Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ICP Adalah Alat Pengukur Kandungan Unsur Logam, Ini Pengertian Lengkapnya

Perlu diketahui bahwa ICP adalah sebuah alat atau instrumen analisis kadar. ICP merupakan singkatan dari Inductively Coupled Plasma. Pada prinsipnya pengertian ICP adalah alat untuk mengukur kandungan unsur-unsur logam dalam conto/sampel dengan menggunakan plasma sebagai sumber energinya. Setiap atom mempunyai beberapa kemungkinan tingkat energi.

Transisi elektron dari tingkat energi lebih tinggi ke tingkat energi lebih rendah menghasilkan spektrum yang sesuai dengan aturan dalam mekanika kuantum. Jika sejumlah energi dikenakan pada atom, maka akan tereksitasi dan elektron dari kulit terluar akan pindah ke tingkat energi lebih tinggi dan akan kembali satu tingkat atau lebih ke tingkat energi dasar.

Baca juga tentang: Manfaat Emas


Instrumen (alat ukur) ICP dengan komponennya antara lain sampel introduction system, nebulizer, spray chamber, torch, electric generator optical system, signal processing system, dan spectraling, dapat menganalisis rentang konsentrasi yang lebar (wide dynamic range concentration) dari ppb sampai % (persen). Untuk mendapatkan hasil akurat maka perlu mengkalibrasi kembali setalah beberapa kali pengukuran.

ICP Adalah Alat Pengukur Kandungan Unsur Logam

Baca juga mengenai: Manfaat Nikel

Inductively Coupled Plasma (ICP) dapat menganalisa perconto terhadap mineral untuk mengetahui kadar logam sampai satuan ppb (part per billion) dan ppt (part per trilyun). Metode analisis menggunakan ICP ini dilakukan untuk perconto yang memiliki kadar logam yang rendah. Ada 2 tipe ICP yang sering digunakan yaitu:
  1. ICP-AES (Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectroscopy)
  2. ICP-MS (Inductively Coupled Plasma-Mass Spectrometry)

Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectroscopy (ICP-AES) dapat menganalisis sampai satuan terkecil ppb, sedangkan Inductively Coupled Plasma-Mass Spectrometry (ICP-MS) dapat menganalisis sampai satuan terkecil ppt.