Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geografi 4 Pulau Utama Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang letaknya berada di kawasan di Asia timur, lebih tepatnya di sebelah timur Cina, Rusia, Korea Utara, dan Korea Selatan. Ibukotanya adalah Tokyo, dan memiliki populasi sekitar 126.860.301 orang (Desember 2019).

Wilayah Jepang mencakup area seluas 145.914 mil persegi (377.915 kilometer persegi) yang tersebar di lebih dari 6.500 pulau. Ada empat pulau utama yang membentuk Jepang, dan pulau-pulau tersebut merupakan pusat populasi utama negara ini.

Pulau-pulau utama Jepang adalah Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku, dimana pulau-pulau itu sekaligus sebagai pulau terbesar di Jepang. Berikut ini adalah daftar pulau utama Jepang dan beberapa informasi singkat tentang kondisi geografi masing-masing pulau tersebut.

Pulau Honshu

geografi pulau-pulau utama jepang
Honshu adalah pulau terbesar di Jepang, dan di situlah sebagian besar kota-kota di negara itu berada. Daerah Tokyo Osaka-Kyoto adalah inti dari Honshu dan Jepang. 25% populasi pulau itu tinggal di wilayah Tokyo. Honshu memiliki luas total 88.017 mil persegi (227.962 km persegi) dan merupakan pulau terbesar ketujuh di dunia.

Pulau ini memiliki panjang 810 mil (1.300 km), dan memiliki topografi bervariasi yang mencakup banyak barisan gunung yang berbeda, beberapa di antaranya merupakan gunung berapi. Yang tertinggi adalah Gunung Fuji vulkanik pada ketinggian 12.388 kaki (3.776 meter). Seperti di banyak daerah di Jepang, gempa bumi biasa terjadi di Honshu.

Honshu dibagi menjadi lima wilayah dan 34 provinsi. Daerahnya adalah Tohoku, Kanto, Chubu, Kansai, dan Chugoku.

Pulau Hokkaido

Hokkaido adalah pulau terbesar kedua di Jepang, dengan luas total 32.221 mil persegi (83.453 km persegi). Populasi Hokkaido sekitar 5.300.000 (perkiraan 2019), dan kota utama di pulau itu adalah Sapporo, yang juga merupakan ibu kota Provinsi Hokkaido. Hokkaido terletak di utara Honshu; kedua pulau dipisahkan oleh Selat Tsugaru.

Topografi Hokkaido terdiri dari dataran tinggi gunung berapi di tengahnya yang dikelilingi oleh dataran pantai. Ada sejumlah gunung berapi aktif di Hokkaido, yang tertinggi adalah Asahidake pada ketinggian 7.510 kaki (2.290 m).

Karena Hokkaido terletak di utara Jepang, ia dikenal karena iklimnya yang dingin. Musim panas di pulau itu sejuk, sementara musim dingin bersalju dan sedingin es.

Pulau Kyushu

Kyushu adalah pulau terbesar ketiga di Jepang, terletak di selatan Honshu. Ini memiliki luas total 13.761 mil persegi (35.640 km persegi) dan perkiraan populasi kasar 2016 sebanyak 13.000.000. Karena berada di Jepang selatan, Kyushu memiliki iklim subtropis, dan penduduknya menghasilkan berbagai produk pertanian. Ini termasuk beras, teh, tembakau, ubi, dan kedelai.

Kota terbesar di Kyushu adalah Fukuoka, dan dibagi menjadi tujuh provinsi. Topografi Kyushu terutama terdiri dari pegunungan dan gunung berapi paling aktif di Jepang, Mt. Aso, terletak di pulau itu. Selain Mt. Aso, ada juga sumber air panas di Kyushu. Titik tertinggi di pulau itu, Kuju-san, pada ketinggian 5.866 kaki (1.788 m), adalah gunung berapi.

Pulau Shikoku

Shikoku adalah pulau terkecil di Jepang dengan luas total 7.260 mil persegi (18.800 km persegi). Daerah ini terdiri dari pulau utama serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Shikoku terletak di selatan Honshu dan di sebelah timur Kyushu, dan memiliki populasi sekitar 3.800.000 (perkiraan 2015).

Kota terbesar Shikoku adalah Matsuyama, dan pulau ini dibagi menjadi empat provinsi. Shikoku memiliki topografi bervariasi yang terdiri dari selatan pegunungan, sementara ada dataran rendah kecil di pantai Pasifik dekat Kochi.

Titik tertinggi di Shikoku adalah Gunung Ishizuchi pada 6.503 kaki (1.982 m). Seperti Kyushu, Shikoku memiliki iklim subtropis dan pertanian dipraktikkan di dataran pantai yang subur, sementara buah ditanam di utara.