#7 Bagian-Bagian Matahari dan Fungsinya

Bagian-Bagian Lapisan Matahari - Matahari merupakan sebuah sumber energi yang paling besar yang berhubungan dengan keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Energi matahari sudah menjadi salah satu hal wajib dalam menopang kehidupan makhluk di bumi.

Tanpa adanya matahari, semua kehidupan di bumi pasti akan musnah dan mati. Sama halnya atmosfer bumi, lapisan matahari ternyata mempunyai bagian-bagian dengan karakteristik yang berbeda-beda. Pada kesempataan ini geologinesia akan membahas tentang matahari khususnya pada bagian-bagian dari matahari. Yuk, disimak.

Daftar isi

Apa itu Matahari?

bagian lapisan matahari


Sebelum membahas bagian-bagian dari matahari, sebaiknya kita wajib memahami apa sebenarnya matahari itu?. Matahari adalah sebuah bintang karena mendapatkan sinar panas dari dirinya sendiri.

Sebagai bintang, matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi sehingga keberadaan matahari seolah sangat besar dan sangat dekat dengan bumi dibandingkan dengan bintang-bintang lain pada malam hari. Pelajari juga bumi sebagai planet terestrial.

Perlu diketahui bahwa matahari sendiri berbentuk seperti sebuah bola raksasa. Bola ini tidak mempunyai permukaan yang padat karena dibentuk dari medan magnet dan perpaduan aneka macam gas.

Gas yang paling banyak mendominasi dalam matahari adalah hidrogen. Beberapa gas lain yang juga terkandung di dalam matahari adalah gas oksigen, gas helium, gas karbon, gas neon, gas besi dan gas-gas yang lain.

Matahari dapat mengeluarkan sinar dan energi karena adanya reaksi antara dua inti atom yang bergabung dan membentuk sebuah inti yang lebih besar. Inti inilah yang melepaskan energi membuat seolah matahari dan bintang bersinar-sinar.

Reaksi ini pula yang selanjutnya disebut reaksi nuklir. Sehingga sebuah ledakan nuklir saja sudah bisa memporak porandakan bumi. Panas matahari merupakan salah satu sumber energi yang ada di bumi yang sifatnya primer bagi kelangsungan kehidupan makhluk bumi.

Bagian-Bagian Matahari

Perlu diketahui bahwa lapisan matahari sesungguhnya terbagi dari beberapa bagian layaknya bumi. Setiap bagian-bagian matahari memiliki fungsinya masing-masing. Di bawah ini adalah bagian-bagian dari matahari lengkap dengan fungsinya, yaitu:

bagian-bagian matahari

1. Inti Matahari

Matahari mempunyai sebuah inti yang berada pada bagian matahari yang paling dalam. Inti atau pusat matahari ini memiliki suhu kurang lebih 15 juta derajat celcius atau diatas 27.000.000 derajat fahrenheit. Inti matahari menyimpan sumber energi matahari yang paling utama. Di dalam inti matahari terdapat neutron, proton dan elektron.

Neutron adalah atom yang bermuatan netral. Proton adalah atom yang bermuatan positif. Sedangkan elektron adalah atom bermuatan negatif. Pembagian atom-atom menjadi beberapa bagian ini sebagai akibat dari suhu dan tekanan yang sangat tinggi.

Reaksi nuklir juga terjadi di inti matahari. Inti matahari berada sekitar 502 ribu km di bawah permukaan matahari. Diameter inti matahari ini sekitar 386 ribu km.

2. Zona Radiasi

Bagian-bagian matahari yang selanjutnya adalah zona radiasi. Zona ini adalah sebuah zona yang menyelubungi matahari. Suhu yang dimiliki oleh lapisan ini mencapai dua juta hingga tujuh juta derajat celcius. Zona radiasi ini berfungsi untuk menjadi pendistribusi energi.

Energi yang sebelumnya terbentuk pada inti matahari selanjutnya diedarkan ke seluruh bagian permukaan matahari dengan memanfaatkan foton yang terkandung dalam lapisan ini. Foton sendiri adalah radiasi yang dihasilkan oleh reaksi antara hidrogen dan helium. Zona ini mengisi kurang lebih 45 persen dari keseluruhan radius matahari.

3. Zona Konvektif

Lapisan selanjutnya yang menjadi bagian-bagian matahari adalah zona konvektif. Zona ini berbeda dengan zona radiasi karena memiliki suhu yang lebih rendah dan sudah mulai menurun. Suhu luar yang dimiliki zona ini sekitar dua juta derajat celcius.

Zona Konvektif menempati hingga 30 persen dari keseluruhan radius matahari. Zona ini mengandung sebuah arus konveksi yang digunakan untuk membawa energi pada lapisan atmosfer bumi (lihat: urutan lapisan atmosfer dari yang paling dekat dengan bumi). Arus ini membawa foton lebih cepat dibandingkan dengan arus di dalam zona radiasi.

4. Photosphere

Photosphere adalah sebuah pemisah antara zona inti, zona radiasi dan juga zona konveksi. Bagian photosphere inilah yang dapat dilihat oleh mata manusia. Sinar dan cahaya matahari yang diterima oleh bumi selanjutnya diradiasikan oleh lapisan photosphere. Pelajari juga mengenai ciri-ciri planet jupiter.

Lapisan ini merupakan bagian-bagian matahari yang memancarkan cahaya sangat kuat dan sebagian cahayanya bahkan sampai ke dalam bumi. Suhu yang dimiliki lapisan ini mencapai 6000 derajat celcius. Ketebalan lapisan photoshepere berkisar 500 km.

5. Kromosfer

Kromosfer (Chromosphere) merupakan sebuah lapisan yang letaknya berada di bagian atas photosphere. Suhu yang dimiliki lapisan ini mencapai 50 ribu derajat celcius. Lapisan ini berada di atas lapisan terdingin dari matahari.

Radius dari Kromosfer adalah 2000 km yang sebagian besarnya terdiri dari spektrum emisi cahaya dan juga jalur penyerapan. Pada saat terjadi gerhana matahari, barulah lapisan Kromosfer ini akan terlihat oleh manusia. Pada saat gerhana matahari total, Kromosfer akan terlihat sebagai cahaya kemerahan.

6. Korona

Korona merupakan lapisan terluas dari seluruh bagian matahari. Jika dihitung dengan perbandingan maka volume korona sendiri lebih luas dibandingkan dengan volume matahari.

Temperatur yang dimiliki oleh rata-rata lapisan korona ini adalah 1 juta - 2 juta derajat Kelvin namun temperatur ini sewaktu-waktu dapat berubah lebih panas bahkan sampai pada angka 8 juta - 20 juta derajat Kelvin.

7. Heliosphere

Bagian-bagian matahari yang terakhir adalah heliosphere. Bagian ini berada di luar atmosfer matahari yang sangat tipis. Lapisan ini berisi plasma angin matahari.

Pertanyaan yang terjawab dari materi ini adalah: bagian bagian matahari, lapisan matahari, apa saja bagian-bagian matahari, sebutkan bagian-bagian dari matahari, jelaskan bagian-bagian matahari, jelaskan tentang bagian-bagian matahari, sebutkan bagian bagian dari matahari, jelaskan bagian bagian dari matahari.
Update: Agustus 2021.
Komentar