Faktor Penyebab Kelangkaan Air Bersih

penyebab kelangkaan air bersih
Penyebab Kelangkaan Air Bersih - Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Meskipun sebagian besar wilayah bumi merupakan wilayah perairan, namun tentu saja tidak semua jenis air ini bisa dikonsumsi. Hanya air yang memenuhi syarat tertentu yang bisa menjadi air konsumsi. Salah satunya adalah air yang bersih.

Sayangnya, belakangan fenomena kelangkaan atau krisis air bersih terus menghantui bumi. Disadari atau tidak mayoritas penyebab kelangkaan air bersih adalah karena perbuatan tak bertanggung jawab dari manusia.


Manfaat Air Bersih Bagi Makhluk Hidup

Sebelum mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan air bersih, harus diketahui terlebih dahulu manfaat penting dari air bersih. Wilayah bumi yang sebagian besar tersusun dari air merupakan sebuah fakta yang tak terbantahkan.

Bagi kehidupan di bumi, air adalah komponen yang tak bisa dihilangkan karena air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk yang tinggal di atas bumi. Terutama air bersih, ada beragam manfaat yang bisa dinikmati dari air, baik oleh manusia maupun hewan dan tumbuhan yang hidup di bumi. Apa saja manfaatnya?

1. Untuk Air Minum
Air bersih yang utama dimanfaatkan untuk air minum. Baik manusia, tumbuhan maupun hewan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tanpa ada air, manusia dan hewan akan kekurangan cairan hingga menyebabkan lemas.

Sedangkan bagi tanaman, selain tidak bisa hidup, kekurangan asupan air bersih akan membuat tumbuhan sulit berkembang biak. Hal ini karena air menjadi salah satu komponen penting bagi perkembangan tanaman.


2. Untuk Pertanian
Air yang bersih dan bebas polusi juga memberikan peran penting dalam bidang pertanian. Tanaman yang ditanam di sawah tentu membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Namun, jika air yang digunakan sudah tercemar oleh bahan kimia lain juga tidak bisa dimanfaatkan, karena bukannya akan membuat tanaman tumbuh subur, air yang tercemar justru akan membuat tanaman lebih cepat mati. Karena itu, meskipun untuk kebutuhan pertanian, tetap dibutuhkan air bersih.

3. Menjaga Kebersihan Tubuh
Air bersih dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Manusia menggunakan air bersih untuk membasuh tubuh dan pakaiannya dari kotoran yang menempel.

Air yang bersih akan membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Sebaliknya, jika menggunakan air yang kotor, bukannya terjaga justru akan menimbulkan masalah kesehatan pada kulit.

Faktor yang Menyebabkan Kelangkaan Air Bersih

Sebenarnya ada masih banyak manfaat air bersih yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Manfaat di atas hanyalah beberapa diantaranya. Sayangnya, meskipun memahami betapa penting peran air bagi kehidupan, banyak manusia yang menganggap remeh keberadaan air bersih, hingga kemudian menyebabkan terjadinya krisis.

Lantas faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab kelangkaan air bersih di bumi? Berikut beberapa diantaranya, yaitu:

1. Polusi Air yang Semakin Marak
Perkembangan jaman yang semakin maju memang membawa dampak positif, namun tak sedikit pula yang menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah menimbulkan polusi termasuk polusi air.

Polusi air bisa terjadi karena aktifitas pabrik yang membuang limbah cair secara sembarangan ke sungai. Limbah cair dari pabrik yang mengandung bahan kimia ini membuat persediaan air bersih terus berkurang, terutama di kawasan industri dan perkotaan besar.

Tidak hanya menyebabkan krisis air, polusi air bahkan juga bisa menyebabkan berbagai spesies makhluk hidup yang tinggal di air turut mati. Belum lagi ketika limbah mengendap di dasar sungai menyebabkan tanah juga ikut krisis.

Penyebab polusi air tidak hanya dari pembuangan limbah pabrik. Penggunaan pupuk buatan yang berlebihan di sawah juga bisa menimbulkan polusi air ketika pupuk ikut terhanyut ke sumber air bersih di sekitarnya.

2. Penggunaan Air yang Berlebihan
Faktor penyebab kelangkaan air bersih di bumi selanjutnya adalah karena tindakan manusia yang menggunakan air dengan tidak bijak. Air memang termasuk sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena adanya siklus air yang berlangsung secara alami. Namun, bukan berarti manusia bisa menggunakannya secara berlebihan.

