Letak Selat Karimata dan Karakteristiknya Sebagai Selat Terbesar di Indonesia

Karakteristik Selat Karimata - Indonesia memiliki potensi bahari yang sangat besar dengan adanya beberapa laut yang mengelilingi wilayah negara Indonesia. Tak hanya laut besar, laut kecil seperti selat pun memberikan potensi yang sangat besar bagi Indonesia. Selat sendiri merupakan sebuah jenis laut dengan karakteristik yang sempit yang merupakan penghubung antara dua pulau atau dua daratan.

Karena wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, baik pulau kecil maupun besar, maka banyak pula selat yang bisa ditemukan di Indonesia. Salah satunya adalah Selat Karimata. Dimana letak selat Karimata dan karakteristiknya apa saja yang membedakan selat ini dengan selat yang lainnya? berikut penjelasan lengkapnya.

Letak dan Luas Selat Karimata

letak selat karimata

Sudah dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian selat, ya selat adalah laut sempit yang menghubungkan dua pulau atau dua wilayah. Lalu bagaimana dengan selat Karimata ini? Selat Karimata ini adalah selat yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Kalimantan. Selat ini juga menjadi jalur transportasi yang menghubungkan kedua wilayah Pulau tersebut. Berdasarkan letak Geografisnya, Selat Karimata ini terletak sebagai berikut:

1. Letak Selat Karimata
Selat Karimata adalah selat yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Meskipun letaknya berada diantara Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan, namun yang sebenarnya dihubungkan oleh selat ini adalah Laut Jawa dan Laut China Selatan.

2. Luas Selat Karimata
Meskipun disebut sebagai laut sempit yang memisahkan dua wilayah, namun pada kenyataannya, Selat Karimata ini memiliki wilayah yang cukup luas. Luasnya mencapai 150 km. Luas ini didapat dari pengukuran mulai dari wilayah Kalimantan hingga Pulau Belitung dimana selat ini berakhir. Dengan luas ini, Selat Karimata ini dianggap sebagai selat terbesar yang ada di Indonesia.

Karakteristik Khusus Selat Karimata

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan tentang letak Selat Karimata yang berada diantara Pulau Jawa dan Kalimantan serta merupakan penghubung antara Laut Jawa dan Laut China Selatan. Jika dilihat dari letaknya, bisa dibilang selat Karimata ini memiliki letak yang cukup strategis. Karena letaknya inilah yang memberikan karakteristik yang membedakan selat ini dengan selat lain di Indonesia. Berikut ini adalah karakteristik yang membedakan Selat Karimata dengan selat lain.

1. Potensi Sumber Daya Alam yang Besar
Terletak diantara dua laut besar yang mengapit Indonesia, yaitu Laut China Selatan dan Laut Jawa membuta Selat Karimata ini memiliki potensi alam dan bahari yang cukup besar. Potensi alam dan bahari yang dimiliki oleh Selat Karimata inilah yang membuat Selat Karimata banyak memiliki destinasi wisata favorit dengan keindahan yang menakjubkan. Destinasi wisata yang ditawarkan di sekitar selat Karimata ini juga sudah diakui oleh dunia karena keindahannya.

2. Kecepatan dan Tinggi Gelombang
Seperti laut pada umumnya, kecepatan gelombang dan tinggi gelombang di selat Karimata ini juga dipengaruhi oleh cuaca (lihat unsur-unsur cuaca dan iklim). Ketika cuaca sedang bersahabat gelombang di Selat Malaka tergolong sedang, namun ketika cuaca sedang ekstrem, tinggi gelombang di Selat Karimata bahkan bisa mencapai tinggi 6 meter.

Selat Karimata yang merupakan selat terbesar di Indonesia ini adalah selat yang memiliki potensi cukup besar. Meskipun letaknya tidak begitu strategis sehingga bukan menjadi jalur penting perdagangan internasional, namun Selat Karimata ini justru memberikan pesona bahari dan alam yang menakjubkan yang berbeda dengan selat lain. Itulah penjelasan singkat tentang letak Selat Karimata dan karakteristiknya. Dengan penjelasan tersebut semoga bisa menambah wawasan Anda tentang potensi alam di Indonesia lebih banyak lagi.

Letak Selat Karimata dan Karakteristiknya Sebagai Selat Terbesar di Indonesia