Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Iklim di Negara Yaman

Iklim Negara Yaman - Republik Yaman terletak di ujung barat daya Jazirah Arab, tepatnya dekat Laut Merah di seberang Ethiopia dan membentang di sepanjang bagian selatan Jazirah Arab di Teluk Aden dan Samudra Hindia. Yaman berbatasan dengan Arab Saudi di utara dan Oman di timur.

Luas negara ini kira-kira seluas Negara Perancis. Dataran pantai sempit sepanjang 1.130 km di selatan membatasi daerah pegunungan dan kemudian perlahan naik mencapai dataran tinggi. Yuk, mengenal jenis iklim di negara ini!.

iklim negara yaman

Bagaimana Kondisi Iklim di Yaman?

Iklim negara Yaman dapat digambarkan sebagai iklim subtropis gurun yang panas dan kering dengan curah hujan tahunan yang rendah. Suhu di negara ini sangat tinggi saat musim panas, dan terjadi perbedaan besar antara suhu maksimum dan minimum, terutama di daerah pedalaman.

Musim panas yang jatuh pada bulan Juni sampai September menghasilkan curah hujan yang sangat rendah. Suhu maksimum harian di Yaman dapat dengan mudah mencapai 40°C atau lebih.

Pada umumnya di negara ini musim dinginnya akan lebih sejuk dengan sesekali terjadi hujan. Sedangkan untuk musim semi dan musim gugur akan lebih hangat dan kering dengan suhu maksimum 25°C hingga 35°C. Rata-rata suhu pada malam hari lebih dingin yaitu antara 15°C sampai 22°C.

Dari bulan Maret hingga Agustus, angin yang panas dan penuh debu akan bertiup di musim semi dan musim panas. Terkadang angin ini bisa sangat kuat, dan menyebabkan badai pasir yang bisa terjadi sepanjang tahun.

Sebagian besar hujan akan turun selama bulan-bulan musim dingin dalam bentuk hujan awan dan badai petir yang pendek namun cukup lebat.

Berdasarkan klasifikasi iklim Koeppen-Geiger, iklim di negara Yaman diklasifikasikan sebagai iklim BWh (Hot desert climate) yaitu jenis iklim gurun yang panas dan kering dengan suhu rata-rata tahunan di atas 18°C.

Geografi Umum Negara Yaman

Wilayah Yaman sebagian besar bergunung-gunung dan umumnya gersang, meskipun terdapat lahan yang luas dengan curah hujan yang cukup untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Yaman dapat dibagi menjadi 5 wilayah geografi, yaitu:

  1. Dataran Pantai : Membentang dari utara-selatan yang dikenal sebagai Tihamah (Tihamat Asir)
  2. Dataran Tinggi Barat
  3. Pegunungan Tengah (Dataran Tinggi Yaman)
  4. Dataran Tinggi Timur
  5. Daerah Gurun Timur Laut

Lebar dataran pantai berkisar dari 8 km hingga 65 km. Terdapat morfologi pebukitan dan pegunungan rendah dengan ketinggian 300 m - 1.100 m. Gunung tertinggi di negara Yaman adalah Gunung Al-Nabī Shuʿayb, dengan ketinggian hingga 3.760 meter.

Di Yaman tidak ada aliran air yang permanen. Curah hujan reguler yang terjadi di beberapa daerah akan mengalirkan air di bagian utara ke arah barat menuju Laut Merah melalui lima anak sungai utamanya, sedangkan ke selatan mengarah ke Teluk Aden dan Laut Arab melalui tiga anak sungai utama.