Daftar Sungai Terpanjang di Myanmar

Apa nama sungai terpanjang di Myanmar? - Apakah Anda memiliki rencana untuk bepergian ke negara-negara di Benua Asia, atau lebih khususnya di Asia Tenggara? Jika iya, maka salah satu negara yang bisa Anda datangi untuk berlibur adalah negara Myanmar. Negara yang satu ini memang tidak sepopuler negara lain di Asia Tenggara, akan tetapi pesonanya juga tak bisa diremehkan. Salah satu pesona dari negara ini adalah dengan adanya deretan sungai-sungai besarnya. Sungai tersebut memiliki panjang yang beragam. masing-masing sungai memiliki manfaat yang baik bagi warga sekitarnya. Berikut akan diulas daftar 4 sungai terpanjang di Myanmar yang bisa Anda datangi.

1. Mekong (4.350 km)
Yang pertama adalah Sungai Mekong yang juga menjadi sungai terpanjang di dunia pada urutan ke-12. Dari segi volume, sungai ini bahkan masuk ke dalam urutan 10 terbesar. Tak heran jika sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Myanmar. Sungai tersebut mengaliri sejumlah negara seperti misalnya Myanmar, Cina, Thailand, Kamboja, Vietnam, serta Laos. Sungai ini menjadi habitat bagi banyak ikan raksasa seperti misalnya Catfish Mekong Raksasa.

Yang menarik lagi dari sungai ini adalah adanya sejumlah bola lampu yang terlihat naik ke permukaan airnya. Banyak warga sekitar yang menduga bola tersebut merupakan bola api naga. Mereka bahkan kerap menghubungkannya dengan fenomena Naga Mekong yang bernama Phaya Naga.

Urutan Predikat Sungai Terpanjang di Myanmar
Nama Sungai Panjang (Dalam km) Aliran
Sungai Mekong 4.350 Cina (Yunnan), Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam
Sungai Salween 2.815 Cina (Yunnan), Myanmar, Thailand
Sungai Irrawaddy 2.210 Myanmar
Sungai Chindwin 1.207 Myanmar

2. Sungai Salween (2.815 km)
Sungai Salween merupakan sungai kedua terpanjang se-Myanmar. Hulu sungai ini berada di Plato, Tibet. Di Tiongkok, sungai ini sering disebut dengan Sungai Nujiang. Sungai tersebut mengaliri negara Myanmar, Tiongkok, dan juga Thailand. Sekitar 6 juta masyarakat yang tinggal di tepian sungai ini selalu menggunakan Sungai Salween sebagai sumber mata pencaharian mereka.

Masyarakat di perbatasan negara Thailand dan Myanmar yang hidup dengan cara tradisional dengan bergantung pada sungai ini. Selain bagi manusia, sungai panjang ini juga menjadi habitat bagi lebih dari 7000 tanaman hidup serta 143 jenis ikan, 92 jenis amphibi, dan juga 15 jenis kura-kura.

3. Sungai Irrawaddy (2.210 km)
Berdasarkan tabel di atas, urutan ketiga sebagai sungai terpanjang di negara Myanmar jatuh pada Sungai Irrawaddy. Sungai tersebut menjadi salah satu jalur untuk berdagang yang paling vital di Myanmar. Sungai yang memiliki nama lain Sungai Ayeyarwady ini mengalir dari utara ke selatan negara tersebut.

Banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka seperti untuk mandi, mencuci, dan sejenisnya. Selain itu Sungai Irrawaddy juga menjadi sarana bertransportasi, sumber irigasi yang mengaliri ladang dan sawah, serta menjadi sumber pariwisata yang baik.

4. Sungai Chindwin (1.207 km)
Sungai terakhir yang masuk ke dalam daftar adalah Sungai Chindwin. Sungai tersebut menjadi anak sungai terbesar dari sungai utamanya, yaitu Sungai Irrawaddy. Di warga sekitar, mereka menyebutnya sebagai Ning-Thi. Sungai Chindwin memiliki mula di negara bagian Kachin, tepatnya yaitu di Lembah Hukawng. Di sana sejumlah sungai seperti misalnya Sungai Tawan, Sungai Taron/Turong/Towang, Sungai Tabye, serta Sungai Tanai bertemu.

Itulah tadi keempat daftar sungai terpanjang di Myanmar. Dengan wilayah yang 50%nya adalah kepulauan, maka tak heran jika negara-negara di Asia Tenggara memiliki deretan sungai yang panjang (lihat juga: sungai terbesar di Indonesia). Hingga saat ini sungai tersebut masih kerap dimanfaatkan banyak masyarakat untuk mendukung hidup mereka.

Daftar Sungai Terpanjang di Myanmar