Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Eropa serta Keuntungannya

Benua Eropa menjadi benua yang amat dikenal di seluruh dunia dengan banyaknya negara maju yang ada di sana. Benua ini bahkan menjadi salah satu patokan kemakmuran lantaran kondisi perekonomian yang ada di negara-negaranya yang bagus. Bisa dibilang, benua Eropa cukup mendominasi dalam segala hal di dunia. Tentu hal ini menjadikan benua Eropa menarik untuk dicari tahu lebih dalam (lihat disini secara jelas Peta Eropa).

Letak Astronomis Benua Eropa

Benua Eropa merupakan gabungan beberapa semenanjung. Untuk semenanjung terbesarnya adalah di daratan utama Eropa dan juga Skandinavia yang terhubung oleh Laut Baltik. Untuk tiga semenanjung lainnya dengan ukuran kecil yakni Italia, Iberia dan Balkan yang ada di kawasan selatan dan menghadap ke arah Laut Mediterania. Letak astronomis benua Eropa:
  • Dari segi garis lintangnya, benua Eropa berada di 34 derajat Lintang Utara sampai 71 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, benua Eropa berada di 9 derajat Bujur Barat sampai 66 derajat Bujur Timur.

letak astronomis, geografis, dan geologis benua eropa

Letak Geografis Benua Eropa

Wilayah benua Eropa terbentang mulai Tanjung Utara yang ada di Norwegia hingga Pulau Kreta yang ada di Laut Merah. Untuk luas benua Eropa yakni kurang lebih 10.531.623 km2 dan terbagi menjadi wilayah Eropa Utara, wilayah Eropa Selatan, wilayah Eropa Timur dan juga wilayah Eropa Barat. Berikut ini letak geografis benua Eropa:
  • Di bagian utara, benua Eropa berbatasan langsung dengan Samudera Arktik.
  • Di bagian Barat, benua Eropa berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik.
  • Di bagian Timur, benua Eropa berbatasan langsung dengan Sungai Ural, Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.
  • Di bagian Selatan, benua Eropa berbatasan langsung dengan Laut Hitam, Laut Tengah dan Pegunungan Kaukasus.

Letak Geologis Benua Eropa

Wilayah benua Eropa memiliki topografi yang amat bervariasi dengan meliputi dataran tinggi pada wilayah utara dan barat laut, serta dataran rendah pada bagian timur dan tengahnya. Selain itu ada juga wilayah pegunungan pada wilayah barat dan selatan. Berikut ini penjelasan letak geologis benua Eropa:
  • Dataran tinggi (baca disini mengenai pengertian dataran tinggi) kawasan barat laut dimana membentang mulai dari Britania yang ada di Perancis barat dan Skandinavia ke Samudera Arktik. Wilayahnya sendiri adalah pegunungan berbatu dan lembah yang dalam.
  • Dataran rendah yang ada di Perancis yakni lembah Garone hingga ke Pegunungan Ural.
  • Daerah pegunungan yang meliputi Pegunungan Alpen dimana membentang mulai dari Spanyol sampai Kaukasus.
  • Untuk titik tertinggi yang ada di benua Eropa yakni Gunung Elbrus yang berlokasi di Rusia. Sedangkan titik terendah adalah di Laut Kaspia.
  • Di benua Eropa ada beberapa sungai utama yakni Sungai Thames, Sungai Rhein, Sungai Donau dan Sungai Wolga (lihat mengenai sungai terpanjang di dunia). Sedangkan danau yang terkenal seperti Danau Ladoga, Danau Onega dan Danau Kaspia (lihat juga mengenai danau di Indonesia).

Keuntungan Letak Geografis Benua Eropa

Jumlah penduduk Eropa adalah sekitar 750 juta jiwa. Mayoritas masyarakatnya adalah berkulit putih dimana terbagi menjadi kelompok Nordik, Alpen, Dinara, Mediterania hingga Slavia. Berikut ini beberapa keuntungan letak geografis benua Eropa:
  • Perekonomian yang ada di kawasan Eropa sangat maju dan berkembang karena memiliki struktur alam yang beragam sehingga pertanian, perdagangan hingga peternakan maju pesat.
  • Jalur perdagangan di benua Eropa juga sangat potensial karena dekat dengan Asia dan Amerika. Tidak heran jika dunia industri di Eropa juga sangat maju.

Itulah sekilas informasi terkait benua Eropa. Benua Eropa juga kerap dikenal dengan Benua Biru. Alasannya adalah karena banyaknya kerajaan di Eropa zaman dulu.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Eropa serta Keuntungannya