Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Bentang Alam Benua Afrika

bentang alam benua afrika berupa gurun sahara
Bentang Alam Benua Afrika - Nama "Afrika" mulai digunakan orang eropa pada masa Romawi kuno dengan menyebutnya sebagai Afrika terra "Tanah Afri" yang merujuk kepada salah wilayah di bagian utara benua di planet ini. Afri juga kemungkinan besar merujuk pada suku yang mendiami Afrika Utara.

Sebagai benua terbesar ke-2 di planet ini (setelah Asia), Benua Afrika memiliki bentang alam yang sangat bervariasi mulai dari pegunungan, gurun, dataran tinggi, hingga sistem sungai paling panjang di dunia berada di benua ini. Yuk, mengenal berbagai bentang alam yang ada di benua Afika!

Catatan: Anda bisa melihat Peta Afrika agar informasi menyangkut wilayah yang dilalui oleh bentang alam tersebut bisa dipahami dengan baik.

1. Dataran Sahel
Sahel merupakan sebuah dataran luas yang berada di bagian tepi Selatan Gurun Sahara, terbentang luas di bagian Utara sampai pada Bagian Tengah Afrika. Wilayah ini merupakan bagian dari zona transisi antara daerah kering di bagian Utara dengan daerah tropis di bagian Selatan.

Vegetasi yang terdapat di wilayah tersebut adalah rumput sabana dan semak tipis. Vegetasi yang demikian sangat dipengaruhi oleh sedikitnya curah hujan yang terjadi di wilayah tersebut, bahkan diperkirakan curah hujan disana hanya sekitar enam sampai delapan inci pertahun.

2. Gurun Sahara
Boleh dikatakan bahwa gurun yang satu ini merupakan identitas populer bentang alam Benua Afrika. Sahara merupakan sebuah gurun pasir terbesar yang ada di dunia dengan luas sekitar 3.500.000 mil persegi (9,065,000 km persegi). Gurun ini hampir membentangi sepertiga dari benua afrika. Gurun tersebut terdiri dari dataran yang dipenuhi bebatuan, lautan pasir, dan bukit pasir yang bergulung.

Tinggi Gurun Sahara mencapai 100 kaki dari permukaan laut. Puncak tertinggi yang berada di sekitar Gurun Sahara adalah Pegunungan Ahaggar dan Tibesti yang mencapai 11.000 kaki (3.350 m). Beberapa gurun yang juga merupakan satu kesatuan dengan gurun ini diantaranya adalah Gurun Barat Mesir yang berada di sebelah barat Sungai Nil, Gurun Libya dan Gurun Nubia.

Bisa dikatakan bahwa gurun tersebut tanpa curah hujan. Sehingga masyarakat mengharapkan beberapa sungai bawah tanah yang mengalir dari pegunungan Atlas untuk menghasilkan air oasis yang terisolasi. Sedangkan untuk di bagian timur terdapat Sungai Nil yang dapat membantu proses penyuburan bagian timur dari bentang alam ini.

(Lihat mengenai Karakteristik Benua Afrika)

3. Gurun Namib
Gurun Namib merupakan gurun pasir yang terdapat di Afrika Selatan. Gurun tersebut terpampang luas sekitar 2.000 km (1.200 mil) di bagian Pantai Atlantik yang terletak di Angola, Namibia, dan Afrika Selatan.

Di bagian selatan gurun ini terdapat Sungai Carunjamba yang terletak di Angola melewati Namibia, Sungai Olifants yang terdapat di Western Cape, Afrika Selatan. Sedikit demi sedikit Gurun tersebut akhirnya mencapai ketinggian sekitar 200 km (120 mil) dari Pantai Atlantik arah Timur menuju Daratan Kaki Tebingnya.

Namib adalah salah satu gurun tertua yang ada di dunia dan merupakan gurun pasir ekstrim yang terdapat di Afrika Selatan. Gurun ini terdiri dari Lautan Pasir di dekat pantai dan dataran kerikil serta singkapan gunung yang tersebar di pedalaman. Di Wilayah ini, terdapat beberapa tebing curam dengan kondisi wilayah yang sangat gersang dengan curah hujan sekitar 2 mm (0,079 inchi) setiap tahunnya.

Gurun Namib terdapat beberapa bukit pasir dengan ketinggian sekitar 300 m (980 kaki) dan panjangnya sekitar 32 km (20 mil). Gurun Badain Jaran yang terdapat di Cina merupakan gurun dengan bukit pasir terbesar kedua di dunia, setelah Gurun Namib.

4. Dataran Tinggi Ethiopia
Dataran Tinggi Ethiopia merupakan Dataran yang tertinggi di seluruh benua dan merupakan daerah kontinen terbesar. Dataran Tinggi Ethiopia terdiri dari beberapa pegunungan di Ethiopia, Eritrea dan Somalia Utara yang terdapat di Tanduk Afrika.