Secara tidak sadar, manusia sudah memanfaatkan air bersih secara tidak bijak, baik untuk kebutuhan sehari-hari, pertanian, hingga pariwisata. Jika dibiarkan, maka akan mengancam ketersediaan air bersih di bumi yang akhirnya menyebabkan kelangkaan.

3. Berkurangnya Pasokan Air Tanah
Selain air yang ada di permukaan tanah seperti sungai, danau dan lain sebagainya, bumi juga menyimpan cadangan air bersih di dalam tanah yang disebut dengan air tanah. Sayangnya, keberadaan air tanah pun ikut terancam.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya faktor yang menjadi penahan dan penyerap air di dalam tanah. Ini disebabkan karena pohon dengan akar besar yang memiliki tugas ini juga banyak ditebang sehingga tidak ada yang menahan laju air dalam tanah.

Selain itu, eksploitasi air tanah yang berlebihan untuk kepentingan industri menjadi penyebab mengapa air tanah bisa berkurang. Komplikasi antara hilangnya penahan dan penyerap air di dalam tanah dengan eksploitasi air tanah yang berlebihan semakin mempersulit ketersediaan air bersih.

4. Overpopulasi
Overpopulasi adalah fenomena meningkatnya populasi manusia di daerah tertentu yang cukup signifikan. Overpopulasi bisa menjadi salah satu penyebab kelangkaan air bersih di bumi karena semakin tinggi populasi manusia yang menghuni daerah tertentu, maka akan semakin besar pula kebutuhan air bersihnya. Apalagi biasanya peningkatan populasi di suatu daerah diikuti dengan peningkatan industri di wilayah tersebut. Hal ini sangat berdampak pada keberlangsungan ekosistem air.

Meningkatnya area industri di suatu daerah yang disebabkan karena overpopulasi kemudian menyebabkan terjadinya polusi air. Ketika permintaan air bersih terus meningkat, namun di saat yang bersamaan ketersediaan air bersih yang semakin berkurang, maka yang terjadi adalah kelangkaan air bersih di wilayah tersebut.

5. Infrastruktur Air yang Buruk
Agar air hujan bisa ditampung untuk memenuhi kebutuhan manusia, maka dibutuhkan infrastruktur yang memadai untuk menampung air tersebut. Contohnya, waduk atau danau buatan yang digunakan untuk penampungan air hujan.

Ketika infrastruktur penunjang untuk menampung air bersih ini tidak ada atau dalam kondisi yang buruk, maka ketika hujan tiba tidak akan ada yang menampung air hujan. Hal ini akan berdampak pada kelangkaan air bersih terutama saat musim kemarau atau saat kekeringan melanda.

6. Kekeringan
Kekeringan adalah suatu keadaan dimana sebuah daerah menerima curah hujan dalam jumlah yang terbatas setiap tahunnya. Hal ini menjadi penyebab suatu daerah mengalami kelangkaan air bersih, karena kebutuhan air bersih yang meningkat tidak diimbangi dengan ketersediaan air bersih yang memadai.

Kekeringan biasanya terjadi di musim kemarau. Saat musim kemarau ini, curah hujan yang turun sangat sedikit sehingga menyebabkan pasokan air bersih pun ikut menipis.

Namun, selain terjadi saat musim kemarau, kekeringan juga terjadi sepanjang tahun di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena kondisi geografisnya yang tidak memadai serta jumlah curah hujan tahunannya pun tergolong kecil, bahkan saat musim penghujan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya kelangkaan air bersih.

6 faktor penyebab kelangkaan air bersih diantaranya adalah:
  1. Tingginya tingkat pencemaran air
  2. Pemanfaatan air bersih secara berlebihan
  3. Air Tanah berkurang
  4. Overpopulasi
  5. Kondisi infrastruktur air bersih tidak memadai
  6. Kekeringan

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang manfaat air bersih dan penyebab kelangkaan air bersih di bumi yang harus Anda ketahui. Air bersih yang merupakan kebutuhan utama makhluk hidup memiliki peran penting. Namun, ketersediaannya juga semakin berkurang karena beberapa hal seperti yang dijelaskan di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel