Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Papua Nugini serta Keuntungannya

Papua Nugini mungkin memang tidak seterkenal negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Indonesia atau Singapura. Negara yang merupakan bagian dari negara-negara Oseania ini terletak di bagian timur Pulau Papua (lihat disini Peta Papua Nugini). Negara yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan Papua New Guinea ini memiliki banyak bahasa lokal asli, yakni kurang lebih sebanyak 850 bahasa.

Meskipun jumlah penduduknya kurang lebih hanya sebesar 6 juta penduduk, namun bahasa lokal yang sebanyak itu berasal dari komunitas-komunitas kecil yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah karakteristik fisik yang dimiliki oleh negara Papua Nugini.

Letak Astronomis Papua Nugini

Faktor utama yang menentukan kondisi fisik dari suatu negara adalah letak astronomisnya. Letak astronomis suatu negara ini dilihat berdasarkan letaknya terhadap garis lintang dan garis bujur. Letak negara berdasarkan garis lintang akan menentukan kondisi iklim di negara tersebut (lihat ciri ciri iklim tropis). Sedangkan letak negara berdasarkan garis bujur mempengaruhi pembagian waktu di negara tersebut. Untuk negara Papua Nugini, letaknya berada di Garis Lintang Selatan dan berada di Garis Bujur Timur. Lebih lengkapnya letak astronomis Papua Nugini adalah sebagai berikut:
  • Papua Nugini terletak pada 1°LS-12° LS
  • Dari garis bujur, Papua Nugini terletak pada garis 141° BT- 157° BT

letak astronomis, geografis dan geologis papua nugini

Letak Geografis Papua Nugini

Selain letak astronomis, letak geografis juga menjadi karakteristik dari suatu negara. Letak geografis ini adalah kenampakan nyata suatu negara di bumi. Bisa dilihat berdasarkan fitur geografi yang membatasinya atau fitur-fitur geografi yang ada di dekatnya.

Berdasarkan letak geografisnya, Papua Nugini memiliki luas wilayah sebesar 462.840 km2 yang mencakup lebih dari 600 buah pulau. Negara ini memiliki letak geografis yang berdampingan dengan beberapa negara dan beberapa figur geografis seperti:
  • Utara: berbatasan langsung dengan samudera Pasifik
  • Selatan : Berbatasan langsung dengan Laut Torres dan Laut Koral
  • Barat: Provinsi Papua
  • Timur: berbatasan dengan Samudera Pasifik

Lihat disini tampilan Peta Indonesia dan Peta Australia untuk memahami letak geografis Papua Nugini.

Letak Geologis Papua Nugini

Letak geologis negara Papua Nugini juga tidak jauh beda dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Struktur geologi di Papua Nugini terbilang cukup kompleks. Negara Papua Nugini merupakan hasil dari subduksi Lempeng Pasifik dan Lempeng Australia (lihat tentang tektonik lempeng). Karena adanya proses tersebut menyebabkan kondisi geologi Papua Nugini dibagi ke dalam 3 buah provinsi tektonik, yaitu Dataran bagian selatan, Bagian Tepi Lempeng Pasifik dan New Genuniena Mobile Belt.  Keadaan ini menyebabkan wilayah Papua Nugini didominasi oleh daratan, rawa-rawa dan didasari oleh batuan sedimen klastis.

Keuntungan Letak Geografis Papua Nugini

Karena kondisi geografisnya yang tak jauh berbeda dengan negara Indonesia, terutama wilayah Provinsi Papua, maka negara Papua Nugini juga memiliki keuntungan yang hampir sama dengan keadaan geografis di Indonesia. Beberapa keuntungan itu antara lain sebagai berikut:

1. Kekayaan Flora dan Fauna
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sekitar 80% daratan Papua Nugini terdiri dari hutan rimba yang lebat (lihat ciri ciri hutan hujan tropis). Karena itulah maka tak heran jika Papua Nugini memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam. Bahkan berdasarkan penelitian menyebutkan jika sebesar 5% spesies flora dan fauna dunia ada di Papua Nugini.

2. Hasil Hutan dan Tambang yang Melimpah
Tidak hanya berpengaruh pada melimpahnya flora dan Fauna saja, letak geografis Papua Nugini juga memberikan keuntungan pada roda perekonomian masyarakatnya. Dengan letaknya ini, mayoritas penduduk Papua Nugini mengandalkan hasil hutan dan tambang sebagai komoditas perekonomiannya.

Itulah penjelasan lengkap tentang negara Papua Nugini mulai dari letak astronomis, geografis dan geologisnya serta keuntungan dari letak geografis dari negara tersebut.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Papua Nugini serta Keuntungannya