Berapa Banyak Jumlah Air Yang Ada di Bumi?

jumlah air di bumi
Jumlah Air di Bumi - Sekitar 71% permukaan bumi ditutupi oleh air. Samudra dan lautan menyumbang hampir 97%. Sisanya hadir sebagai uap air, danau dan sungai, gletser dan tutupan es, di tanah dan bawah tanah, akuifer, dan bahkan pada organisme hidup. Berkat adanya siklus air, air tidak pernah diam, bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dan berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Volume Air di Planet Bumi

Air membentuk sebagian kecil dari volume planet ini. Total volume air bertambah hingga sekitar 332.500.000 mi3. Ini cukup untuk masuk ke dalam bola dengan diameter 860 mil. Air tawar di danau, rawa sungai, dan di dalam akuifer diperkirakan mempunyai volume 2.551.000 mi3. Akuifer adalah lapisan bawah permukaan baik itu batuan maupun sedimen yang mempunyai sifat permeable dan berpori


Untuk menjabarkan angka-angka di atas maka 97% air berada di lautan, 2% dalam bentuk es dan gletser, 0,62% adalah air bawah tanah, 0,009% terkandung dalam danau air tawar, 0,008% di danau garam, 0,001% ada di atmosfer, dan 0,0001% mengalir di sungai.

Pasokan Air Tawar

Sekitar 2,5% dari air di planet ini adalah air tawar. Sekitar 69% disimpan dalam lapisan es dan gletser dan 31% dari pasokan dapat diakses untuk konsumsi manusia. Secara total, hanya 0,00775% dari pasokan air bumi yang tersedia untuk manusia.

Beberapa wilayah di planet ini menerima air tawar dari gletser yang mencair selama musim panas. 30% air tawar ada di dalam lapisan tanah maupun batuan di bawah permukaan, artinya hanya tersedia melalui mata air atau dipaksa keluar dari tanah. Sungai, rawa, dan danau menyumbang kurang dari 1% dari air tawar yang dapat digunakan manusia.

1. Air Permukaan
Air permukaan adalah setiap badan air yang terletak di permukaan bumi termasuk sungai, danau, waduk, dan sungai. Sekitar 80% dari penggunaan air global adalah air permukaan yang juga berkontribusi pada irigasi.


Lautan adalah sumber air permukaan terbesar tetapi tidak dapat dikonsumsi oleh manusia karena salinitas tinggi. Air permukaan di planet ini mengalir melalui jaringan sungai dan aliran yang memperoleh air melalui limpasan atau aliran dasar.

2. Air Tanah
Air tanah ada di bawah permukaan bumi tetapi harus pada saturasi 100%. Apapun yang kurang dari itu dianggap hanya sebagai tanah yang lembab. Menurut penelitian, sekitar 30% dari air tawar berada di dalam lapisan tanah.

Air permukaan yang masuk ke dalam tanah melalui mekanisme infiltrasi air. Setelah berada di dalam lapisan tanah, air akan mengalir melalui celah dan lubang di batuan dasar. Ketika air berkumpul di bawah permukaan, ia kemudian akan bergerak di dalam akuifer.

Masalah Air Secara Global

Setengah dari cadangan air tawar dunia ada di Brasil, Kanada, Indonesia, Cina, Rusia, dan Kolombia. Peningkatan populasi global memicu masalah air di seluruh dunia karena semakin banyak jumlah manusia akan memaksa penggunaan berbagi sumber daya alam yang langka. Sepertiga populasi dunia tinggal di negara-negara yang "miskin air", dimana hanya satu dari sembilan orang yang memiliki akses memperoleh air minum yang aman untuk dikonsumsi.

Jumlah air di bumi memang akan sulit habis secara total, tetapi bukan berarti kita tidak peduli dengan perilaku memanfaatkannya secara berlebihan. Masih banyak masyarakat di belahan bumi lainnya yang karena kondisi geografisnya kesulitan untuk mendapatkan air.
Komentar