Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Apa itu Akuifer?

akuifer adalah lapisan batuan pembawa air
Apa itu Akuifer? - Pengertian akuifer adalah lapisan batuan atau sedimen bawah permukaan yang berpori dan bersifat permeabel. Untuk menjadi sebuah lapisan akuifer (aquifer), batuan harus memiliki sifat berpori dan permeabel pada tingkatan yang cukup tinggi, sehingga sebuah akuifer akan mampu menyimpan dan membawa (mendistribusikan) air di bawah permukaan.

(Lihat juga apa yang dimaksud dengan air tanah)

Dibawah ini merupakan beberapa jenis akuifer lengkap dengan penjelasannya, antara lain ialah:
1. Akuifer Artesis
Aquifer Artesis adalah akuifer yang bagian atas dan bawahnya dibatasi oleh lapisan batuan atau sedimen yang kedap air. Air di akuifer ini dapat berada di bawah tekanan yang cukup tinggi, sehingga ketika akuifer diserap oleh sebuah sumur, maka air akan naik sampai ke lubang sumur yang berada di atas puncak akuifer.

2. Akuifer Confined/Tertekan
Akuifer Tertekan (Confined) adalah akuifer yang di bagian bawah dan bagian atasnya dibatasi oleh lapisan batuan atau sedimen yang kedap air. Akuifer confined ini mungkin saja tidak memiliki tekanan yang tinggi sehingga agak sulit menjadi Akuifer Artesis.

3. Akuifer Unconfined/Tidak Tertekan
Akuifer Tidak Tertekan (Unconfined) adalah akuifer yang tidak ditindih oleh unit batuan kedap air. Air di dalam akuifer ini berada dibawah tekanan atmosfer dan diisi ulang oleh curah hujan yang jatuh di permukaan tanah tepat di atas akuifer jenis ini.

FAQ terkait dengan pengertian akuifer:
Apa itu akuifer, jelaskan pengertian dan jenis-jenisnya?
Aquifer/Akuifer adalah lapisan dibawah permukaan tanah, baik itu berupa lapisan batuan maupun lapisan sedimen yang mampu meloloskan air karena tekstur lapisannya yang berpori dan memiliki sifat yang permeable. Setidaknya ada 3 jenis akuifer yaitu akuifer artesis, akuifer tertekan, dan akuifer tidak tertekan.