sistem pemerintahan parlemen. Bentuk negara seperti ini memiliki kepala negara presiden serta kepala pemerintahan yang dipegang oleh Perdana Menteri.

Lembaga Legislatif

Jika dilihat dari konstitusi negaranya, lembaga legislatif dengan posisi tertinggi di Slovakia adalah Dewan Nasional Slovakia yang disebut dengan Slovak Nayional Council. Dewan nasional ini merupakan jenis parlemen unikameral. Anggota parlemen ini memiliki jumlah 150 orang. Ke 150 orang anggota parlemen dipilih untuk masa jabatan 4 tahun dalam pemilu legislatif yang dilaksanakannya.

Untuk bisa menempatkan wakilnya di parlemen, setiap partai politik setidaknya harus mengantongi minimal 5% dari total jumlah suara yang disediakan. Sedangkan untuk sistem pemilu yang digunakan adalah sistem pemilihan umum representasi proporsional. Maksudnya, jumlah kursi yang nantinya terwakilkan di dalam parlemen sesuai dengan presentase dari jumlah dukungan atau suara yang diterima dalam pemilihan umum legislatif.

Lembaga Eksekutif

Masih berdasarkan konstitusi yang berlaku di negara Slovakia ini, pemerintah merupakan badan tertinggi yang bertugas untuk menjalankan kekuasaan eksekutif. Kekuasaan eksekutif yang dipegang oleh Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan, wakil perdana menteri bersama dengan para menterinya. Sedangkan perdana menteri sendiri diangkat maupun diberhentikan sepenuhnya menjadi hak dari presiden. Secara umum, pemerintahan di Slovakia ini berdasarkan hasil pemilihan umum.

Untuk membantu melaksanakan tugas pemerintahan lainnya pasti dibutuhkan lembaga pemerintahan dan komisi lainnya. Untuk menentukan anggota pada lembaga pemerintahan beserta komisinya tersebut, Presiden memiliki hak untuk mengangkat dan memberhentikan anggota badan atau lembaga pemerintahan, namun tetap dalam diskusi dan hasil rekomendasi dari Perdana Menteri.

Dalam hal ini, pemerintah memiliki tanggung jawab secara kolektif pada parlemen dalam melaksanakan kekuasaan pemerintahannya. Kekuasaan pemerintahan ini pun dapat setiap saat dilakukan pengajuan mosi tidak percaya.

Hubungan Luar Negeri

Hubungan luar Negeri Slovakia terbilang cukup baik. Negara ini bergabung menjadi anggota dalam berbagai lembaga atau organisasi internasional seperti PBB dan anak lembaga lainnya. Slovakia juga bergabung menjadi anggota organisasi ekonomi, baik yang berada di kawasan Eropa maupun berskala dunia.

Demografi Negara Slovakia

Slovakia memiliki total luas wilayah yang tidak terlalu besar, populasi di Slovakia terbilang cukup besar. Berdasarkan data survey yang diambil pada tahun 2014, jumlah populasi total penduduk Slovakia mencapai 5.421.349 jiwa. Kepadatan penduduknya mencapai 69,7/km². Jumlah ini tersebar dalam kelompok etnis yang bervariasi serta pembagian agama dan bahasa yang bervariasi pula.

Suku Bangsa/Etnis di Slovakia

Jumlah populasi penduduk Slovakia yang berjumlah lebih dari 5 juta orang ini terdiri dari bermacam-macam suku bangsa atau etnis. Mengacu pada hasil survey yang dilakukan pada tahun 2011 lalu, jumlah mayoritas etnis yang mendiami wilayah Slovakia adalah etnis Slovakia dengan jumlah total sebesar 80,7%.

Selain kelompok mayoritas, ada pula beberapa kelompok minoritas yang mendiami wilayah Slovakia ini. Kelompok minoritas pertama adalah etnis Hongaria dengan jumlah total populasi mencapai 8,5% dari total jumlah populasi di Slovakia. Ada pula kelompok etnis Roma yang berjumlah 2%, kelompok etnis Ceko 0,6%, dan berbagai populasi lainnya yang tidak spesifik berjumlah 7,6%.

