Nama Lembah di Maluku yang Terkenal dengan Pemandangan Alamnya

Lembah di Maluku - Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki beberapa wilayah alam yang beragam. Salah satunya adalah Kepulauan Maluku yang memiliki beragam kondisi alam seperti gunung, pantai, atau lembah. Banyak lembah di Maluku yang terkenal yang patut Anda kenal. Lembah tersebut dapat Anda kunjungi jika Anda memiliki waktu luang sebagai destinasi wisata (lihat juga: Lembah yang Terkenal di Sumatera).

Lembah merupakan bentang alam yang dikelilingi pegunungan atau perbukitan. Luas lembah dapat mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk akibat proses alami. Lembah dapat berupa wilayah tanah atau gletser. Bentuk lembah dapat beragam, antara lain bentuk U dan bentuk V. Beberapa lembah yang terkenal di dunia contohnya adalah Grand Canyon di Amerika Serikat dan Ngarai Sianok di Indonesia, tepatnya Sumatera Barat.

Maluku merupakan salah satu provinsi yang berada di wilayah Indonesia timur. Maluku memiliki berbagai kondisi alam yang menawan, salah satunya lembah. Berikut merupakan lembah di Maluku yang terkenal.

1. Lembah Aliamato
Aliamato merupakan lembah yang berada di Maluku Tengah, tepatnya di Kampung Wulu. Lembah Aliamato berbatasan dengan Taman Nasional Manusela dan terbentang di Pegunungan Manusela. Lokasi lembah Aliamato tidak berjauhan dengan lembah Manusela yang berada di Taman Nasional Manusela.

2. Lembah Agro
Lembah Agro berada di Desa Passo. Passo merupakan salah satu desa di Kecamatan Baguala yang terletak di Kota Ambon. Lembah Agro saat ini telah dipadati oleh penduduk. Beberapa lahan di sekitar Lembah Agro dimanfaatkan oleh masyarakat setempat menjadi lahan pertanian dan pemukiman. Apabila Anda memasuki wilayah Lembah Agro, Anda dapat melihat berbagai pemandangan indah yang mengelilingi lembah (lihat juga: Lembah yang Terkenal di Sulawesi).

3. Lembah Manusela
Lembah Manusela adalah lembah yang terletak di Taman Nasional Manusela, Kecamatan Seram Utara. Taman nasional ini berada di Pulau Seram. Ketika berada di Lembah Manusela, Anda dapat melihat pemandangan yang sangat menakjubkan.

Bagian Batas Gunung
Utara Gunung Sapulete
Timur Gunung Amalia
Selatan Gunung Huale
Barat Gunung Murkel

Berdasarkan tabel tersebut, dapat diketahui bahwa perbatasan lembah Manusela di sebelah utara terdapat Gunung Sapaleta, di sebelah timur terdapat Gunung Amalia, di sebelah selatan terdapat Gunung Huale, dan di sebelah barat terdapat Gunung Murkel. Kondisi lembah Manusela terasa sangat sejuk karena berada di tengah gunung. Keindahan alam tidak hanya berupa lembah, tetapi juga laut yang menawan.

4. Lembah Waeapo
Salah satu lembah lain yang ada di Maluku adalah lembah Waeapo. Lembah ini berada di Pulau Buru, Maluku. Dulu Pulau Maluku dikenal sebagai lokasi tempat pengasingan terduga anggota PKI (Partai Komunis Indonesia). Para narapidana tidak hanya diasingkan tetapi juga disiksa. Mayat-mayat terduga anggota PKI ini dibuang di lokasi terdekat. Lembah Waeapo merupakan lokasi yang terkenal sebab menjadi tempat pembuangan narapidana yang diduga sebagai anggota PKI.

Tidak hanya memiliki wilayah lembah, Maluku memiliki banyak wilayah alam lainnya seperti gunung, bukit, sungai, pantai, dan dataran rendah. Gunung yang terkenal di Maluku adalah Gamsunoro dan Binaia, sedangkan bukit yang terkenal adalah Bukit Laguna dan Masbait. Di Maluku terdapat sungai Castelo dan Apu yang mengarah ke pantai Ngurbloat dan Ora. Dataran rendah di Maluku ada di Kei Kecil dan Maluku Tenggara.

Keempat lembah di atas merupakan contoh lembah di Maluku yang terkenal. Selain lembah, terdapat beberapa contoh kondisi alam lainnya yang ada di Maluku. Diharapkan informasi di atas dapat membantu.

Nama Lembah di Maluku yang Terkenal dengan Pemandangan Alamnya