Angin Muson Timur : Penyebab Terjadinya Serta Dampak Positif dan Negatifnya

angin muson timur
Angin Muson Timur - Indonesia adalah negara kepulauan dimana didalamnya terdapat banyak sekali pulau-pulau. Dan tentunya letak geografis Indonesia saat dilihat melalui peta maka Anda dapat melihat bahwa Indonesia diapit oleh adanya dua Samudera. Tentunya dua samudera tersebut tidak lain adalah samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selain itu Indonesia juga letaknya diapit oleh dua benua sehingga menyebabkan adanya berbagai macam angin yang berhembus di Indonesia.

Saat kita membahas terkait angin yang berhembus di Indonesia maka Anda akan mengetahui bahwa di Indonesia terdapat dua angin muson. Dua angin muson tersebut adalah angin muson barat dan angin muson timur. Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai angin muson timur. Anda akan mengetahui lebih banyak lagi nantinya terkait dengan angin muson timur yang ada di Indonesia.

Pengertian Angin Muson Timur Beserta Proses Terjadinya

Angin muson timur sendiri merupakan suatu angin yang berhembus di Indonesia pada bulan April hingga bulan Oktober setiap tahunnya. Angin muson timur sendiri adalah angin yang hembusannya berasal dari benua australia menuju benua Asia. Jadi hampir semua negara-negara yang ada di benua asia, dapat merasakan jenis angin yang satu ini.

Angin muson timur sendiri datang di Indonesia di pengaruhi oleh adanya kedudukan matahari serta letak Indonesia yang sangat strategis. Adapun proses terjadinya angin muson timur sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:

Kedudukan Matahari Di Bumi Bagian Utara
Tentunya kita sudah ketahui bersama bahwasanya bumi sendiri mengalami rotasi dan juga revolusi bumi yang mengelilingi matahari. Di periode bulan April hingga bulan Oktober tentunya posisi matahari sendiri berada dekat dengan Bumi bagian utara. Hal tersebut menyebabkan Benua Asia mengalami suhu yang sangat panas.

Tekanan Maksimum Ada di Benua Australia
Dengan adanya kejadian seperti yang telah disebutkan diatas maka Benua Australia kemudian memiliki tekanan yang maksimal. Sedangkan Benua Asia sendiri memiliki tekanan minumum. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa daerah yang memiliki penyinaran lebih tinggi dari matahari akan memiliki tekanan yang lebih rendah nantinya.

Udara Bergerak Dari Tekanan Tinggi Ke Rendah
Pada umumnya sifat dari angin muson timur sendiri adalah bergerak dari tekanan tinggi menuju yang lebih rendah. Sehingga angin muson timur berhembus dari Benua Australia menuju ke Benua Asia.

Maka jika hal tersebut telah berlangsung akan menimbulkan adanya angin muson timur. Nah dari adanya sifat-sifat angin yang dibawa dari Benua Australia ke Benua Asia yang kering akan menyebabkan terjadinya musim kemarau.

Dampak Dari Adanya Angin Muson Timur

Dampak Positif
Adapun dampak positif dari adanya angin muson timur adalah bidang pariwisata di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Karena dengan cuaca yang cukup cerah dengan adanya musim kemarau maka tentunya para wisatawan lebih senang untuk berkunjung. Selain itu juga aktivitas luar ruangan yang bisa Anda lakukan bisa lebih maksimal dan tentunya transportasi menjadi lebih lancar lagi.

Dampak Negatif
Dari adanya musim kemarau yang disebabkan oleh adanya angin muson timur maka tentunya cuaca akan menjadi lebih panas. Hal tersebut dapat menyebabkan adanya dehidrasi yang dialami oleh penduduk. Sehingga penduduk perlu untuk mengkonsumsi minuman yang bisa menyegarkan diri mereka dan tentunya dapat memulihkan dehidrasi yang dialami.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa angin muson timur adalah angin yang bergerak membawa sifat kering dari Benua Australia ke Benua Asia. Dan tentunya dengan adanya hembusan angin muson timur akan menyebabkan terjadinya musim kemarau di Indonesia.

Dengan adanya musim kemarau tersebut tentunya akan menimbulkan dampak positive maupun negatif bagi negara yang mengalaminya. Dimana dari masing-masing dampak tersebut tidak ada dampak yang terlalu merugikan masyarakat pada umumnya.

Angin Muson Timur : Penyebab Terjadinya Serta Dampak Positif dan Negatifnya