Laut yang Mengelilingi Australia

batas teritorial laut australia
Negara Persemakmuran Australia merupakan negara yang terdiri dari daratan besar Australia, pulau Tasmania, sebagian wilayah Antartika, dan beberapa pulau-pulau kecil. Akan tetapi, nama "Australia" sering digunakan untuk merujuk ke daratan besarnya. Dalam hal luas wilayah, Australia merupakan negara terluas ke-6 di dunia, dan Ke-1 di kawasan Oseania.

Total luas perairan laut Australia ternyata lebih besar dari luas daratan utamanya. Muncul pertanyaan, laut-laut apa saja yang mengelilingi daratan Australia tersebut, atau bagaimana batas maritim Australia? simak penjelasan lengkapnya.


Australia adalah sebuah pulau yang berbatasan dengan tiga lautan luas dunia yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Selatan. Berdasarkan laut-laut yang lebih kecil, negara ini berbatasan dengan Laut Arafura di utara, Laut koral di timur laut, Samudra Pasifik Bagian Selatan di timur, Laut Tasman di tenggara, Samudra Selatan di selatan, dan Laut Timor di barat laut.

Jika kita membagi Australia berdasarkan wilayahnya maka perairan yang berbatasan dengan Wilayah Utara dan Australia Barat yaitu Samudera Hindia, sedangkan Australia Barat, Australia Selatan, dan Victoria berbatasan dengan Samudra Selatan. Queensland dan New South Wales berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan Tasmania terletak di Samudra Selatan. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat dalam Peta Australia.

Perairan Pantai Australia
Perairan pesisir mengacu pada sabuk air yang memanjang tiga mil dari pantai Australia. Perairan pesisir dianggap sebagai bagian dari wilayah daratan, yang meliputi permukaan laut, dasar laut, dan wilayah udara.

The Offshore Constitutional Settlement Acts of 1980 memberikan pedoman tentang pengelolaan perairan pesisir, termasuk penggunaan sumber daya seperti perikanan dan pertambangan di wilayah teritorial pesisir sebuah negara.


Laut Teritorial Australia
Teritorial Laut Australia merupakan hamparan air yang mengelilingi negara ini sejauh 12 mil laut. Wilayah kedaulatan Australia meluas hingga pada batas ini, dari dasar laut hingga wilayah udaranya.

Di bawah hukum internasional, akses ilegal ke perairan ini disebut sebagai pelanggaran kedaulatan, dan Australia memiliki hak untuk menghukum siapapun yang masuk ke laut teritorialnya tanpa izin.

Akan tetapi, hukum internasional juga memberikan pedoman tentang bagaimana penggunaan laut teritorial oleh jalur kapal asing yang tidak mengetahui batas teritorial tersebut. Pulau-pulau kecil di Australia memiliki batas laut teritorial sekitar tiga mil dari garis pantainya.

Zona Bersebelahan Australia
Zona Bersebelahan Australia merupakan hamparan air yang memanjang hingga batas maksimum 24 mil dari garis pantai. Meskipun zona ini bukan bagian dari wilayah Australia, negara ini dapat melakukan tindakan untuk menghukum dan mencegah pelanggaran undang-undang bea cukai, fiskal, imigrasi, dan sanitasi.

Zona Ekonomi Eksklusif Australia
Zona Ekonomi Eksklusif Australia (ZEE/EEZ) membentang 200 mil dari garis pantainya. Di zona ini, Australia memiliki hak untuk mengeksplorasi, mengeksploitasi, melestarikan, serta mengelola semua sumber daya alam yang ada mulai dari permukaan laut hingga di dasar laut. Yurisdiksi ini tidak termasuk wilayah udara di atas laut tersebut, jadi Australia tidak mempunyai hak mengganggu pesawat yang ada di dalam zona tersebut.

Negara lain tidak boleh masuk ke zona ekonomi eksklusif tanpa izin dari Australia. Sebagian besar negara mengeksploitasi ZEE-nya untuk kepentingan produksi energi dari arus laut, angin, gelombang laut, membuat pulau buatan, serta penelitian kelautan.

Perjanjian mengenai Batas Maritim Australia berisi kontrak dengan negara lain atas penggunaan zona, terutama ketika batasnya tumpang tindih dengan negara lain. Di Australia, zona tumpang tindih dikenal juga sebagai Zona Memancing Australia. Total luas zona ekonomi eksklusif Australia adalah lebih dari 3,14 juta mil persegi, yang artinya area tersebut lebih luas dari daratan Australia sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel