Karakteristik Samudra Arktik : Letak, Luas, Suhu dan Salinitas

Kenampakan alam di muka bumi ini sangat beragam, salah satunya adalah samudra. Bumi memang sebagian besar tersusun dari air, yakni mencapai 2/3 bagian dari bumi merupakan air. Air yang menyusun bumi juga beragam mulai dari air di darat hingga air yang berada di laut.

Di bumi kita ini ada beberapa samudra terkenal yang merupakan lautan luas yang memiliki ciri khas tertentu. Seperti misalnya Samudera Arktik. Nah, berikut ini akan dijelaskan secara rinci tentang apa saja karakteristik dari Samudra Arktik.

Letak dan Luas Samudra Arktik

Samudra Arktik adalah samudra di bumi yang memiliki luas wilayah paling sempit (kecil) dibandingkan Samudra-samudra lainnya. Tidak hanya paling kecil, namun ternyata samudera ini juga termasuk sebagai samudera yang paling dangkal, dengan suhu yang paling rendah pula.

Letak Samudra Arktik
Secara astronomis, Samudra Arktik terletak pada garis 90° Lintang Utara dan 0° Bujur Timur. Samudra ini terhubung langsung dengan beberapa samudra seperti Samudra Pasifik yang dihubungkan oleh Selat Bering dan Samudra Atlantik yang dihubungkan oleh Greenland. Samudra ini juga berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti negara di Asia Utara dan negara-negara di Eropa Utara.

Luas Samudra Arktik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Samudra Arktik adalah samudra terkecil dan terdangkal di dunia. Luas samudra Arktik ini sekitar 14.056 juta km². Luas ini hanyalah 8% dari luas Samudra Pasifik yang merupakan samudra terluas di dunia. Luas ini juga setara dengan 1.5 kali luas negara Amerika Serikat. Tidak hanya tersempit, samudra ini juga tergolong terdangkal karena kedalaman rata-ratanya hanya mencapai 1.300 km.

Ciri Khas Samudra Arktik

Berbagai bentuk kenampakan alam sudah tentu mempunyai ciri khusus, nah Samudra Arktik juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan samudra lain di bumi kita. Berikut ini adalah 2 ciri utama Samudra Arktik yang penting kamu ketahui.

Samudra Arktik Memiliki Suhu Kutub
Salah satu ciri khas yang membedakan Samudra Arktik dengan samudra lain adalah dari suhunya. Dibandingkan dengan samudra lain, Samudra Arktik ini memiliki suhu rata-rata kutub yakni berkisar pada -2°C sepanjang tahun.

Karena suhunya yang sangat rendah inilah yang kemudian juga mempengaruhi permukaan samudra. Jika pada umumnya permukaan samudra tertutup oleh air. Maka berbeda dengan Samudra ini yang tertutup es sepanjang tahun.

samudra arktik

Memiliki Kadar Garam Paling Rendah
Ciri selanjutnya dari Samudra Arktik yang membedakannya dengan samudra lain adalah bahwa hanya samudra inilah yang memiliki kadar garam (salinitas) paling rendah. Hal ini disebabkan karena sedikitnya jumlah air, terutama air tawar yang mengalir dan berakhir di samudra ini.

Terbatasnya air tawar yang masuk ke samudra ini sangat mempengaruhi kapasitas penguapan, sehingga penguapan yang terjadi juga sangat rendah. Karena itu, kadar garam di samudra ini juga terbilang sangat kecil.

Jadi apabila dirangkum dari penjelasan diatas maka dibawah ini merupakan 5 karakteristik Samudra Arktik:
  1. Letak astronomis samudra arktik berada pada garis 90° LU dan 0° BT
  2. Terhubung langsung dengan Samudra Pasifik oleh Selat Bering dan Samudra Atlantik oleh Greenland
  3. Mempunyai Luas sekitar 14.056 juta km² sehingga merupakan samudra terkecil dan terdangkal di dunia
  4. Memiliki suhu rata-rata yang berkisar di -2°C sehingga permukaannya tertutupi oleh es sepanjang tahun
  5. Memiliki kadar garam paling rendah diantara samudra-samudra lainnya

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang Samudra Arktik beserta karakteristik atau ciri khas yang membedakannya dengan samudra lain di bumi ini. Samudra yang notabennya adalah wilayah laut yang sangat luas memiliki peran penting dalam fenomena atau siklus di alam. Namun, berbeda dengan Samudra Arktik yang memiliki luas tidak begitu besar dengan titik beku yang sangat rendah membuat permukaannya selalu tertutup es sepanjang tahun.

Karakteristik Samudra Arktik : Letak, Luas, Suhu dan Salinitas