Data yang diambil di tahun 2007 menunjukkan jika Slovakia memiliki tingkat kesuburan pada angka 1,33. Angka ini menunjukkan arti bahwa setiap wanita di Slovakia akan memiliki anak setidaknya 1,33 selama masa hidupnya. Angka ini masih jauh di bawah angka pengganti dan bahkan menjadi angka terendah diantara negara-negara Uni Eropa lainnya.

Jumlah populasi yang mendiami Negara Slovakia ini tak lepas dari peran adanya gelombang emigrasi besar yang terjadi pada awal abad ke-19 serta awal abad ke -20. Berdasarkan sensus AS yang dilakukan pada tahun 1990, ada sekitar 1,8 juta orang lebih mengaku sebagai keturunan Slovak.

Agama di Slovakia

Berlanjut pada aspek agama yang dianut oleh penduduk di Negara Slovakia. Negara Slovakia ini memiliki konstitusi yang menjamin kebebasan beragama bagi warga negaranya. Karena itulah pemeluk agama di negara ini tergolong bervariasi. Berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2011, mayoritas penduduk Slovakia mengidentifikasi diri mereka sebagai penganut Katolik Roma. Jumlahnya cukup besar yakni sekitar 62% dari total populasi penduduknya.

Tidak hanya penganut Katolik Roma, meskipun jumlahnya tidak sebanyak penganut agama tersebut, 8,9% penduduk Slovakia mengidentifikasi diri mereka sebagai penganut Protestan. 3,8% penduduknya mengidentifikasi sebagai penganut Katolik Yunani, Ortodoks sebesar 0,9% dan sisanya memilih untuk tidak menjawab yang artinya tidak mengidentifikasikan diri mereka dalam salah satu kelompok agama yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tahun 2016, parlemen Slovakia menerapkan undang-undang baru. Dalam RUU tersebut berisi aturan yang menghalangi Islam beserta organisasi keagamaan lain untuk menjadi agama yang secara resmi diakui di Slovakia. RUU ini juga membatasi batas minimum pengikut yang awalnya hanya 25.000 menjadi 50.000.

Hal ini menjadi didukung dengan data yang menyatakan bahwa di Slovakia hanya ada kurang dari 0,1% dari jumlah populasi penduduknya yang beragama Islam. Jumlah ini bahkan tak lebih besar dari 5000 orang, sekaligus menjadikan Slovakia sebagai negara di Uni Eropa yang tidak memiliki masjid di dalam wilayah negaranya.

Bahasa di Slovakia

Bahasa resmi yang digunakan di Slovakia adalah bahasa dari anggota keluarga bahasa Slavia. Mayoritas penduduk di wilayah selatan menggunakan Bahasa Hongaria dan bagian Timur Laut menggunakan bahasa Rusyn. Slovakia termasuk dalam negara Uni Eropa yang berada di peringkat atas dalam hal pengetahuan bahasanya. Data di tahun 2007 menunjukkan bahwa 68% penduduk Slovakia yang berusia 25-64 tahun menguasai dua bahasa, dengan bahasa asing yang dikuasai adalah bahasa Ceko.

Seni dan Kebudayaan Slovakia

Arsitektur Khas Slovakia

Gaya arsitektur di Slovakia tak bisa dilepaskan dari gaya arsitektur Eropa kuno. Beberapa bangunan gereja, katedral dan kastil yang masih bisa ditemukan di kawasan Slovakia saat ini begitu kental terasa unsur Eropa kuno. Arsitektur masa kini juga masih mempertahankan gaya kuno dan tidak terlalu berkembang mengikuti trend modern.

Gaya Hidup Orang Slovakia

Berdasarkan data terbaru, Slovakia termasuk dalam negara paling tidak sehat di dunia. Hal ini juga disebabkan oleh rendahnya dana perawatan kesehatan di Slovakia. Selain itu, negara ini juga menjadi negara dengan tingkat kematian tinggi akibat penyakit jantung.

Demikian penjelasan lengkap tentang profil negara Slovakia. Dengan penjelasan di atas semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan dunia Anda.