Kondisi Geografis Pulau Bali : Letak, Iklim dan Topografi

Bagaimana kondisi geografis Pulau Bali? - Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang begitu terkenal di kalangan turis mancanegara sebagai destinasi wisata favorit untuk dikunjungi. Tak hanya di kalangan wisatawan mancanegara saja, Bali juga menjadi destinasi favorit wisatawan dalam negeri.

Pantai yang mempesona, pegunungan yang sejuk serta budaya yang tetap dijaga kelestariannya adalah daya tarik yang membuat para wisatawan selalu ingin kembali. Namun bagi Anda warga Indonesia, tahukah Anda tentang kondisi geografis pulau Bali ini? Jika belum, informasi di bawah ini akan membantu Anda mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang Pulau Bali dari sisi geografinya.

Dilihat dari aspek geografis, Pulau Bali sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Untuk lebih mengenal kondisi geografis Pulau Bali, berikut adalah kondisi yang paling khas yang cukup membedakannya dengan pulau lain.

1. Letak dan Luas Wilayah
Pulau Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusa Tenggara Barat (lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Jawa). Wilayah pulaunya memiliki luas sebesar 5.636km². Pulau Bali di bagian Timur berbatasan dengan Selat Lombok dan Pulau Nusa Tenggara Barat. Sedangkan di Barat berbatasan dengan Selat Bali dan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan di bagian Utara berbatasan dengan Laut Bali dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

2. Iklim
Bali dikenal sebagai surga tropis yang ada di Indonesia. Iklim Bali adalah iklim tropis dimana pergantian musimnya dipengaruhi oleh angin musim yang berubah setiap 6 bulan sekali. Sama seperti musim yang terjadi di Indonesia secara umum, Provinsi Bali mengalami musim penghujan pada Bulan Oktober-April dan musim kemarau mulai dari April hingga Oktober. Untuk curah hujan rata-rata di Bali adalah 127mm/bulan. Sedangkan temperatur udaranya bervariasi mulai dari 24°-38°C.

3. Kondisi Topografi
Secara umum kondisi topografi Bali juga bervariasi mulai dataran rendah, pantai, dataran tinggi dan pegunungan. Pegunungan di Bali membentang dari wilayah barat hingga timur pulau Bali. Ada beberapa gunung aktif yang ada di Bali seperti Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Abang dan Gunung Batukaru tinggi. Mayoritas penduduk Bali yang menganut agama Hindu mempercayai Gunung Agung sebagai gunung suci.

Selain gunung, kondisi geografis Bali juga ditandai dengan adanya 4 danau besar (lihat juga: Danau Terbesar di Dunia). Danau ini bahkan terletak di tengah pulau. Danau-danau itu antara lain adalah Danau Beratan atau juga dikenal dengan Danau Bedugul, Danau Batur, Danau Buyan, dan Danau Tamblingan.

4. Terdiri dari Beberapa Pulau Kecil di Sekelilingnya
Bali tidak hanya terdiri dari satu pulau besar saja, namun juga beberapa pulau-pulau kecil. Diantara pulau-pulau kecil yang terkenal di Bali antara lain adalah Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan dan beberapa pulau lain. Dengan kekayaan geografis ini, tak heran jika Bali selalu menjadi favorit destinasi bagi wisatawan, karena Bali juga seolah tak pernah habis untuk dieksplor.

Kondisi geografis di Bali ini bisa dirangkum dalam point khusus di bawah ini:
  • Letak dan Luas Pulau Bali: Luas 5.636 km² , Letaknya berada diantara Pulau Jawa dan Pulau nusa Tenggara Barat.
  • Iklim: Tropis, dengan curah hujan sekitar 127mm/bulan dan suhu mulai dari 24°-38°C.
  • Geografis Wilayah: Dikelilingi gunung aktif dan tidak aktif, Di bagian tengahnya terdapat danau besar, terdiri dari beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Kondisi geografis Pulau Bali yang beragam mulai dari dataran rendah hingga pegunungan membuat wilayah Bali memiliki potensi wisata yang sangat beragam pula. Dari kondisi ini jugalah yang dimanfaatkan oleh pemerintah Bali untuk mengembangkan destinasi wisata sebagai salah satu sumber devisa.

Kondisi Geografis Pulau Bali : Letak, Iklim dan Topografi