Wilayah di Amerika Serikat Yang Paling Sering Terjadi Gempa Bumi

Gempa bumi dapat dirasakan saat permukaan bumi bergetar akibat pelepasan energi secara tiba-tiba di litosfer yang mengirimkan gelombang seismik dari pusat gempa. Mereka dapat bervariasi dalam ukuran, dari yang lemah yang tidak dapat dirasakan hingga sangat kuat yang dapat menghancurkan struktur bangunan dan dapat membunuh makhluk hidup.

Aktivitas seismik di suatu wilayah mengacu pada frekuensi, ukuran, dan jenis gempa yang dialami di wilayah tertentu selama beberapa waktu. Jika pusat gempa bumi berada di lepas pantai dan terjadi dengan cukup kuat, maka bisa memicu terjadinya tsunami. Gempa bumi juga dapat memicu tanah longsor dan juga aktivitas gunung berapi. Di AS, beberapa negara bagiannya rentan terhadap gempa bumi. Dibawah ini merupakan wilayah bagian Amerika Serikat yang paling rawan/sering mengalami kejadian gempa bumi.

Alaska

Alaska telah mengalami banyak kali kejadian gempa bumi dibandingkan negara bagian lain di AS. Antara 1974 dan 2003, Alaska telah mengalami 12.053 gempa kuat. Gempa bumi 1946 yang melanda Kepulauan Aleut di Alaska adalah salah satu gempa yang paling mematikan di negara bagian tersebut. Gempa ini terjadi pada 1 April 1946 dan berkekuatan 8,6 sehingga menewaskan 165 hingga 173 orang. Kerusakan properti diperkirakan mencapai $26 juta.

Akibat gempa tersebut, dasar laut di garis patahan terdorong ke atas, sehingga menghasilkan tsunami yang bergerak melintasi Samudra Pasifik. Gelombang yang tercipta akibat tsunami tersebut mencapai ketinggian 25 hingga 130 kaki dengan kecepatan hingga 500 mil per jam. Tsunami ini membutuhkan waktu 4,5 jam untuk sampai di Hawaii.

wilayah amerika serikat rawan gempa bumi

California

Setiap tahun California mengalami banyak kejadian gempa bumi, dan sebagian besar dengan magnitude yang kecil bahkan sulit dirasakan. Hanya sedikit yang berada di atas magnitude 3.0. Antara tahun 1974 dan 2003, wilayah bagian ini telah mengalami 4.895 gempa kuat. Salah satu gempa terburuk yang menghancurkan California adalah gempa bumi pada tahun 1906 yang melanda pantai utara California di San Francisco.

Gempa bumi tersebut berkekuatan 7,9 sehingga menyebabkan kebakaran hebat di kota San Francisco selama beberapa hari. Akibatnya, sekitar 3.000 orang kehilangan nyawa, dan lebih dari 80% kota San Francisco hancur. Peristiwa ini dikenang sebagai salah satu gempa paling mematikan dan terburuk dalam sejarah Amerika Serikat. Korban yang tewas akibat gempa ini merupakan yang terbesar akibat bencana alam dalam sejarah California.

Hawaii

Hawaii memiliki dua gunung berapi aktif, Mauna Loa dan Kilauea. Antara 1974 dan 2003, Hawaii telah mengalami sekitar 1.533 gempa kuat. Gempa pada tahun 1868 adalah gempa yang terbesar dalam sejarah Hawaii dengan kekuatan 7,9. Gempa bumi yang terjadi pada 2 April 1868 ini juga menyebabkan tsunami dan tanah longsor di pulau Hawaii.

Tanah longsor yang disebabkan oleh gempa bumi tersebut meliputi area yang luas, dan tanah longsor terbesar mencakup area sekitar 3 kilometer sehingga mengakibatkan 31 orang meninggal. Kejadian tsunami yang dipicu oleh gempa bumi ini pun menggenangi lahan yang sebelumnya kering hingga sekitar 1,5 meter ke arah daratan.

Nevada

Negara bagian Nevada adalah salah satu negara bagian di AS yang rawan gempa bumi. Antara tahun 1974 dan 2003, telah terjadi 788 gempa kuat di negara bagian tersebut. Nevada adalah wilayah dengan aktivitas seismik teraktif ke-4 di AS. Patahan akibat gempa aktif ditemukan hampir di semua bagian wilayah tersebut.

Diperkirakan bahwa wilayah yang terletak 30 mil dari Las Vegas ini memiliki peluang 12% terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 6,0 dalam 50 tahun ke depan. Salah satu gempa bumi yang paling merusak di wilayah ini adalah di Pleasant Valley pada Mei 1915. Gempa bumi dengan kekuatan 7,1 secara signifikan telah mengubah aliran sungai dan mata air di bagian utara negara bagian tersebut. Gempa itu terasa di hingga daerah-daerah seperti Oregon, California Selatan, dan Pantai Pasifik.

Washington

Washington adalah salah satu negara bagian di AS yang aktivitas seismiknya paling aktif, dimana antara tahun 1874 dan 2003, negara itu telah mengalami 424 kali gempa kuat. Salah satu gempa bumi terkuat yang dialami Washington adalah gempa bumi pada pada tanggal 28 Februari tahun 2001.

Gempa bumi tersebut berkekuatan 6,8, dengan pusat gempa terletak di Southern Puget Sound di Timur Laut Olympia. Gelombang kejutnya dapat dirasakan hingga ke wilayah Idaho, Oregon, dan Kanada. Kerusakan properti yang diakibatkan oleh gempa ini diperkirakan mencapai $2 miliar.

Idaho

Antara Tahun 1973 hingga 2003, negara bagian Idaho mengalami 404 kali gempa bumi kuat. Salah satu gempa bumi paling merusak di negara bagian ini adalah gempa Borah Peak yang terjadi pada 28 Oktober 1983. Gempa bumi ini berkekuatan 6,9 dan ini merupakan gempa bumi terburuk di wilayah tersebut.

Penyebab gempa Borah Peak adalah tergelincir batuan di sepanjang patahannya. Wilayah Challis-Mackay yang mengalami kerusakan parah, 50 bangunan mengalami kerusakan hebat, sedangkan 200-an rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Diperkirakan kerugian akibat kerusakan properti sekitar $12,5 juta.

Wilayah di Amerika Serikat Yang Paling Sering Terjadi Gempa Bumi