Apakah Australia Sebuah Pulau Atau Benua?

australia adalah pulau atau benua
Australia membentang sekitar 3 juta mil persegi, sehingga membuatnya menjadi benua terkecil di planet Bumi. Ukurannya adalah alasan utama orang sering tidak dapat memutuskan apakah itu sebuah pulau ataukah benua.

Dengan mempertimbangkan fakta bahwa ukurannya lebih mirip dengan Greenland yaitu sebuah pulau di Amerika Selatan, membuat jawaban untuk pertanyaan di atas tidaklah sederhana. Beberapa orang bahkan menyebut Australia sebagai "benua pulau" karena sama-sama cocok dengan kedua kriteria tersebut, sehingga Australia dapat dan harus dianggap sebagai sebuah pulau sekaligus juga benua.

(Baca juga mengenai Karakteristik Benua Australia)

Geografi Australia

Australia berada di antara Samudra Pasifik Selatan dan Samudra Hindia di kawasan Oceania. Benua Australia memiliki wilayah daratan terkecil dari semua benua yang ada di dunia dan populasi terendah kedua setelah Benua Antartika.

Benua ini memiliki nama yang sama dengan negara yang terletak di atasnya, dengan nama resminya adalah Persemakmuran Australia. Karena keseluruhan negara Australia berada di daratan yang terisolasi, orang sering menyebutnya sebagai benua pulau.

Ketika mempertimbangkan wilayah yurisdiksi, Australia adalah negara keenam terbesar di dunia, tetapi memiliki wilayah yurisdiksi lautan terbesar. Tidak ada perbatasan darat di Australia, tetapi kita dapat membaginya menjadi tiga bagian besar untuk menggambarkan geografinya agar lebih terperinci. Pertama yaitu bagian barat, juga disebut Dataran Tinggi Barat, dengan beberapa pegunungan di dekat garis pantai, tetapi secara keseluruhan disusun oleh wilayah yang datar.

Kemudian pantai timur yang dipisahkan oleh Dataran Tinggi Timur. Bagian-bagian ini sebagian besar terdiri dari hutan, dengan curah hujan besar dan populasi terpadat. Di antara kedua bagian ini, ada Dataran Rendah Tengah dengan sistem sungai paling kompleks dan terbesar di Australia. Selain itu juga terdapat Great Barrier Reef yang berada di Pantai Timur benua ini. Great Barrier Reef dianggap sebagai kompleks terumbu karang terbesar di dunia.

Australia Sebagai Pulau dan Benua

Australia sering dianggap sebagai "pulau benua", tetapi menurut sebagian besar ahli geografi, pulau dan benua adalah dua hal yang berbeda. Pulau sering didefinisikan sebagai massa tanah yang dikelilingi oleh air dari semua sisi dalam artian pulau akan lebih kecil dari benua.

Banyak yang berpendapat bahwa jika kita menganggap sesuatu sebagai benua, maka hal itu tidak bisa menjadi pulau hanya berdasarkan definisi tersebut. Tetapi lebih rumit ketika berbicara tentang Australia karena definisi itu berlaku secara keseluruhan.

(Lihat juga Peta Benua Australia)

Tidak ada cara yang lebih spesifik atau ilmiah untuk mendefinisikan sebuah benua, sehingga membuatnya terlihat lebih sulit untuk mengklasifikasikan Australia apakah masuk kategori kedua-duanya. Lalu sebenarnya, apa parameter yang menjadikan Australia adalah sebuah benua, sedangkan Greenland hanya sebuah pulau? Jika mengacu demikian, hal ini masih tidak berarti bahwa Australia juga bukan pulau.

Fakta bahwa Australia terletak di lempeng tektonik tunggal yang terpisah memberinya status sebagai benua, hal ini berbeda dengan Greenland. Jadi, meskipun tidak ada jawaban pasti, sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa Australia adalah pulau sekaligus benua. Karena ini semua sesuai dengan definisi, baik secara ilmiah maupun yang lebih subjektif.

Flora dan fauna yang unik, fakta bahwa Australia terhubung ke lempeng tektonik tunggal, dan ukurannya yang kecil membuatnya disebut sebagai benua. Tetapi karena Australia juga masih berupa tanah luas yang dikelilingi oleh air dari semua sisinya, maka Australia bisa disebut juga sebagai Pulau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel