Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Jepang serta Keuntungannya

Jepang menjadi salah satu negara yang cukup maju di Asia Timur. Hal ini tidak terlepas dari kemajuan pendidikan serta Ipteknya. Karena terletak di pertemuan lempengan kerak bumi, membuat kondisi tanahnya labil dan sering terjadi gempa yang memicu tsunami (lihat tsunami tertinggi di dunia). Meski cukup rawan, namun masyarakatnya sudah membiasakan diri dengan kondisi tersebut dan memiliki kesadaran yang cukup tinggi.

Sejarah Jepang juga tidak lepas dari Indonesia serta memiliki hubungan bilateral yang erat. Kebudayaan di negara ini juga beragam dengan kekhasan yang unik mulai dari baju hingga pakaian adatnya. Musim sakura di Jepang juga mengundang perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung kesana (lihat disini Peta Jepang).

Letak Astronomis Jepang

Jepang dilalui oleh jalur rangkaian gunung api Asia Pasifik yang cukup aktif. Wilayah ini mungkin terlihat berbahaya namun sebenarnya memberikan banyak keuntungan terutama dari segi pertanian dan perikanan. Jika dilihat dari garis khayal yang membentang diatas negara ini, letak astronomis Jepang adalah:
  • Dilihat dari penampang garis lintang yang terbentang dari utara ke selatan 30°LU - 47°LU
  • Dilihat dari garis bujur yang melalui wilayah Jepang dari barat ke timur 128°BT - 146°BT

Negara ini memiliki karakter wilayah yang menyerupai Indonesia dengan beberapa pulau besar dan kecil. Batas lautnya pun cukup luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk pertahanan serta mata pencaharian penduduk sekitar.

letak astronomis, geografis, dan geologi jepang

Letak Geografis Jepang

Luas wilayah yang dimiliki oleh Jepang berkisar 376.520 km2 yang terdiri dari ribuan pulau kecil dan empat pulau besar yaitu Hokkaido, Honsu, Shikoku, dan Kyusu. Negara ini berbentuk monarki konstitusional yang dipimpin oleh perdana menteri. Ibukotanya berada di tokyo. Kepadatan penduduk di negara ini bisa dikendalikan meski untuk beberapa kota besar jumlah penghuninya cukup banyak dibanding dengan daerah pedesaan. Jika dilihat secara geografis, letak dari negara ini adalah:
  • Sebelah barat berbatasan dengan laut jepang dan selat korea
  • Sebelah timur berbatasan dengan samudra pasifik
  • Sebelah utara berbatasan dengan laut Okhstosk
  • Sebelah selatan berbatasan dengan laut filipina dan laut cina timur

Lihat disini tampilan Peta Korea Selatan dan Peta China untuk memahami letak geografis Jepang.

Letak Geologis Jepang

Wilayah dari negara ini memiliki karakter yang berbeda-beda, diantaranya berupa pegunungan, dataran tinggi (lihat karakteristik dataran tinggi), dan kepulauan. Namun, sebagian besar daerahnya berupa daratan yang dimanfaatkan sebagai pemukiman dan lahan bercocok tanam. Selain itu, daerah pegunungan juga memiliki kesuburan yang cukup tinggi meski ada gunung yang masih aktif. Letak geologis dari negara ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:
  • Dataran tinggi yang berada di sekitar gunung fuji dan gunung berapi lainnya yang berada di pulau Honshu
  • Dataran rendah seperti dataran rendah Kwanto, Kinki, dan Nobi
  • Daerah pantai yang lokasi terbesarnya ada di Danau Bima Kyoto

Keuntungan Letak Geografis Jepang

Masyarakat dunia mengenal Jepang sebagai negara yang menawarkan keindahan bentang alamnya dan keragaman budaya. Ini semua berkaitan erat dengan kondisi geografis yang sudah dijelaskan diatas. Adapun keuntungan lain yang dimiliki oleh negara ini adalah:

1. Memiliki 4 musim
Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki 4 musim setiap tahunnya yaitu panas, semi, gugur, dan salju. Setiap kawasan memiliki rentan yang berbeda, ada yang musim panas lebih lama dan sebaliknya.

2. Perekonomian yang maju
Negara ini menganut sistem ekonomi bebas yang sangat menunjang produksi beberapa barang elektronik. Selain itu pertambangan dan pertaniannya juga cukup maju. Jumlah ikan di perairan Jepang juga melimpah sehingga banyak penduduknya yang berprofesi sebagai nelayan.

3. Kebudayaan yang beragam
Harajuku, kabuki, origami, budaya minum teh, dan kimono merupakan beberapa budaya yang masih terpelihara hingga saat ini. Wilayahnya yang terbagi menjadi beberapa perfektur membuat masing-masing daerah memiliki budaya sendiri yang menunjukkan kekhasannya.

Dengan mempelajari letak astronomis, geografis, dan geologis Jepang, semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada Anda mengenai salah satu negara di benua Asia ini (lihat disini Peta Asia). Jepang menjadi salah satu negara yang wajib dicontoh karena berhasil menembus pasar global dan produk buatannya juga sudah mendunia.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Jepang serta Keuntungannya