Daftar Sungai Terpanjang di Malaysia dan Karakteristiknya

Apa saja nama sungai terpanjang di Malaysia? - Berada dalam satu wilayah atau kawasan, Malaysia memang dikenal memiliki bayak kemiripan dengan negara Indonesia, baik dari unsur budaya maupun alamnya. Sebut saja penggunaan bahasa melayu yang juga banyak digunakan di beberapa wilayah di Indonesia.

Dari segi kenampakan alam, Indonesia dan Malaysia juga memiliki beberapa kesamaan, misalnya sama-sama beriklim tropis dan memiliki banyak sungai. Malaysia juga memiliki beberapa sungai panjang yang mengalir membelah beberapa wilayahnya. Berikut ini adalah beberapa sungai terpanjang di Malaysia yang perlu Anda ketahui.

Beberapa wilayah negara Malaysia berada di satu wilayah dengan negara Indonesia. Karena itu Malaysia dan Indonesia juga berbagi kenampakan alam yang sama, salah satunya adalah sungai (lihat juga: Sungai Terpanjang di Indonesia). Beberapa sungai terpanjang di Malaysia berikut ini adalah sungai-sungai yang mengalir di sepanjang negara Malaysia dan juga menjadi pusat kebudayaan dan ekonomi di Malaysia.

1. Sungai Rajang
Urutan teratas sekaligus menjadi sungai paling panjang yang ada di Malaysia adalah Sungai Rajang. Sungai ini berada di wilayah negeri Serawak Malaysia. Memiliki panjang sekitar 563 km, sungai Rajang ini mengalir dari tengah Pulau Kalimantan menuju ke hilir di Laut China Selatan.

Sungai Rajang juga menjadi sarana transportasi utama sebagian penduduk Malaysia. Dengan menggunakan alat transportasi laut modern maupun tradisional, semua menjadi sungai ini menjadi jalur transportasi penting. Bagian hulu sungai ini dihuni oleh Suku Dayak yang juga menjadi suku pribumi negeri Serawak.

2. Sungai Kinabatangan
Posisi sungai paling panjang di Malaysia selanjutnya adalah Sungai Kinabatangan yang terletak di daerah Sabah. Sungai ini memiliki panjang 560 km dan mengalir dari hulu pegunungan di bagian barat Daya Sabah kemudian mengalir hingga berujung di Laut Sulu di sebelah timur Sandakan. Sungai Kinabatangan ini juga ditawarkan menjadi destinasi yang banyak diminati wisatawan untuk melihat lebih dekat tentang Sabah dan keanekaragamannya.

3. Sungai Pahang
Sungai selanjutnya yang masuk dalam daftar sungai paling panjang di Malaysia adalah Sungai Pahang yang memiliki panjang total 459 km. Sungai Pahang ini bersumber dari Gunung Titimangsa tepatnya pertemuan antara Sungai Jelai dan Sungai Tembeling dan berakhir di Laut China Selatan. Sungai Pahang ini juga menjadi pusat kebudayaan masyarakat Malaysia terutama Kerajaan Pahang karena ibukota kerajaan ini juga berada tepat di bantaran sungai Pahang.

4. Sungai Perak
Sungai Perak tercatat sebagai sungai paling panjang di semenanjung Malaysia. Sungai ini memiliki panjang total 400 km yang bermula dari hulu Perak menuju ke Beting Beras Basah yang berada di Bagan Datoh dan berakhir di Selat Malaka. Sungai Perak ini juga memiliki banyak anak sungai dimana pada jaman dahulu anak-anak sungainya menjadi pertambangan minyak paling besar. Kini, Sungai Perak menjadi sumber energi untuk beberapa pembangkit hidroelektrik.

Dari penjelasan di atas, daftar sungai-sungai terpanjang di Malaysia adalah sebagai berikut:

Nama Sungai Panjang
Sungai Rajang 563 km
Sungai Kinabatangan 560 km
Sungai Pahang 459 km
Sungai Perak 400 km

Sudah menjadi fakta umum bahwa sungai merupakan pusat peradaban bagi masyarakat. Daerah sekitar sungai yang subur serta aliran sungai yang bisa menjadi jalur transportasi membuat masyarakat bisa hidup di sekitar sungai (lihat disini: Sungai Terbesar di Dunia). Begitupun dengan beberapa sungai terpanjang di Malaysia di atas. Sungai-sungai di atas juga menjadi pusat kehidupan bagi masyarakat sekitarnya.

Daftar Sungai Terpanjang di Malaysia dan Karakteristiknya