Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Bulgaria [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara bulgaria
Bulgaria adalah sebuah negara yang berada di wilayah Tenggara dari benua Eropa. Negara yang beribukota di Sofia ini berdekatan dengan negara-negara seperti Negara Yunani, Turki, dan Serbia. Begitu banyak hal menarik yang bisa Anda pelajari dari negara terluas ke-16 di Eropa ini. Untuk itu, inilah pembahasan selengkapnya mengenai profil negara Bulgaria mulai dari sejarahnya hingga budaya yang dimiliki.

Sejarah Negara Bulgaria

Berikut ini merupakan sejarah lengkap dari negara Bulgaria yang harus Anda ketahui dari masa ke masa:

Zaman Prasejarah

Kebudayaan prasejarah yang ada di Bulgaria diantaranya yaitu Hamangia dan Vinca Neolitik, Ezero zaman Perunggu dan Varna Kalkolitik. Bagi prasejarah Balkan yang lebih luas, budaya Karanovo difungsikan untuk alat ukur yang efektif. Trakia merupakan salah satu dari 3 kelompok nenek moyang utama dalam Bulgaria Modern dimana tinggal terpisah dalam beberapa suku. Namun, Raja Teres berhasil menyatukan kembali suku ini pada tahun 500SM dalam kerajaan Ordis.

Kekaisaran Bulgaria I

Kekaisaran Bulgaria Pertama ditandai dengan adanya traktat perdamaian yang dilakukan bersama Bizantium tahun 681. Penguasa selanjutnya semakin memperkuat Bulgaria dan menetapkan perbatasan. Bahkan mereka mampu mengalahkan 26.000 tentara Arab yang terkenal tangguh dalam pertempuran Konstantinopel. Akan tetapi, Bulgaria mengalami kemunduran sepeninggal Simeon yang wafat. Hingga akhirnya Kekaisaran Bizantium mampu mengalahkan Kekaisaran Bulgaria Pertama pada sekitar tahun 1018.

Bizantium serta Kekaisaran II Bulgaria

Basil II berhasil menahan perlawanan penguasa lokal dari kalangan bangsawan negeri Bulgaria yang melaksanakan pemberontakan. Akan tetapi, setelah kematian Basil II keadaan Bizantium mengalami kemunduran sehingga berakibat pada beberapa pemberontakan. Pemberontakan yang cukup terkenal yakni pemberontakan pimpinan Peter Delyan meskipun tidak pernah membuahkan hasil. Hingga pada akhirnya bangsawan dari dinasti Asen yaitu Peter IV dan Ivan Asen I menyusun pemberontakan pada tahun 1185.

Pemberontakan yang dilakukan pada tahun 1185 tersebut menandai awal dari kekaisaran Kedua Bulgaria. Setelah itu Veliko Tarnovo ditetapkan sebagai ibukota oleh Dinasti Asen. Raja ketiganya juga mulai memperluas wilayah hingga ke Skopje, Nis, dan Belgrade. Ia juga mendapatkan mahkota kerajaan yang berasal dari duta Paus sebagai bukti bahwa dia mengakui keagungan spiritual paus. Saat kekuasaan Ivan Asen II berlangsung selama tahun 1218 hingga 1241, berbagai perkembangan terjadi seperti ekonomi dan budaya.

Pada tahun 1257, dinasti Asen pun berakhir diakibatkan adanya beberapa faktor seperti konflik internal, serangan dari Hungaria dan Bizantium, kondisi ekonomi dan militer yang makin mundur, serta penyerbuan bangsa Tatar. Kekaisaran Bulgaria Kedua mulai terpecah pada abad ke 14 akhir karena meluasnya Bogomilisme dan pembagian faksional yang terjadi. Akhirnya Kesultanan Utsmaniyah menguasai karena mampu menduduki kota di negara Bulgaria serta Benteng yang ada di Pegunungan Balkan.

Kekuasaan Utsmaniyah

Akhirnya Kesultanan Utsmaniyah mampu merebut Tarovo yang menjadi ibukota pada tahun 1393. Bangsa Utsmaniyah mampu mengambil alih Bulgaria setelah pihak Kristen mengalami kekalahan dalam Perang Salib serta jatuhnya Kekaisaran Vidin pada tahun 1396. Saat kekuasaan Utsmaniyah, bangsa Bulgaria bisa dibilang menderita karena banyak ketaktoleransian, penindasan, ketidakadilan, dan lain sebagainya.

