4 Dataran Rendah di Maluku Beserta Karakteristiknya

Apa saja nama dataran rendah yang ada di Maluku? - Maluku adalah nama sebuah provinsi dengan wilayah berbentuk kepulauan yang terletak di kawasan Indonesia bagian timur. Sama seperti kebanyakan wilayah di Indonesia Timur, Kepulauan Maluku juga memiliki karakteristik kondisi geografis yang berbeda dengan kondisi geografis Indonesia bagian barat. Salah satunya adalah wilayah yang didominasi dataran rendah dan pantai. Meskipun begitu, di beberapa kepulauan di Maluku juga terdiri dari dataran tinggi, bukit dan pegunungan.

Secara umum, kondisi topografis di Kepulauan Maluku memang bervariasi. Namun kondisi topografi yang paling mendominasi adalah wilayah yang cukup datar dengan ketinggian tidak lebih dari 100m di atas permukaan laut. Ada juga wilayah dataran tinggi yang cukup banyak dijumpai di kepulauan Maluku.

Lalu, Apa nama dataran rendah di Kepulauan Maluku ? silahkan disimak penjelasan lengkapnya.

Maluku yang terdiri dari beberapa pulau kecil juga memiliki kondisi topografi beraneka ragam. Namun di setiap pulau kecil tersebut, daerah dataran rendah cukup banyak dijumpai. Untuk lebih mengenal kepulauan Maluku ini, berikut adalah beberapa nama dataran rendah di Maluku yang tersebar di seluruh bagian kepulauan.

1. Dataran rendah di Maluku Tenggara
Maluku Tenggara adalah salah satu gugusan kepulauan yang berada di Kepulauan Maluku. Kepulauannya terdiri dari Pulau Kei besar dan Pulau Kei Kecil. Dataran rendah yang ada di Gugusan Kepulauan Kei ini memang tidak terlalu besar karena hanya berupa jalur sempit yang ada di sepanjang pantai.

2. Dataran Rendah di Ambon
Ambon sendiri merupakan ibukota Provinsi Maluku. Diantara gugusan Kepulauan Maluku, Pulau Ambon berbatasan langsung dengan laut Banda. Meskipun begitu, kondisi Topografi di Kepulauan Maluku juga bervariasi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pulau Ambon ini juga terdiri dari pegunungan dan dataran rendah. Persebarannya pun tidak begitu luas karena hanya ada di wilayah sekitar pesisir pantai.

3. Dataran Rendah di Wilayah Maluku Utara
Kawasan dataran rendah juga terletak di daerah Maluku Utara. Di daerah ini, wilayah dataran rendahnya banyak berada di daerah Pulau Morotai. Disini wilayah dataran rendahnya juga berupa daratan yang berada di pesisir pantai.

4. Dataran Rendah di Wilayah Pulau Seram
Dataran rendah terakhir yang berada Kabupaten Maluku Tengah, yaitu tepatnya di wilayah Pulau Seram. Dataran rendah di Pulau Seram ini memiliki karakteristik dari kemiringan mencapai 0-3%.

Meskipun dataran rendahnya cukup luas dengan ketinggian kurang dari 500 m di atas permukaan laut, tapi keadaan topografinya demikian juga memberikan kentungan tersendiri bagi Pulau ini. Salah satunya adalah dengan adanya destinasi wisata alam yang memiliki keunikan karena terbagi ke dalam 4 kategori wilayah.

Yang perlu Anda ketahui juga adalah bahwa masyarakat tidak memberikan nama khusus untuk dataran-dataran rendah tersebut. Untuk lebih memahami kawasan dataran rendah yang ada di Kepulauan Maluku, penjelasan di atas dapat disimpulkan dalam tabel nama-nama dataran rendah di Pulau Maluku berikut ini:
Nama Dataran Rendah Karakteristik
Dataran Rendah di Maluku Utara Hanya berupa jalur sempit di pinggir pantai
Dataran Rendah di Ambon Tidak begitu luas, hanya di pesisir pantai
Dataran Rendah Maluku Utara Berada di pesisir pantai
Dataran Rendah Pulau Seram Tingkat kemiringan 0-3%, masuk dalam destinasi favorit wisatawan

Karakteristik dari topografi wilayah berbentuk dataran rendah adalah wilayah yang memiliki ketinggian tertentu tidak lebih dari 500 m di atas permukaan laut. Begitupun dataran rendah yang ada di Provinsi Maluku yang merupakan salah satu contoh dataran rendah yang ada di Indonesia.

Wilayah yang terdiri dari kepulauan ini juga terdiri dari banyak dataran rendah dengan karakteristik ketinggian tak lebih dari 100m di atas permukaan laut. Karena itu dataran rendah di Maluku biasanya berada di kawasan pesisir pantai.

Dimanakah sebenarnya letak Kepulauan Maluku? Ya, jika diperhatikan pada peta Indonesia ternyata letaknya sangat strategis. Kepulauan Maluku dibatasi oleh 3 pulau besar Indonesia yaitu Pulau Papua di sisi timur, Pulau Timor di sisi selatan, dan Pulau Sulawesi di sisi barat (khusus sulawesi lihat nama-nama dataran rendah di pulau sulawesi).

Jadi karena letaknya yang diapit 3 pulau besar inilah membuat bentang alamnya menjadi bervariasi, salah satunya adalah bentang alam dataran rendahnya. Keberadaan pulau-pulau kecil di Maluku sangat berhubungan dengan tektonik yang kompleks, sehingga pembentukan bentang alamnya menjadi lebih dinamis.

Soal yang terjawab dalam materi ini adalah: sebutkan nama-nama dataran rendah di maluku, jelaskan dataran rendah di kepulauan maluku, contoh dataran rendah yang ada di maluku, tuliskan nama dataran rendah di kepulauan maluku, apa nama dataran rendah di maluku, apa saja nama-nama dataran rendah pulau maluku, tuliskan nama dataran rendah maluku.
Update: Agustus 2021.
Komentar