Komponen Rantai Makanan di Hutan Lengkap dengan Contohnya

Rantai Makanan di Hutan - Di dunia ini terjadi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan yang sering disebut dengan ekosistem. Pola tersebut bisa terjadi di beberapa tempat termasuk hutan. Sebagai ekosistem alami, banyak komponen yang ada didalamnya yang membentuk jaring-jaring makanan. Rantai makanan di hutan melibatkan beberapa organisme mulai dari trofik terendah sampai tertinggi.

Komponen yang berada di posisi terakhir pada jaring makanan di hutan adalah pengurai sementara yang berperan diawal yaitu energi matahari. Jika terjadi ketidakseimbangan ekosistem, maka beberapa organisme tidak dapat bertahan hidup karena makanan yang mereka butuhkan jumlahnya mulai menipis. Sebab itulah perlu dilakukan pelestarian supaya kondisi tempat tersebut bisa terjaga.

Baca juga: Contoh Rantai Makanan di Sungai


Contoh Komponen Rantai Makanan di Hutan
Peristiwa rantai makanan di hutan melibatkan banyak komponen yang semuanya saling bergantung. Proses ini akan berlangsung secara terus menerus membentuk sebuah jaring yang terjadi secara alami.

komponen rantai makanan di hutan

Banyak yang berpendapat bahwa binatang karnivoralah yang menduduki trofik tertinggi. Anggapan ini tentu saja salah karena pengurai yang memiliki tugas paling akhir dalam proses ini. Adapun komponen-komponen yang berperan dalam jaring makanan di hutan antara lain:

1. Energi Matahari
Salah satu komponen dalam rantai makanan di hutan yang paling penting fungsinya adalah energi matahari. Tanpa adanya cahaya ini maka organisme autotrof tidak dapat membuat makanan sendiri. Jadi meskipun termasuk dalam faktor abiotik, posisinya sangat penting sebagai awal terciptanya jaring-jaring makanan di ekosistem hutan.

2. Produsen
Sama seperti namanya, komponen ini ditempati oleh organisme autotrof yang bisa membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis menggunakan bantuan cahaya matahari. Contoh makhluk hidup yang ada diposisi ini adalah tumbuhan perdu, rumput, dan jenis pepohonan lainnya.

Fungsi dari produsen sangat penting bagi binatang herbivora yang hanya bisa mengkonsumsi tanaman hijau. Bila jumlahnya berkurang, maka proses rantai makanan di hutan tidak bisa berjalan dengan lancar.

3. Konsumen tingkat 1
Komponen ini diisi oleh binatang herbivora yang memakan organisme autotrof yang trofiknya rendah. Karena termasuk dalam kelas heterotrof, maka konsumen 1 tidak bisa membuat makanan sendiri dan bergantung pada produsen. Contoh binatang herbivora yang ada di hutan adalah rusa, kambing, kelinci, dan sebagainya.

Dalam rantai makanan di hutan, makhluk hidup ini akan dimakan oleh konsumen tingkat 2 yang termasuk dalam hewan karnivora. Jadi proses jaring makanan bermula dari trofik bawah hingga trofik atas yang semuanya saling menggantungkan.

Baca juga: Contoh Rantai Makanan di Laut

4. Konsumen tingkat 2 dan 3
Dalam contoh rantai makanan di hutan, komponen ini akan memakan binatang herbivora yang kedudukan trofiknya lebih rendah. Contoh dari organisme ini adalah serigala, harimau, ular, elang, dan lain-lain. Posisi dari konsumen tingkat 2, 3, dan seterusnya bukanlah akhir dari jaring makanan, sebab ketika mati tubuhnya akan terurai menjadi mikroorganisme yang akhirnya akan diserap oleh tanah.

5. Pengurai
Organisme ini bertugas menguraikan tubuh hewan yang sudah mati menjadi zat yang dibutuhkan oleh tanah. Contoh organisme pengurai beberapa diantaranya adalah jamur dan bakteri. Fungsi dari komponen ini sangat berharga bagi kesuburan tanah. Proses rantai makanan akan berulang dimana unsur yang telah diuraikan tersebut akan dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis yang juga akan dibantu oleh cahaya matahari.

Jumlah komponen yang terlibat dalam rantai makanan di hutan kadang berbeda, konsumen ada yang hanya mencapai tingkat 2 bahkan 4 tergantung pada jenis binatang karnivora yang terlibat. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kepada Anda mengenai pentingnya pelestarian hutan agar organisme didalamnya bisa hidup dengan baik.
Komentar