Bangsa Bulgaria tidak tinggal diam dan merespon penindasan tersebut dengan melakukan pemberontakan serta berusaha untuk mendirikan kembali bangsa mereka. Kebangkitan ini menjadi upaya yang menentukan kebebasan bangsa Bulgaria ini. Dan hasilnya pemberontakan terbesar dan terbaik terjadi di bulan April.

Perang Turki-Rusia pada tahun 1877 hingga 1878 mendapatkan 2 hasil penting yaitu kalahnya Utsmaniyah dari Rusia dengan dukungan Bulgaria dan Rumania serta Traktat Stan Stefano. Traktat Stan Stefano yang dikeluarkan pada tanggal 1878 tepatnya 3 Maret menjadi landasan hukum atas terbentuknya negara otonom Bulgaria. Selanjutnya secara sepihak Kepangeranan Bulgaria mendeklarasikan kemerdekaan negara pada 5 Oktober 1908.

Geografi Bulgaria

peta negara bulgaria
Gambar Peta Bulgaria.

Berikut ini geografi selengkapnya mengenai negara Bulgaria:

Letak dan Batas Wilayah

Berdasarkan letak astronomisnya, negara Bulgaria berada di antara 41°LU - 45°LU dan 22°BT - 29°BT. Bulgaria memiliki wilayah sedang dan tidak terlalu luas yaitu sebesar 110.994 km². Di sebelah utara, Bulgaria berbatasan dengan negara Rumania yang sebagian besarnya di sepanjang Sungai Donau.

Di bagian Barat, negara ini berbatasan dengan Republik Makedonia dan Serbia. Dan untuk sebelah Timur adalah Laut Hitam, sedangkan sebelah Selatan yaitu negara Turki dan Yunani.

Relief dan Sumber Daya Alam

Wilayah Bulgaria terpisah, yang pada masa kuno dikenal dengan 3 wilayah yaitu Trakia, Moesia, dan Makedonia. Sekitar 30% tanah dari negara ini merupakan dataran sedang, sedangkan 41% nya adalah perbukitan dan dataran tinggi. Bagian barat Bulgaria yang terlihat bergunung-gunung terdiri dari 2 rangkaian alpen yakni Pirin dan Rila. Sedangkan sebagian kecil perbukitan dan gunung terletak di wilayah laut Dobrogea.

Bulgaria memiliki sumber daya alam yang cukup banyak. Negara ini memiliki cadangan tembaga, bauksit, timbal, mangan, seng, dan bismut. Beberapa cadangan yang lain diantaranya yaitu emas, besi, perak, kromium oksida, uranium, nikel, dan masih banyak yang lainnya. Negara ini juga memiliki mineral yang melimpah serta mineral bukan logam seperti gipsum, garam batu, marmer, dan kaolin.

Hidrologi dan iklim Bulgaria

Dilihat dari kondisi geografisnya, tidak heran jika Bulgaria memiliki banyak sungai yaitu sekitar 540 sungai. Kecuali Sungai Donau, sebagian besar sungai tersebut pendek dan memiliki permukaan yang tidak dalam. Sungai paling panjang yang hanya dimiliki oleh Bulgaria adalah Sungai Iskar dengan panjang mencapai 368 KM. Sedangkan sungai yang berukuran besar lainnya yaitu Sungai Maritsa dan Sungai Struma di bagian Selatan.

Secara keseluruhan, iklim di negara ini adalah sedang yang disertai dengan adanya musim panas dan dingin. Iklim dari wilayah Utara Bulgaria dipengaruhi oleh Pegunungan Balkan yang menghalanginya. Akibatnya wilayah tersebut memiliki curah hujan yang lebih sering dan suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan dataran rendah yang ada di wilayah Selatan.

Kondisi Lingkungan

Pencemaran yang terjadi akibat peleburan logam dan pabrik tua serta penggundulan hutan masih menjadi masalah di negara ini. Kota secara khusus juga terpengaruh karena adanya polusi akibat produksi energi yang dilakukan pembangkit listrik yang menggunakan batu bara serta lalu lintas kendaraan. Namun hal tersebut mulai diatasi dengan beberapa program pemerintah seperti adanya 3 taman nasional, 11 taman alami dan cadangan biiosfer sebanyak 17.

Ekonomi Bulgaria

Inilah selengkapnya mengenai perekonomian Bulgaria:

Kondisi Perekonomian Saat ini

Ekonomi pasar negara Bulgaria bersifat terbuka dengan Badan Usaha yang strategis serta sektor swasta yang maju. Selain itu, Bulgaria juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, meskipun peringkat pendapatannya adalah yang terendah di wilayah Uni Eropa. PDB Bulgaria pada tahun 2015 yakni sebesar 128.053 miliar dollar dengan pendapatan perkapitanya 17.869 dollar. Untuk mata uang yang digunakan masyarakatnya adalah Lev Bulgaria dimana 1 euro sama dengan 1,95583 lev.

