Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Australia serta Keuntungannya

Benua Australia menjadi benua yang letaknya sangat dekat dengan Indonesia. Hubungan Indonesia dengan Australia pun juga cukup baik yang dibuktikan dengan banyaknya kerjasama. Bahkan sudah tak terhitung berapa banyak pelajar dari Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di benua yang satu ini. Australia pun juga memiliki berbagai destinasi wisata ikonik sehingga tak heran banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk bisa berkunjung ke Benua Kanguru ini (lihat disini Peta Benua Australia).

Letak Astronomis Benua Australia

Perlu diketahui jika benua Australia adalah benua yang terkecil di dunia. Luas dari benua Australia yakni 8,6 juta km2. Untuk jumlah penduduk di benua Australia adalah 35 juta jiwa. Beberapa orang menganggap benua Australia juga mencakup kawasan Oceania, namun hal ini masih menjadi perdebatan dikalangan pakar geografi.

Benua Australia mencakup daratan Australia yang utama, pulau di Papua Nugini dan juga pulau kecil di sekitarnya. Berikut ini letak astronomis Benua Australia:
  • Dari segi garis lintangnya, benua Australia berada di 10 derajat Lintang Selatan sampai 43 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, benua Australia berada di 113 derajat Bujur Timur sampai 153 derajat Bujur Timur.

Lihat juga disini mengenai: Letak Astronomis Benua Asia

letak astronomis, geografis, dan geologis benua australia

Letak Geografis Benua Australia

Secara geografisnya, hanya ada 3 negara di benua Australia yaitu Australia, Papua Nugini, serta sebagian dari wilayah Indonesia saja. Meski demikian, jika dihitung negara di kawasan Oceania maka untuk total keseluruhan negaranya adalah 14 negara. Berikut ini letak geografis benua Australia:
  • Di sebelah utara benua Australia berbatasan langsung dengan Selat Flores, Papua Nugini, Laut Arafuru dan juga Laut Timor.
  • Di sebelah barat benua Australia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.
  • Di sebelah timur benua Australia berbatasan langsung dengan Laut Tasman, Samudera Pasifik dan juga Laut Koral.
  • Di sebelah selatan benua Australia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Letak Geologis Benua Australia

Benua Australia letaknya ada di bagian bumi timur, belahan bumi selatan. Letak inilah yang menjadikan Australia juga kerap disebut dengan "benua bawah". Untuk alam Australia sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Berikut ini letak geologis benua Australia:
  • Daerah bagian timur Australia diisi dengan barisan pegunungan memanjang mulai dari Tanjung York di bagian utara hingga ke Pulau Tasmania.
  • Daerah bagian barat Australia diisi dengan dataran tinggi yang biasa disebut Perisai Australia. Mayoritas wilayah bagian barat dan tengah adalah gurun pasir yakni Gurun Gibson serta gurun Victoria (lihat disini gurun terluas di dunia).
  • Daerah tengah di antara pegunungan timur dan dataran tinggi barat adalah lembah Murray Darling serta dataran rendah Danau Eyre. Danau Eyre ini pun menjadi danau yang paling besar di Australia.

Keuntungan Letak Geografis Benua Australia

Benua Australia memiliki dua iklim yakni iklim tropis serta iklim sedang dimana terbagi dalam dua zona. Berikut ini keuntungan letak geografis Benua Australia yang perlu Anda tahu:
  • Banyaknya kawasan subur di Australia menjadikan pertanian dan juga peternakan adalah keunggulan di benua Australia. Tentu Anda tahu jika Australia selalu ekspor sapi dan gandum terbesar.
  • Letaknya berhubungan dengan kawasan Oceania dan juga Asia dimana menjadi jalur perdagangan penting dan sibuk.
  • Australia pun juga memiliki kekayaan tambang dan juga banyak cadangan energi sehingga menjadikannya negara industri. Beberapa kekayaan tambang seperti minyak bumi (lihat mengenai destilasi minyak bumi), bijih besi dan lain sebagainya.

Itulah sekilas tentang letak astronomis, letak geografis dan letak geologis benua Australia. Mengapa harus kita ketahui? karena Indonesia memiliki kedekatan yang sangat baik dengan Australia karena kerjasamanya dalam berbagai bidang.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Australia serta Keuntungannya