Karakteristik Laut Merah : Letak dan Fakta Geografisnya

Laut Merah merupakan sebuah teluk yang terletak di bagian barat Jazirah Arab. Teluk ini memisahkan antara Benua Asia dengan Benua Afrika. Laut ini memiliki memiliki lebar sekitar 300 km dengan panjang 1.900 km. Laut Merah biasanya dijadikan habitat untuk koral dan makhluk air lainnya.

Laut Merah memiliki legenda dan sejarah yang sangat menarik. Laut yang letaknya diantara 2 benua (Afrika dan Asia) ini memiliki beberapa karakteristik dan fakta yang unik. Berikut merupakan karakteristik dan fakta unik mengenai kondisi geografis Laut Merah yang bisa Anda ketahui.

Karakteristik Utama Laut Merah

Dinamakan Laut Merah karena pada saat-saat tertentu biasanya air laut akan berubah menjadi warna merah karena adanya ledakan ganggang Trichodesmium erythraeum. Hal tersebut menyebabkan air laut di sana berubah menjadi merah.

karakteristik laut merah

Laut Merah termasuk salah satu laut yang keberadaannya cukup dikenal oleh hampir semua manusia karena laut ini cukup terkenal. Laut Merah memiliki beberapa karakteristik yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tidak semua karakteristik di Laut Merah dimiliki oleh laut lainnya. Berikut ini beberapa karakteristiknya:

1. Ditumbuhi Oleh Spesies Kerang dan Terumbu Karang
Lauh Merah memiliki banyak biota laut yang terkandung di dalamnya. Salah satu biota laut yang paling banyak ditemukan adalah spesies kerang. Spesies kerang tersebut terdiri dari berbagai macam. Anda juga akan menemukan banyak terumbu karang di Laut Merah karena sirkulasi air disana sangat baik, bahkan sampai kedalaman yang cukup dalam.

2. Bentuk Lautnya yang Memanjang, Namun Tidak Terlalu Lebar
Karakteristik Laut Merah selanjutnya adalah tentang bentuknya. Laut Merah memang sudah dikenal dengan bentuk lautnya yang cenderung memanjang, namun memiliki lebar yang tidak terlalu besar.

Dengan lebarnya yang hanya 300 km, sementara panjangnya yang mencapai 1.900 km membuat Laut ini terkenal terlihat ramping dan memanjang jika dilihat melalui udara maupun peta. Selain itu, laut ini juga terlihat menyempit jika dilihat melalui angkasa.

3. Laut Terpanas di Dunia
Jika biasanya air di laut itu dingin dan segar, namun berbeda dengan air laut yang ada di Laut Merah. Disini, Anda akan menemukan sebuah fakta bahwa air laut yang ada disana sangat panas. Hal tersebut karena disana memiliki suhu permukaan air yang cukup tinggi. Untuk musim panas, suhu permukaan air bisa mencapai 26 derajat celcius untuk bagian utara, dan 31 derajat celcius di bagian selatan. Suhu hariannya bisa mencapai 21-24 derajat celcius.

Fakta Mengenai Laut Merah

1. Tingkat Garam yang Tinggi
Laut Merah memiliki kadar garam tertinggi yang ada di dunia. Untuk laut biasa dan normal, biasanya kadar garamnya hanya mencapai 35%. Sementara kadar garam yang ada di laut Merah bisa mencapai 40% sehingga menjadikan Laut Merah ini sangat asin airnya.

2. Jarang Hujan
Di daerah Laut Merah jarang terjadi hujan. Curah hujan yang ada di sekitar Laut Merah sangat minim dan sedikit, yaitu sekitar 60 mm per tahunnya. Jadi tidak heran jika laut merah dijuluki sebagai laut terpanas di dunia. Karena selain suhu permukaan airnya yang panas, suhu udara di sana juga sama panasnya.

3. Arusnya Tenang
Laut Merah terkenal akan arusnya yang tenang dan jarang memiliki ombak. Sekalipun ada ombak, biasanya tidak terlalu besar.

Itulah beberapa hal mengenai karakteristik Laut Merah dan fakta menarik yang berkaitan dengan Laut Merah. Dengan mencari informasi mengenai Laut Merah, Anda jadi mengerti dan paham bagaimana Laut Merah itu dan dapat menambah ilmu pengetahuan baru.

Karakteristik Laut Merah : Letak dan Fakta Geografisnya