Pertumbuhan ekonomi Bulgaria sebagian besar disumbang dari sektor pertambangan yang mencapai 760 juta dollar. Bahkan di Eropa, Bulgaria menjadi negara ketiga terbesar dalam hal penghasil tembaga, peringkat ke-6 penghasil seng, peringkat ke-9 batu bara, dan ke-10 penghasil bismut di dunia. Bulgaria juga merupakan negara penghasil raspberi dan berada di peringkat ke-12 dan tembakau di peringkat ke-3 di Eropa.

Sektor Pariwisata

Setiap tahun, jutaan wisatawan berkunjung ke Bulgaria dan hampir 40% dari total wisatawan yang berkunjung berasal dari negara seperti Jerman, Rumania, dan Yunani. Selain itu ada juga wisatawan yang berasal dari Rusia, Inggris, Polandia, Serbia, Belanda, dan Denmark. Bahkan, pada tahun 2011, destinasi wisata Bulgaria Lonely Planet berhasil menempati peringkat kelima sebagai lokasi tujuan wisata terbaik.

Kemajuan Infrastruktur

Sejak zaman dulu, Bulgaria telah berperan besar menjadi jalur antar beberapa benua seperti Afrika, Asia, dan Eropa. Setidaknya ada 5 dari 10 koridor Eropa yang melewati wilayah Bulgaria. Negara ini memiliki jejaring jalan dengan total 102.016 km dengan 93.855 km diantaranya sudah dilapisi oleh bahan pengeras. Sedangkan jalur relnya memiliki panjang 6.500 km. Sovia dan Plovdiv sebagai pusat transportasi udara, dan Burgas dan Varna sebagai pelabuhan utama.

Politik dan Pemerintahan Bulgaria

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai politik dan pemerintahan Bulgaria:

Pemerintahan dan Hukum

Bulgaria merupakan negara yang memiliki sistem pemerintahan berupa republik parlementer. Negara ini memiliki Majelis Nasional Bulgaria yang beranggotakan sebanyak 240 wakil rakyat. Anggota Majelis Nasional Bulgaria tersebut memiliki masa tugas selama 4 tahun dan dipilih berdasarkan suara terbanyak. Presiden di pemerintahan Bulgaria adalah kepala negara sekaligus panglima tertinggi dari angkatan bersenjata Bulgaria.

Hukum di Bulgaria mengakui bahwa Undang Undang produk Parlemen yang ada saat ini sebagai referensi utama hukum yang dijalankan. Undang Undang tersebut juga menjadi perwujudan dari hukum sipil. Kepolisian Nasional Bulgaria memiliki tanggung jawab untuk memberantas kejahatan umum serta membantu beroperasinya lembaga hukum lainnya. Kekuatan Kepolisian Bulgaria yaitu sebanyak 27.000 personel.

Hubungan Luar Negeri dan Militer

Secara resmi Bulgaria menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1955. Kemudian selang 20 tahun yaitu tahun 1975, Bulgaria ikut menjadi pendiri OSCE. Bulgaria berhubungan dengan Amerika Serikat secara resmi yaitu pada bulan April 2006. Kerjasama tersebut dalam bidang pertahanan dimana memungkinkan Bulgaria maupun Amerika Serikat untuk menggunakan Graf Ingnatievo dan Pangkalan Udara Bezmer, Pusat Logisitik Aytos, dan Tempat Latihan Militer Novo Selo.

Semua Militer Bulgaria berupa badan militer sukarela yang terdiri dari angkatan udara, angkatan laut, dan angkatan darat. Setelah perampingan yang dimulai sejak tahun 1990, tentara aktif Bulgaria kini hanya tersisa sebanyak 32.000 personel dimana awalnya di tahun 1988 sebanyak 152.000 personel. Tentara aktif tersebut masih didukung degan serdadu paramiliter sebanyak 34.000 personel dan tentara cadangan 303.000 personel.

Pembagian Wilayah Administratif

Bulgaria hanya terdiri dari 9 oblast atau provinsi diantara tahun 1987 hingga 1999. Namun sejak tahun 1999, negara ini dibagi menjadi 28 provinsi dengan nama yang sama dengan ibukotanya. 28 provinsi tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 264 munisipalitas.


