Daftar Sungai Terpanjang di Amerika Serikat

Sungai Terpanjang di Amerika Serikat - Bukan hanya dikenal sebagai negara maju yang serba canggih, Amerika Serikat (USA) juga memiliki kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Salah satu yang masih ada hingga saat ini adalah deretan sungai yang bisa dikategorikan panjang. Sungai terpanjang di Amerika tersebut memiliki panjang dalam ribuan kilometer (lihat juga: Sungai Terpanjang di Asia). Panjangnya pun bervariasi. Sebagai gambarannya, berikut akan dijelaskan 5 sungai terpanjang yang ada di sejumlah wilayah di Amerika Serikat.

1. Sungai Missouri
Sungai Missouri berada di Amerika. Sungai ini adalah bagian dari sungai Mississipi. Kendati menjadi anak sungai Mississipi namun Missouri memiliki panjang yang melebihi induknya. Sungai yang satu ini mengalir lewat dataran besar yang mana menjadi salah satu wilayah paling kering di Amerika Utara.

Hulu dari Sungai Missouri sendiri berada di Pegunungan Rocky (Negara bagian Montana). Missouri mengalir ke timur melewati Montana, serta ke selatan yang berbatasan dengan Kanada, kemudian masuk ke North Dakota dan belok ke selatan mengaliri South Dakota, lalu mengalir melewati Lowa, Nebraska, Missouri, serta Kansas.

No. Nama Sungai Panjang Letak
1 Sungai Missouri 3.768 km Missouri
2 Sungai Mississipi 3.734 km Mississipi
3 Sungai Yukon 3.190 km Kanada
4 Sungai Rio Grande 3.051 km Colorado
5 Sungai Colorado 2.330 km Colorado

2. Sungai Mississipi
Sungai Mississipi menjadi sungai terpanjang kedua di Amerika. Sungai yang panjangnya mencapai 3.734 km ini memiliki sumber di Danau Itasca di wilayah Minnesota. Ujungnya berada di Teluk Meksiko. Mata airnya yang berada di Minnesota yang berbatasan dengan Kanada mengalir dari selatan dan melewati bagian tengah dari Amerika.

Sungai ini mengaliri sejumlah negara bagian seperti misalnya Iowa, Wisconsin, Kentucky, Illionis, Arkansas, Tennessee, serta Mississipi itu sendiri. Berdasarkan bahasa penduduk asli Amerika, sungai ini memiliki arti sebagai "Bapak Air".

3. Sungai Yukon
Sungai ini merupakan anak sungai utama di bagian barat laut Amerika Utara. Sumbernya sendiri berada di British Columbia, Kanada, sementara bagian bawah sungainya ada di Alaska. Sungai yang panjangnya 3.190 km ini bermuara di Delta Yukon-Kuskokwim, lebih tepatnya di bagian Laut Bering. Sungai Yukon memiliki rata-rata aliran sebesar 6.430 m³ per detiknya.

4. Sungai Rio Grande
Daftar sungai terpanjang selanjutnya ada di sungai yang mengalir dari wilayah barat daya Colorado, yaitu sungai Rio Grande. Sungai ini mengalir ke Teluk Meksiko. Panjang sungai ini yaitu 3.051 km berdasarkan Komisi Perbatasan dan Air Internasional. Berdasarkan tabel di atas maka dapat terlihat jika sungai Rio Grande ini menempati peringkat ke empat dari 5 sungai terpanjang di Amerika Serikat. Daerah alrannya bahkan mencapai 182.200 mil persegi.

5. Sungai Colorado
Sungai utama dari wilayah barat daya Amerika serta barat laut Meksiko ini memiliki panjang 2.330 km. Sungai Colorado bahkan panjangnya mencakup 7 negara bagian di Amerika dan juga 2 negara bagian di Meksiko. Muaranya ada di Pegunungan Rocky dan mengalir ke dataran tinggi Colorado di bagian barat daya. Lalu sungai itu akan mencapai Danau Mead di Arizona-Nevada. Setelah masuk ke wilayah Meksiko, sungai tersebut membentuk delta besar yang bermuara di Teluk California yang terletak di antara Baja California dan juga Sonora.

Itulah tadi ulasan mengenai daftar 5 sungai terpanjang di Amerika. Jadi walaupun terkenal sebagai negara adidaya namun Amerika masih memiliki wilayah air berupa sungai yang cukup panjang. Walau tak semuanya masuk ke dalam kategori sungai terpanjang di dunia namun tetap saja sungai tersebut bisa menjadi kebanggaan tersendiri dari negara maju tersebut.

Daftar Sungai Terpanjang di Amerika Serikat