Apa Saja Fungsi Hutan Mangrove?

fungsi hutan mangrove
Fungsi Hutan Mangrove - Hutan mangrove merupakan kelompok tumbuhan yang hidup di daerah dengan mempunyai kadar garam yang tinggi. Hutan mangrove ini biasanya lebih di dominasi dengan tumbuhan berkayu serta tumbuh di daerah subtropis dan di sepanjang pinggir pantai (lihat juga disini tentang Hutan Hujan Tropis).

Biasanya tumbuhan yang hidup di hutan mangrove mempunyai akar yang terlihat pada permukaan tanah serta bisa hidup di tanah dengan kadar oksigen yang tidak terbatas. Fungsi hutan mangrove berperan penting terhadap kehidupan manusia.

1. Fungsi Hutan Mangrove Secara Kimia
Fungsi Hutan Mangrove tidak hanya pada fisik saja melainkan juga punya fungsi secara kimia yang berhubungan dengan peran hutan mangrove dalam penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida karena tumbuhan yang ada di dalam hutan mangrove ini mengandung bahan organik yang tidak membusuk. Selain itu dari hasil fotosintesis hutan mangrove mamu menyerap karbodioksida daripada hutan lainnya.

Tumbuhan yang ada di dalam hutan mangrove merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak dauh sehingga mampu untuk menghirup kerbosioksda dengan jumlah yang banyak. Hutan mangrove juga mampu menyerap dan mengelola limbah hasil industri yang bisa mencemari air laut. Dengan adanya hutan mangrove ini bisa mencegah limbah industri tidak mencemari air laut.

2. Fungsi Hutan Mangrove Secara Biologi
Fungsi hutan mangrove dalam kehidupan manusia juga sangat berkaitan erat dengan pembentukan sumber makanan. Hutan mangrove mampu untuk membuat makanan bagi hewan-hewan karena hutan mangrove ini merupakan salah satu bahan pelapukan yang bisa menjadi sumber makanan (lihat disini tentang Rantai Makanan di Hutan).

Selain itu hutan mangrove juga berfungsi untuk nursery ground yang di gunakan untuk hewan asuhan atau pemijahan untuk berkembang biak. Disisi lain fungsi hutan mangrove sebagai kawasan persinggahan dan habitat satwa langka serta sebagai plasma nutfah.

3. Fungsi Hutan Mangrove Dari Sisi Ekonomi
Fungsi Hutan Mangrove juga dapat menunjang perekonomian dimana kayu – kayu yang ada di dalam hutan mangrove dapat di manfaatkan untuk sebagai bahanan yang bisa memperoleh pemasukan keuangan manusia serta sebagai kayu bakar yang menjadi alternatif bahan bakar fosil.

Selain itu kayu hutan mangrove juga bisa di manfaatkan sebagai bahan kertas. Hutan mangrove juga mempunyai fungsi sebagai penghasil bibit hewan karena hutan mangrove mempunyai kondisi yang baik sehingga sangat cocok untuk di gunakan sebagai penghasil bibit hewan yang sangat baik.

4. Fungsi Fisik Hutan Mangrove
secara fisik, Hutan Mangrove mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu menjaga kestabilan garis pantai karena jika garis pantai tidak di jaga dengan baik maka garis pantai akan terkikis oleh gelombang laut yang bisa membuat dataran laut menyempit. Disisi lain hutan mangrove mempunyai fungsi untuk melindungi pantai dari abrasi dan sendimen.

Pengikisan pada pantai sering terjadi yang mampu membuat pinggiran pantai akan terkikis habis yang perlu untuk di cegah sehingga dengan adanya hutan mangrove ini mampu membantu pencegahan pengikisan pada pinggiran pantai. Selain itu dengan adanya hutan mangrove yang mampu membantu untuk memberikan batasan sehingga dapat memecahkan gelombang air asin ke dalam pori-pori tanah atau daratan dapat di perkecil sehingga kelangkaan air tawar tidak akan terjadi. Selain itu fungsi hutan jenis ini juga bisa digunakan sebagai area wisata.

Hutan Mangrove mempunyai banyak manfaat terhdap kehidupan manusia dan hewan yang berada di sekitarnya. Hutan mengrove mampu membantu kehidupan manusia dimana hutan mangrove bisa membantu manusia dan hewan untuk dapat bertahan hidup.

Menjaga Hutan mangrove sangat penting demi kebaikan bersama. Marilah untuk bersama-sama melindungi hutan mangrove dan jangan sampai merusaknya, karena jika hutan mangrove rusak maka akan berpengaruh terhdap kehidupan kita dan makhluk hidup lainnya.

Apa Saja Fungsi Hutan Mangrove?