Demografi Bulgaria

Berikut adalah demografi lengkap negara Bulgaria:

Etnis dan Agama

Total populasi Bulgaria diperkirakan mencapai 7.202.198 pada tahun 2014 dan Etnis terbesar dari negara ini yakni etnis Bulgaria dengan presentase 85,9%. Kemudian etnis selanjutnya yang memiliki presentase besar yaitu Turki yakni sebanyak 9,1% serta etnis Rom sebanyak 4%. Sisanya yaitu 1% dan 0,9% yang merupakan 40 etnis minoritas yang ada di Bulgaria dengan jumlah kecil. Sedangkan, 0,1% sisanya tidak menyebutkan dari etnis mana mereka berasal.

Sebagian besar penduduk Bulgaria memeluk Kristen Ortodoks Bulgaria dengan angka populasi mencapai 83,6%. Mereka mendapatkan status autosefalus sejak tahun 927 Masehi dan termasuk yang paling tua. Untuk agama lain yang dianut masyarakat negara ini diantaranya yaitu Islam sebanyak 12,2%, Protestan sebanyak 0,8%, Katolik Roma sebanyak 0,5%, agama dedominasi kristen sebanyak 0,2%, serta agama lain-lain hampir mencapai angka 4%.

Kota Tujuan Urbanisasi

Cukup banyak masyarakat Bulgaria yang memilih untuk tinggal di kawasan perkotaan. Populasi Bulgaria yang menetap di kawasan kota yaitu sebanyak 72,9%. Dimana sebagian besar tinggal di kota Sofia dengan populasi sebanyak 1,2 juta jiwa, Plovdiv dan Varna sebanyak lebih dari 300 ribu jiwa, Burgas kurang lebih 200 ribu jiwa, Ruse sebanyak 150 ribu jiwa, dan sisanya di kota Stara, Zagora, Pleven, Sliven dan kota lainnya.

Seni dan Budaya Bulgaria

Berikut ini kebudayaan yang ada di Bulgaria:

Kebudayaan Tradisional dan Situs Warisan

Kebudayaan tradisional Bulgaria merupakan warisan dari Slavia, Trakia, serta Bulgar dan bersama kebudayaan lain seperti Kekaisaran Utsmaniyah, Yunani Kuno, Pengaruh Keltik dan Romawi Kuno. Yang menjadi artefak bersejarah dan bernilai sangat penting yakni sebuah harta karun berupa emas tertua di dunia. Harta karun tersebut merupakan olahan manusia yang dipercaya berasal dari jaman kuno yakni milenium ke-5 SM. Harta karun tersebut terletak di Varna Nekropolis.

Bulgaria memiliki beberapa situs yang menjadi warisan dunia dan terdaftar di UNESCO. Setidaknya ada 9 situs yang harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Bulgaria pada khususnya. Beberapa situs warisan dunia itu seperti Taman Nasional Pirin, Penunggang Madara, Gereja Boyana, dan lain-lain.

Sastra, Musik, dan Kesenian

Tradisi musik yang ada di negara ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan dapat diketahui dari zaman pertengahan. Seorang komposer bernama John Kukuzelis tahun 1280-1360 menjadi komposer terawal di Eropa Pertengahan. Selain itu, Paduan Suara Wanita Televisi negara mendapatkan penghargaan bergengsi yaitu Grammy pada tahun 1990 dengan penampilan paduan suara rakyat yang terkenal.

Sedangkan seni rupa yang religius seperti mural, ikon dan fresko sudah banyak yang diperoleh daei Sekolah Artistik Tanovo yang sudah berdiri sejak lama. Lalu kesusatraan juga dihasilkan pada Bulgaria Pertengahan, contoh karya yang cukup disukai dan terkenal yaitu seperti Injil didaktik karya Konstantin dari Preslav serta Sebundel surat Karya Chernorizets Hrabar. Kedua karya tersebut dibuat sekitar tahun 893.

Penulis terkenal lainnya yang berasal dari Bulgaria yaitu Ivan Vazov penulis romantis, Geo Milev penulis ekspresionis, Pavel Vezhinov penulis fiksi ilmiah, Dimitar Dimov seorang novelis, dan lain sebagainya. Bahkan Elias Canetti merupakan penulis Bulgaria berbahasa Jerman yang berhasil meraih nobel.

Itulah informasi lengkap mengenai negara Bulgaria yang bisa menambah pengetahuan Anda. Semoga informasi profil negara tersebut berguna untuk Anda yang sedang mempelajari negara ini.