Pemegang Rekor Sungai Terbesar di Dunia

Sungai Terbesar di Dunia - Pada dasarnya sungai sangat berperan penting bagi manusia karena sungai menyediakan sumber air minum, makanan dan menyediakan lahan subur. Selain itu sungai juga sebagai rumah bagi berbagai jenis hewan. Tidak hanya memberikan manfaat pada manusia dan hewan saja namun tumbuhan juga perlu air karena pada dasarnya manusia, tumbuhan dan hewan tidak bisa hidup tanpa air.

Sangat penting mengetahui properti dari sebuah sungai, oleh karena itu geologinesia.com akan mengulas salah satunya mengenai urutan pemegang rekor sungai terbesar di dunia untuk menambah wawasan geografi kita.

Berikut ini merupakan daftar pemegang rekor sungai terbesar di dunia secara berurutan:

1. Sungai Amazon
Sungai amazon merupakan sungai yang mempunyai panjang 8.992 kilometer dengan area dinase 7.050.000 kilometer persegi serta luas debit sekitar 209.000 meter kubik perdetik. Sungai amazon ini menjadi pemegang rekor Sungai Terbesar Di Dunia nomor satu. Selain itu sungai amazon merupakan rumah bagi hewan, pepohanan, tumbuhan dan jenis ikan yang ada di sana.

2. Sungai Nil
Sungai Nil merupakan sungai yang mengalir di sebelah negara yaitu kenya, sudan, Kongo, Burundi, Sudan Selatan, Uganda, dll. Sungai Nil mempunyai panjang 6.853 kilometer dan mempunyai area drainase sekitar 3.254.555 kilometer persegi serta mempunyai debit sekitar 2.800 meter kebik per detik. Sungai Nil merupakan sungai terbesar di dunia yang menduduki urutan nomer 2.

Lihat juga disini: Sungai Terpanjang di Dunia

3. Sungai Yangtze
Adapun sungai pemegang rekor sungai terbesar di dunia dengan menduduki nomer 3 yaitu sungai yangtze. Sungai yangtze merupakan sungai yang mempunyai daya tarik perhatian para wisatawan. Sungai yangtze berasal dari Cina Barat dam Tanggula pada sebuah provinsi yang bernama Qinhai. Sungai yangtze ini mempunyai panjang sekitar 6.300 kilometer dengan luas drainase sekitar 1.800.000 kilometer persegi dan debit dengan ukuran sekitar 31.900 meter kibuk per detik.

4. Sungai Mississippi
Sungai Mississippi merupakan sungai yang mempunyai panjang 6.2745 dengan luar drainase sekitar 2.980.000 dan debit rata-rata 16.200 meter kubik per detik. Sungai Mississippi ini sudah terkenal sebagai sungai yang terbesar nomer empat di dunia. Sungai Mississippi mengalir pada seluruh wilayah Amerika Serikat yang mengalir pada belokan berputar secara perlahan-lahan sejauh 2.320 mil ke selatan dan naik ke Minnesota Barat.

5. Sungai Yenisei
Sungai yenisei merupakan Sungai Terbesar Di Dunia yang berada pada urutan nomer lima dan sungai yang terbesar kedua di china. Sungai yenisei ini mempunyai panjang sekitar 5.539 dengan luas rainase sekitar 2.50.000 kilometer persegi dan debit rata-rata sekitar 19.600 meter kubik per detik.

Lihat juga disini tentang: Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

6. Sungai Kuning
sungai merupakan sungai yang mempunyai lumpur berwarna kuning dan merupakan Sungai Terbesar Di Dunia dengan urutan nomer enam. Mengapa sungai inidi sebut sungai kuning? Karena sebut sungai kuning karena airnya berlumpur berwarna kuning. Selain itu sungai kuning ini mampu membawa lumpur sekitar 1.6 juta ton yang sangat subur yang dapat membantu pertanian kapas dan gandum yang ada di China. Selain itu sungai kuning ini mempunyai panjang sekitar 5.464m. Sungai kuning juag mempunyai luas drainase 745.000 kilometer persegi serta mempunyai debit rata-rata sekitar 2.110 meter kubik per detik.

Sungai mempunyai banyak manfaat bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu penting bagi kalian untuk menjaga keindahan sungai yang ada di sekitar kita. Manusia, hewan maupun tumbuhan tidak bisa bertahan hidup tanpa adanya air, sehingga perlu menjaga keindahan dan kebersihan pada beberapa sungai terbesar di dunia ini.

Pemegang Rekor Sungai Terbesar di Dunia