Daftar Pulau Dengan Penduduk Terbanyak di Dunia

Pulau dengan penduduk terbanyak di dunia - Pulau adalah bagian dari sub-benua yang dibatasi oleh perairan. Pulau-pulau yang berada di planet kita ini bervariasi ukurannya, dimana Greenland menjadi pulau terbesar di dunia yang mempunyai luas sekitar 836.330 mil persegi.

Perlu diketahui bahwa pulau diklasifikasikan menjadi 6 jenis yaitu pulau samudera, pulau karang, pasang surut, penghalang, buatan, dan benua. Pulau Jawa dan Pulau Honshu merupakan rumah bagi 1% total populasi dunia. Berikut disajikan daftar pulau dengan penduduk terbanyak di dunia.

Pulau Jawa

Jawa adalah salah satu pulau Indonesia yang dikelilingi oleh Laut Jawa dan Samudra Hindia. Jawa adalah pulau dengan penduduk terbanyak di planet ini dengan lebih dari 141,4 juta penduduk. Pulau ini adalah rumah bagi 56,7% orang Indonesia. Pulau Jawa juga merupakan pulau terbesar ke-5 di Indonesia dan terbesar Ke-13 di dunia dengan luas sekitar 53.588,5 mil persegi.

Dilihat dari kondisi geografis pulau Jawa, pulau ini memiliki 38 gunung. Gunung Semeru setinggi 12.060 kaki adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa. Pulau ini memiliki 2 wilayah khusus dan empat provinsi administratif. Sebagian besar penduduk setempat adalah beragama Muslim. Bahasa daerah yang digunakan di pulau itu adalah bahasa Madura, Sunda, dan Jawa. Bahasa Jawa adalah bahasa asli lebih dari 60 juta orang di Indonesia.

pulau dengan penduduk terbanyak di dunia

Pulau Honshu

Selanjutnya adalah Pulau Honshu. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Jepang sekaligus juga sebagai pulau terpadat. Pulau ini terletak di utara Shikoku. Honshu memisahkan Samudra Pasifik Utara dari Laut Jepang. Honshu adalah pulau dengan penduduk terbanyak ke-2 di dunia dan sekaligus menjadi pulau terbesar ke-7 di planet bumi.

Honshu adalah rumah bagi lebih dari 104 juta orang, dan mempunyai luas sekitar 88.020 mil persegi. Gunung Fuji (12.388 kaki) adalah gunung tertinggi di Honshu. Honshu merupakan jenis pulau pegunungan dan vulkanik yang mengalami sering mengalami gempa bumi. Lebih dari 25% populasi Honshu tinggal di kota Tokyo. Beberapa bekas ibukota Jepang seperti Kamakura, Nara, dan Kyoto juga berada di Pulau Honshu. Honshu terhubung dengan pulau terbesar di jepang lainnya yaitu Shikoku, Kyushu, dan Hokkaido dengan terowongan dan jembatan.

Britania Raya

Nomor 3 adalah Britania Raya atau biasa disebut Inggris Raya. Britania Raya merupakan pulau terbesar ke-9 di planet bumi dan pulau terbesar di Eropa dengan luas 80.823 mil persegi. Britania Raya adalah pulau dengan jumlah penduduk terbanyak ke-3 dengan populasi sekitar 64,2 juta orang. Negara yang menempati pulau ini diantaranya adalah Wales, Skotlandia, dan Inggris. Beberapa kota besar di pulau Britania Raya antara lain Liverpool, Glasgow, London, Nottingham, dan Manchester-Salford.

Daftar 15 Pulau Dengan Populasi Terbanyak di Dunia
Ranking Pulau Populasi (juta)
1 Jawa 141.4
2 Honsu 104.0
3 Britania Raya 64.2
4 Luzon 60.8
5 Sumatera 50.2
6 Madagaskar 25.6
7 Mindanao 25.5
8 Mainland Australia 24.4
9 Taiwan 23.7
10 Borneo/Kalimantan 21.3
11 Sri Lanka (Ceylon) 21.2
12 Hispaniola 21.1
13 Sulawesi 18.5
14 Salsette 15.1
15 Kyushu 13.2

Pulau Terpadat di Dunia

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai pulau dengan jumlah penduduk (populasi) terbanyak di dunia, maka sudah pasti ada juga pulau dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi atau biasa disebut pulau terpadat. Rekor pulau terpadat di dunia dipegang oleh Ilet a Brouee di Haiti. Pulau Ilet a Brouee adalah salah satu pulau di Karibia yang memiliki populasi 500 orang. Pulau Ilet a Brouee mempunyai luas sekitar 0,002 mil persegi (0,52 hektar). Bayangkan dengan luas hanya 0,52 hektar pulau ini harus menampung 500 penduduk.

Daftar Pulau Dengan Penduduk Terbanyak di Dunia