Daftar 10 Sungai Terpanjang di Sumatera

Sungai Terpanjang di Sumatera - Daerah sumatera sendiri merupakan salah satu daerah yang kaya akan sumber daya alam yang dimiliki. Banyak seklai pegunungan serta lembah yang ada di pulau Sumatera sendiri. Tidak hanya itu saja, bahkan pulau sumatera juga terkenal dengan wilayah perairan yang dimiliki. Dan tentunya masing-maisng perairan yang ada di sumatera menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tentunya saat Anda mendengarkan sekilas tentang pulau sumatera maka Anda akan bisa mengetahui sedikit keindahan yang terpapar disana. Tapi Anda tidak boleh hanya berhenti samapi disitu untuk mencari informasi terkait pulau sumatera. Karena masih banyak lagi keindahan pulau Sumatera yang bisa Anda dapatkan tentunya. Dengan begitu maka saat ini dalam pembahasan yang akan dilakukan kita akan membahas terkait dengan sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Sungai Terpanjang Yang Ada Di Pulau Sumatera

Adapun daftar pemegang rekor sungai terpanjang di Sumatera secara berurutan adalah sebagai berikut:
  1. Sungai Batang Hari (800 km)
  2. Sungai Musi (750 km)
  3. Sungai Batang Kuantan (500 km)
  4. Sungai Kampar (414 km)
  5. Sungai Siak (370 km)
  6. Sungai Batang Rokan (350 km)
  7. Sungai asahan (147 km)
  8. Sungai Way Tulang Bawang (136 km)
  9. Sungai Belawan (74 km)
  10. Sungai Deli (73 km)

Keindahan Beberapa Sungai Terpanjang di Sumatera

Dibawah ini kita akan membahas terkait dengan keindahan yang dipilih dari beberapa sungai yang telah disebutkan diatas, yaitu:

Sungai Batang Hari
Sungai batang hari sendiri merupakan salah satu sungai yang sudah cukup terkenal di pulau Sumatera dan tentunya memiliki luas yang sungguh menakjubkan. Dimana luas dari sungai batang hari ini snediri adalah sekitar 4,9 juta Ha. Dan tentunya sungai ini sendiri merupakan sungai terpanjang di Sumatera yang menjadi pusat aliran sungai di beberapa kabupaten terdekat.

Sungai Kampar
Sungai kampar sendiri berada di wilayah Sumatera Barat dan berakhir di kota Riau. Tentunya sungai ini menjadi salah satu sungai terpanjang di pulau Sumatera dan tentunya memiliki keindahan yang luar biasa. Karena sungai yang satu ini di kelilingi oleh beberapa gunung yang terbentang dan hijau. Sehingga membuat mata Anda segar saat melihat keindahan dari sungai yang satu ini.

Sungai Asahan
Sungai Asahan sendiri adalah salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang berada di wilayah Sumatera Utara. Sungai ini pada dasarnya merupakan aliran dari mulut danau toba yang mengalir hingga ke Porsea yang ada di Kabupaten Asahan. Tentunya sungai terpanjang ini sendiri mmeiliki kualitas air yang cukup bersih dan tentunya memiliki manfaat bagi aktivitas masyarakat. Salah satu manfaat selain sebagai sumber air tentunya digunakan sebagai objek wisata arum jeram.

Sungai Belawan
Sungai ini juga merupakan salah satu sungai terpanjang dan letaknya berada di wilayah Sumatera Utara. Sungai yang satu ini tentunya masih memiliki anak sungai lagi yaitu sungai Baharu, sungai paluh manan, serta sungai badak.

Sungai Deli
sungai deli sendiri merupakan salah satu sungai terpanjang di pulau Sumatera. Akan tetapi sayangnya sungai ini tidak terawat oleh masyarakat sekitar sehingga tidak dapat di manfaatkan karena banyaknya pencemaran lingkungan yang terjadi (lihat disini dampak pencemaran lingkungan). Dan tentunya hal tersebut sangat merugikan bagi masyarakat dengan adanya pencemaran lingkungan yang ada di Sungai tersebut.

Dari Penjelasan tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa pemegang rekor sungai terpanjang di Sumatera adalah Sungai Batang Hari dengan panjang 800 kilometer. Pulau Sumatera sendiri memiliki banyak sekali wilayah perairan yang luas. Wilayah perairan yang ada di Pulau Sumatera sendiri berupa sungai yang banyak terbentang luas disana.

Masing-masing sungai terpanjang di Pulau Sumatera memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Meskipun ada beberapa sungai yang tidak mendapatkan perawatan yang baik sehingga terjadi penceraman lingkungan didalamnya.

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Sumatera