Peta Negara Meksiko Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Meksiko terletak di Benua Amerika atau lebih khususnya di Amerika Selatan dengan ibukota Mexico City. Luas Wilayah Meksiko sekitar 1,964,375.00 km2 dimana 1.04% (20,430.00 km2) terdiri atas perairan dan 1,943,945.00 km2 merupakan daratan.

Meksiko menjadi negara merdeka pada tahun 1821, setelah mendapatkan kedaulatannya dari Spanyol. Jumlah penduduk Meksiko adalah sekitar 128.081.977 (November 2019) dan negara ini memiliki kepadatan penduduk sekitar 59 orang per kilometer persegi. Mata uang Meksiko adalah Peso Meksiko (MXN). Kode panggilan untuk negara itu adalah 52. Meksiko berbagi perbatasan darat dengan 3 negara: Amerika Serikat, Honduras, Belize.

Gambar peta negara Meksiko lengkap yang diberikan dibawah ini dalam resolusi kecil, untuk melihat tampilan peta Meksiko dengan jelas maka anda dapat mengklik gambar tersebut.

Peta Meksiko

Peta Meksiko
Gambar Peta Meksiko.

Berdasarkan peta Meksiko diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Meksiko yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara Amerika Serikat
  2. Sebelah Timur: Dibatasi oleh Selat Meksiko
  3. Sebelah Selatan-Barat: Dibatasi oleh Samudera Pasifik, Belize, dan Honduras

Kota Penting di Meksiko

Beberapa kota penting dan besar di Meksiko diantaranya adalah Mexico, Acapulco, Campeche, Cancun, Celaya, Chihuahua, Poza Rica, Progreso, Chilpancingo, Ciudad Madero, Monclova, Monterrey, Ciudad Victoria, Colima, Compeche, Cordoba, Cuernavaca, Delicias, Guadalajara, Guadalupe, Hermosillo, Heroica Nogales, Hidalgo del Parral, Irapuato, Leon, Loreto, Los Mochis, Matamoros, Maxicali, Mazatlan, Merida, Minatitlan, Guanajuato, Guaymas, Netzahualcoyotl, Nogales, Durango, Ensenada, Gomez Palacio, Nuevo Laredo, Oaxaca, Puebla, Puerto Vallarta, Reynosa, Rosarito, Ciudad Mante, Ciudad Obregon, Saltillo, San Luis Potosi, San Quintin, Santa Rosalia, Tampico, Aguascalientes, Cabo San Lucas, Tapachula, Tepic, Jalapa, La Paz, Lazaro Cardenas, Tiaxcala, Tijuana, Toluca, Torreon, Tulancingo, Tuxla Gutierrez, Ciudad del Carmen, Ciudad Juarez, Salamanca, Salina Cruz, Veracruz, Zacatecas and Zamora.

Sumber Daya Alam Meksiko

Sumber daya alam yang menjadi unggulan di Meksiko dan dapat dieksploitasi meliputi cadangan bahan bakar fosil yang meliputi minyak bumi dan gas alam. Selain itu, terdapat juga beberapa sumber daya logam seperti perak, tembaga, emas, timbal dan seng. Sumber daya alam hayati seperti kayu juga merupakan sumber daya alam penting yang ada di Meksiko.

Sejarah Meksiko

Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa tanda-tanda awal kehidupan manusia di Meksiko berasal dari 20.000 tahun yang lalu, dengan bukti adanya pemukiman permanen di sepanjang wilayah pantai yang berasal dari tahun 1500 SM.

Jauh sebelum bangsa Eropa tiba, Meksiko adalah rumah bagi masyarakat adat seperti Olmec, Maya, dan budaya Aztec yang paling terkenal. Sayangnya, suku Aztec bukan tandingan Hernan Cortes dan tentara Spanyolnya, dan mereka dikalahkan pada tahun 1521. Dari sinilah kolonisasi mulai merajalela di tanah ini.

Para penjajah Spanyol dengan cepat memperluas pencarian harta karun, penduduk asli diperbudak dan dipaksa menjadi pekerja berat dengan perlakuan kasar dan malnutrisi. Penyakit yang disebabkan oleh bangsa Eropa selanjutnya menghancurkan 90% populasi penduduk asli Mexico.

Spanyol menemukan simpanan perak besar-besaran di Meksiko dan harta karun yang diambil disana dikirim kembali ke Spanyol. Berita tentang tanah baru yang menjanjikan ini menyebar dengan cepat, sehingga menyebabkan ribuan penjajah lainnya datang untuk mencari kekayaan pribadi.

Posting Komentar