Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LOGAM TITANIUM DAN KEGUNAANNYA

Apa itu Titanium ? - Titanium adalah logam yang kuat, tahan terhadap korosi, dan bersifat inert. Titanium merupakan unsur paling melimpah ke-9 di dalam kerak bumi. Titanium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ti dengan nomor atom 22. Unsur ini merupakan logam transisi sehingga orang sering menyebutnya sebagai logam titanium.

Sejumlah kecil titanium terbentuk hampir di setiap batuan. Titanium adalah konstituen penting pada beberapa mineral yang cukup langka yang ada di permukaan bumi. Sekitar 90% titanium yang ada di kerak bumi terdapat didalam mineral ilmenit.


Ilmenit merupakan titanium oksida besi dengan komposisi kimia FeTiO3. Selain dalam mineral ilmenit, titanium juga dapat hadir pada beberapa mineral seperti anatase, brookite, leucoxene, perovskit, rutil, dan sphene.

Baca juga: Apa itu ICP

Pembentukan Titanium

Sebagian besar titanium yang ada di dunia dihasilkan dari pertambangan pasir mineral berat (heavy mineral sand). Pasir mineral yang banyak mengandung mineral-mineral titanium ini terbentuk dari hasil pelapukan massa batuan beku seperti batu gabro, norite, serta anorthosite. Batuan-batuan tersebut mengandung mineral titanium bearing seperti ilmenit, anatase, brookite, leucoxene, perovskit, rutil, juga sphene.

titanium pada pasir mineral berat
Pasir mineral berat yang biasanya mengandung titanium.

Ketika batuan-batuan yang mengandung titanium bearing tersebut mengalami pelapukan dan erosi, hanya titanium yang mampu bertahan. Kemampuan titanium untuk bertahan dari proses tersebut dikarenakan sifatnya yang cenderung lebih resisten dibandingkan mineral lainnya di dalam batuan tersebut.


Setelah terdisintegrasi dari batuan induknya, mineral pembawa titanium akan diangkut ke hilir oleh aktivitas air dalam bentuk butiran pasir dan lumpur. Selanjutnya, pasir dan lumpur akan terdeposit sebagai endapan placer di sepanjang garis pantai. Deposit placer titanium inilah yang biasanya dikeruk atau ditambang.

Baca juga mengenai: Logam Mulia Emas

Deposit titanium juga dapat terjadi di sebuah lingkungan dimana mineral titanium diendapkan selama periode permukaan laut lebih tinggi dari sekarang atau biasa dikenal dengan istilah progradasi endapan pantai. Pasir mineral berat kemungkinan akan mengandung beberapa persen berat ilmenit serta mineral titanium bearing lainnya.

Kegunaan Logam Titanium

Titanium adalah logam yang sangat akrab dengan kehidupan manusia. Banyak orang tahu bahwa titanium dapat digunakan dalam perhiasan, prosthetics, raket tenis, sarung tangan kiper, gunting, rangka sepeda, alat-alat bedah, ponsel, dan produk lainnya yang membutuhkan kekuatan bahan.

Pada kondisi murni, sifat logam titanium ini lebih kuat dari beberapa baja, tetapi bobotnya hanya sekitar setengah dari baja. Sifat titanium juga 2 kali lebih kuat dari aluminium tetapi bobotnya 60% lebih berat dari aluminium.

Manfaat titanium yang selanjutnya adalah sering digunakan sebagai logam paduan. Titanium bisa dipadukan dengan besi, aluminium, vanadium, nikel, molibdenum dan logam lainnya untuk menghasilkan paduan performa tinggi. Suku cadang mesin jet, pesawat ruang angkasa, peralatan militer, pelindung tubuh, dan produk teknologi tinggi lainnya dibuat dengan paduan titanium.