Dataran Tinggi Ethiopoia biasa juga dijuluki sebagai Atap Afrika. Hal ini dikarenakan puncak tertinggi dataran tersebut mencapai 4.550 m (14.928 kaki) dan permukaannya yang berada di bawah sekitar 1.500 m (4.921 kaki).

5. Gurun Kalahari
kalahari, salah satu bentang alam benua afrika
Kenampakan semak belukar luas di Gurun Kalahari.

Gurun Kalahari adalah sebuah gurun yang bentuknya selang-seling. Hal ini diakibatkan oleh hamparan sungai kering dan semak belukar. Gurun ini meliputi wilayah Botswana, wilayah Barat Daya Afrika Selatan dan seluruh Namimbia Barat.

Gurun Kalahari memiliki luas sekitar 258.998,81 kilometer persegi. Gurun ini juga memiliki kawasan satwa liar yang terletak di Taman Nasional Kalahari Gemsbok Afrika Selatan. Karas dan Hun juga merupakan salah satu gunung yang terletak di Gurun Kalahari.

(Lihat juga disini Bentang Alam Benua Eropa)

6. Pegunungan Hoggar (Ahaggar)
Pegunungan Hoggar merupakan wilayah dataran tinggi yang terdapat di Sahara Tengah pada area Tropic Of Cancer. Pegunungan ini biasa juga di sebut sebagai Ahaggar. Pegunungan ini terletak di sekitar 1.500 km (900 mil) dari Ibukota Aljazair bagian Selatan dan Tamanghasset bagian barat.

Puncak tertinggi berada pada Gunung Tahat dengan ketinggian Sekitar 3.003 m, Sedangkan untuk Wilayah Gurun berbatu mencapai ketinggian 900 m (2.953 kaki) di atas permukaan laut.

7. Sistem Sungai Nil
Bentang alam di Benua Afrika yang terkenal selanjutnya adalah Sungai Nil. Sistem sungai Nil merupakan serangkain bendungan, jeram, aliran, rawa, anak sungai dan air terjun. Sungai Nil juga merupakan sungai paling panjang di dunia. Sungai ini terbentang luas dengan panjang sekitar 4.160 mil (6.693 km).

Sungai tersebut mengalir ke arah utara naik ke dataran tinggi Afrika Tenggara yang kemudian mengalir ke Laut Mediterania. Secara keseluruan, sungai utama berasal dari dari Albert Nile, Blue Nile, Victoria Nile dan White Nile.

8. Lembah Sungai Kongo
Sungai Kongo merupakan sungai terpanjang kedua yang ada di Afrika. Lembah Sungai Kongo mengalir ke Republik Demokratik Kongo dan beberapa negara tetangga Kongo lainnya. Lembah tersebut memiliki cekungan yang berukuran sekitar 1.400.000 mil persegi (3.600.000 km2).

Sungai ini memiliki beberapa anak-anak sungai. Aliran air sungai tersebut dapat menghubungkan orang-orang yang berada di kota dengan yang berada di pedalaman.

9. Great Rift Valley
Great Rift valley terjadi karena adanya patahan geologi yang disebabkan oleh letusan Gunung Berapi selama bertahun-tahun lamanya, sehingga menciptakan sebuah dataran tinggi Ethiopia. Dataran tinggi ini ditandai oleh serangkaian tebing yang tegak lurus, bentangan pegunungan, danau, dan lembah terjal.

Great Rift Valley memanjang dari wilayah Laut merah yang berdekatan dengan Yordania di Timur Tengah dan mengarah ke selatan bagian Afrika di Mozambik. Beberapa gunung yang terdapat di Afrika dan sangat berdekatan dengan Lembah Rift diantaranya adalah Gunung Kilimanjaro, Gunung Margherit dan Gunung Kenya.

10. Pegunungan Atlas
Sistem pegunungan ini membentang dari barat daya Maroko di sepanjang garis pantai Mediterania ke ujung timur Tunisia. Beberapa rentang wilayah yang lebih kecil di pegunungan ini terbagi atas Atlas Tinggi, Atlas Tengah, dan Atlas Pesisir. Puncak tertinggi adalah Mt. Toubkal di Maroko barat dengan ketinggian sekitar 13.671 kaki (4.167 m).

Demikian tadi penjelasan secara singkat bentang alam yang ada di Benua Afrika. Cukup bervariasi bukan? diharapkan melalui informasi bentang alam ini dapat memperluas wawasan Anda, sehingga bisa berbagi informasi mengenai khasanah bentang alam Benua Afrika kepada orang-orang yang belum mengetahuinya.