Fungsi Hutan Lindung Paling Lengkap

fungsi hutan lindung

Apa fungsi utama dari hutan lindung? - Hutan lindung adalah hutan yang sudah ada sebelumnya kemudian dengan wewenang pemerintah ditetapkan menjadi lokasi yang dilindungi. Hutan lindung berbentuk sama seperti hutan pada umumnya, yaitu lahan besar yang berisi flora dan fauna yang terbentuk secara alamiah. Hutan lindung merupakan kawasan yang secara khusus ditunjuk pemerintah. Biasanya hutan tersebut berada di hulu suatu sungai.

Hingga saat ini jumlah dari hutan lindung semakin berkurang. Hal itu karena tidak terawatnya tempat tersebut. Kerusakan terjadi dimana-mana. Padahal hutan lindung sangat vital bagi makhluk hidup. Lalu kira-kira apa saja fungsi dari hutan lindung? Berikut penjelasannya.

1. Tempat Tinggal Berbagai Jenis Fauna
Fungsi yang pertama adalah hutan lindung menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis fauna. Berbagai hewan yang tinggal di hutan ini menggantungkan hidup mereka dari keberlangsungan hutan lindung. Di sana segala kebutuhan bagi para hewan tersedia dengan lengkap. Tempat tinggal, makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya ada semua. Hal itu terbukti dengan invasi dari sejumlah hewan yang mendatangi rumah penduduk ketika hutan tempat tinggal mereka dirusak. Itulah sebabnya hutan lindung sangat berguna bagi hewan-hewan tersebut.

2. Tempat Tinggal Berbagai Jenis Flora
Tak berbeda jauh dari hewan, puluhan flora atau tumbuhan juga hidup di hutan lindung. Bahkan beberapa di antara mereka adalah tumbuhan langka yang patut dilindungi keberlangsungan hidupnya. Selain itu masih ada banyak lagi jenis tumbuhan yang belum sempat dijamah manusia. Itu sebabnya hutan tersebut juga bisa menjadi objek penelitian untuk menemukan tumbuhan jenis baru.

3. Penyeimbang Ekosistem
Fungsi lainnya yaitu sebagai penyeimbang ekosistem. Bisa dibilang ini adalah fungsi utama dari hutan lindung. Seperti yang sudah disinggung di atas jika hutan tersebut menjadi tempat bernaung bagi hewan dan tumbuhan, hutan lindung memberi sejumlah ekosistem yang berguna bagi mereka. Hutan ini juga menjadi penyeimbang alam. Menjadi penyeimbang antara kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan (lihat disini: rantai makanan di hutan).

4. Pencegah Bencana Alam
Fungsi hutan lindung selanjutnya adalah sebagai alat untuk mencegah terjadinya bencana yang disebabkan dari alam. Bencana tersebut misalnya saja tanah longsor ataupun banjir. Dengan jejeran pohon di hutan tersebut, maka kontur tanah bisa tetap kuat dan kokoh. Dengan begitu maka bencana alam bisa diminimalisir. Selain itu akar dari pepohonannya juga bisa menyerap air. Dengan begitu maka air hujan yang membasahinya tidak akan langsung mengalir. Air tersebut akan meresap di tanah dan mencegah kemungkinan banjir yang bisa terjadi.

5. Sebagai Lokasi Resapan Air
Fungsi yang terakhir yaitu hutan lindung bisa menjadi lokasi resapan air. Lokasi tersebut didukung dengan pepohonan yang ada. Akar besar dari pohon itu bisa menyerap air dengan banyak. Dengan peningkatan resapan air di sekitar daerah itu bisa membawa keuntungan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Orang-orang akan lebih mudah mendapatkan sumber air bersih. Jadi warga di sekitar sana tidak akan kekurangan air lagi dengan adanya hutan lindung tersebut.

Contoh Hutan Lindung di Indonesia
Nama Hutan Lindung Lokasi Luas (Ha)
Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan, Kalimantan Timur 9.782,80
Hutan Betung Kerihun Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 800.000
Cagar Alam Hutan Kepulauan Karimata Kayong Utara, Kalimantan Barat 77.000
Hutan Taman Raya Bung Hatta Padang, Sumatera Barat 70.000
Hutan Lindung Wehea Kutai, Kalimantan Timur 38.000
Hutan Lindung Baning Sintang, Kalimantan Barat 215
Hutan Alas Kenthu Wonogiri, Jawa Tengah 40

5 fungsi hutan lindung yang telah disebutkan di atas bisa menjadi gambaran bagi Anda betapa pentingnya hutan lindung bagi keberlangsungan makhluk hidup. Itu sebabnya kita sebagai manusia yang berakal sudah menjadi kewajiban untuk saling menjaga hutan dan lingkungan sekitar.

Fungsi Hutan Lindung Paling Lengkap