Karakteristik Sungai Volga sebagai Sungai Terpanjang di Benua Eropa

Sungai Volga - Memiliki sejumlah sungai dengan panjang dan ciri khas yang berbeda-beda merupakan salah satu karakteristik Benua Eropa. Sungai yang menarik banyak perhatian di benua ini adalah Sungai Volga. Sungai Volga merupakan sungai penting yang berada di benua Eropa, tepatnya di negara Rusia. Sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Benua Eropa.

Sungai Volga menjadi jalur air utama dari Rusia. Sebagai sungai terpanjang di Eropa, sungai ini memiliki sejumlah kekhasan tersendiri. Apa saja karakteristik dari Sungai Volga? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ciri Fisik
Sungai Volga memiliki panjang yaitu 3.692 km, dimana DASnya yaitu 1.380.000 km2 atau sekitar 532.821 mil persegi yang membentang dari Central Rusia Upland serta Valdai Hills menuju ke arah timur yakni di Pegunungan Ural. Setelahnya akan ada penyempitan tajam di daerah selatan yaitu tepatnya di Saratov. Terdapat 4 zona geografis yang ada di Sungai Volga yaitu padat, hutan rawa, padang hutan, serta Saratov.

2. Fisiografi
Kekhasan lain dari sungai terpanjang di benua Eropa yang satu ini adalah dari segi fisiografinya. Aliran sungai ini dibagi menjadi 3 yaitu Volga atas, Volga tengah, dan Volga rendah. Untuk Volga Atas pertemuannya dari Oka. Volga Tengah pertemuannya dari Oka ke Karna. Sementara Volga Rendah dari Karna ke mulut dari Sungai Volga itu sendiri. Sungai ini akan melewati sejumlah wilayah seperti Kota Rzhev, Rybinsk Reservoir, Highlands Uglich, Danilov Upland, serta Galich-Chukhlom.

3. Iklim
Iklim cekungan Volga dapat berubah dengan signifikan dari utara menuju selatan. Dari sumber ke pertemuan Karna, zona iklimnya biasanya adalah dingin, musim dingin dengan salju, hangat, dan agak lembab. Sementara itu dari daerah Karna ke Volga Hills iklimnya yaitu panas, musim panas kering, serta musim dingin dengan salju yang tidak terlalu banyak. Bergeser ke arah selatan dan timur suhunya akan naik dan curah hujan berkurang.

Untuk suhu rata-rata di hulunya yaitu mulai dari dari 19°F atau sekitar -7°C hingga 6°F atau berkisar -14°C. Curah hujan tahunannya kisarannya mencapai 25 inch atau 635 milimeter per tahun. Untuk penguapan curah hujannya yaitu berkisar 20 inch di laut hingga 8 inch di sisi tenggara.

4. Hidrologi
Sungai Volga terdiri dari perpaduan 60% salju, 30% air bawah tanah, dan 10% air hujan. Fluktuasi tahunannya yaitu sekitar 23 sampai 36 kaki di Volga atas, 39 sampai 46 kaki di Volga tengah, dan juga 10 hingga 49 kaki di Volga bawah. Di Tver rata-rata aliran sungai pertahunnya yaitu sebesar 6.400 kaki kubik atau sekitar 180 meter kubik per detiknya. Sementara itu di daerah Yaroslavl sebesar 39.000 kaki kubik per detik, daerah Samara yakni 272.500 kaki kubik per detiknya, serta di bagian mulut sungainya yaitu sebesar 284.500 kaki kubik per detiknya.

Karakteristik Penjelasan
Ciri Fisik Panjangnya mencapai 3.692 km, dimana DASnya yaitu 1.380.000 km2 atau sekitar 532.821 mil persegi.
Fisiografi Jalurnya dibagi menjadi 3 yaitu Volga atas, Volga tengah, dan Volga rendah.
Iklim Bisa berubah secara signifikan.
Hidrologi Terdiri dari 60% salju, 30% air bawah tanah, dan 10% air hujan.

Demikian penjelasan mengenai 4 karakteristik Sungai Volga sebagai sungai terpanjang di benua Eropa. Semoga tulisan ini dapat membantu menambah informasi dan pengetahuan bagi Anda semua.

Karakteristik Sungai Volga sebagai Sungai Terpanjang di Benua Eropa