Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Turki serta Keuntungannya

Negara Turki menjadi salah satu negara yang amat terkenal dengan wisatanya. Bahkan beberapa tahun belakangan ini sudah ada jutaan wisatawan dari seluruh dunia yang berkunjung ke Turki. Hal ini tentu karena keindahan alam dan bangunan yang ada di sana dimana merupakan gabungan dari kultur Eropa dan juga Timur Tengah. Beberapa destinasi wisata di Turki yang amat dikenal di dunia diantaranya Blue Mosque, Cappadokya hingga Topkapi Palace (lihat disini tampilan jelas Peta Turki).

Letak Astronomis Turki

Turki di dalam bahasa Inggris adalah "Turkey" yakni negara yang ada di kawasan Eurasia. Ya, negara ini ada di benua Eropa dan benua Asia (lihat disini Peta Benua Eropa dan Peta Benua Asia). Tidak heran jika Turki disebut dengan negara Trans-kontinental atau transbenua. Berikut ini letak astronomis Turki:
  • Dari segi garis lintangnya, Turki berada di 33 derajat Lintang Utara sampai 43 derajat Lintang Utara.
  • Dari segi garis bujurnya, Turki berada di 25 derajat Bujur Timur sampai 45 derajat Bujur Timur.

letak astronomis, geografis, dan geologis turki

Letak Geografis Turki

Negara Turki memiliki wilayah yang cukup besar yakni dengan luas mencapai 783.562 km2. Untuk sistem pemerintahan yang ada di Turki adalah menganut Republik Parlementer dimana kepala negaranya adalah Presiden dan untuk kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri. Tercatat penduduk Turki saat ini adalah 80.274.604 jiwa dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam. Berikut ini letak geografis Turki:
  • Di bagian Barat Daya, negara Turki berbatasan langsung dengan negara Bulgaria.
  • Di bagian Barat, negara Turki berbatasan langsung dengan negara Yunani serta Laut Aegea.
  • Di bagian Timur serta Timur Laut, negara Turki berbatasan langsung dengan negara Suriah dan negara Irak.
  • Di bagian Selatan, negara Turki berbatasan langsung dengan Laut Mediterania.
  • Di bagian Utara, negara Turki berbatasan langsung dengan Laut Hitam.

Letak Geologis Turki

Wilayah Turki sendiri terbentang mulai dari semenanjung Anatolia di bagian Asia Barat Daya sampai wilayah Balkan di benua Eropa bagian Tenggara. Berikut ini beberapa hal penting tentang letak geologis Turki:
  • Turki wilayah Asia dan Turki wilayah Eropa terpisah oleh Laut Marmara, selat Bosporus dan selat Dardanella (baca mengenai apa itu selat).
  • Kondisi alam di Turki sendiri mayoritas berupa pegunungan dimana ada dua pegunungan utama yang melintas dari timur ke barat. Pada bagian utara ada Pegunungan Anatolia Utara yang mengikuti kawasan pantai Laut Hitam. Sedangkan di bagian selatan ada Pegunungan Taurus dimana mengikuti pantai Laut Mediterania.
  • Di Turki juga ada dataran tinggi (lihat tentang manfaat dataran tinggi) yang utama yakni dataran tinggi Anatolia dimana letaknya adalah di antara Pegunungan Taurus dan Pegunungan Anatolia Utara.
  • Ada beberapa sungai yang terkenal di Turki yakni sungai Sakarya dan Sungai Kizil Irmak (lihat mengenai sungai terpanjang di dunia) dimana mengalir lewat Turki Asia menuju ke Laut Hitam.
  • Di Turki juga ada beberapa danau terbesar yang banyak dikunjungi wisatawan takni Danau Van dan juga Danau Tuz dimana keduanya adalah danau asin.

Keuntungan Letak Geografis Turki

Berdasarkan letak astronomis, geografis dan juga geologis dari negara Turki, berikut ini beberapa keuntungannya untuk negara ini:
  • Sebagian negara Turki ada di benua Asia dan sebagian lagi ada di benua Eropa sehingga menjadikan perdagangan di Turki amat berkembang karena bisa memiliki pasaran di dua benua.
  • Laut Marmara, selat Bosporus dan selat Dardanella menjadi pemisah bagian Turki di dua benua dimana kawasan ini adalah jalur laut tersibuk dan juga potensial untuk jalur dagang dunia.

Itulah ulasan singkat tentang negara Turki dan kondisi alamnya. Tentunya dengan adanya ulasan ini maka pengetahuan Anda tentang negara Turki pun makin bertambah.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Turki serta Keuntungannya