Karakteristik Laut China Selatan : Letak, Batas Wilayah dan Kondisi Geografis

Laut China Selatan - Bumi ini terdiri dari daratan dan perairan dengan luas lautan yang lebih luas dibanding daratannya. Bagian bumi yang berupa perairan bahkan mencapai 2/3 dari keseluruhan luas permukaan bumi. Perairan dibagi menjadi perairan darat dan perairan laut. Kali ini akan dibahas tentang salah satu perairan laut, yang terdiri dari samudera dan lautan lepas.

Selain Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, salah satu perairan yang juga banyak dikenal adalah Laut China Selatan. Lalu dimana letak Laut China Selatan dan karakteristik Laut China Selatan ini? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Kondisi Geografis Laut China Selatan

Laut China selatan sebenarnya adalah laut tepi yang masuk dalam wilayah Samudra Pasifik. Laut ini belakangan sering menjadi perbincangan karena konflik yang terjadi antara negara-negara yang berada di kawasan laut ini yang mengklaim berhak atas Laut Cina Selatan dan pengelolaan sumber daya alam yang ada di dalamnya.

laut china selatan

Terlepas dari konfliknya, laut ini juga memiliki karakteristik yang membedakannya dengan laut lain. Sebelum mengenal karakteristik Laut China Selatan, berikut ini adalah penjelasan tentang Laut China Selatan secara geografis.

1. Luas Wilayah
Laut yang merupakan bagian dari Samudra Pasifik ini memiliki luas kurang lebih 3.500.000 kilometer persegi. Selain luas, laut ini juga memiliki banyak pulau dengan jumlah kurang lebih 250 ribu pulau. Namun semuanya tidak dihuni manusia, bahkan ketika air laut sedang pasang, pulaunya pun menghilang. Berdasarkan luas wilayahnya, disini juga terdapat fitur-fitur geografis yang membuatnya semakin kaya.

2. Letak dan Batas Wilayah
Laut ini berbatasan langsung dengan beberapa negara, seperti negara atau kenampakan alam lainnya. Laut China Selatan juga berbatasan langsung, terutama dengan beberapa negara yang kemudian membuatnya menjadi konflik. Sebelah selatan laut ini berbatasan langsung dengan negara Tiongkok, Timur negara Vietnam, Barat Filipina dan Utara Kep. Bangka Belitung dan Pulau Kalimantan.

Popularitas Laut China Selatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laut China Selatan memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis laut lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik tersebut.

1. Terdapat Banyak Kekayaan Alam
Karakteristik pertama dari Laut China Selatan yang sangat menonjol adalah karena di dalam laut ini tersimpan berbagai sumber daya alam, baik itu sumber daya alam non hayati, maupun kekayaan sumber daya alam hayati. Kekayaan sumber daya alam hayati karena di laut ini hidup berbagai jenis makhluk hidup yang bisa menopang kehidupan manusia. Tak hanya itu, di dalam laut ini juga menyimpan sumber minyak bumi dan gas alam dalam jumlah yang sangat besar.

2. Letaknya Strategis Menjadi Jalur Pelayaran Internasional
Karakteristik selanjutnya yang juga membuat banyak negara memperebutkannya adalah karena letaknya yang strategis. Letaknya inilah yang menjadikan Laut China Selatan sebagai jalur penting dalam pelayaran internasional. Akan ada banyak kapal asing yang sering singgah atau sekedar melewati laut ini karena memang laut ini menjadi jalur pelayarannya.

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan Laut China Selatan. Ya, laut yang letaknya dekat dengan Indonesia ini kerap menjadi sumber perselisihan antar negara yang berada di sekitarnya. Masalahnya apa lagi kalau bukan memperebutkan hak kekuasaan. Masing-masing negara merasa berhak atas laut tersebut.

Terlepas dari semua konflik di atas, karakteristik dan kondisi geografis Laut China Selatan seperti yang dijelaskan di atas memang memberikan banyak keuntungan. Letak yang strategis membawa dua keuntungan sekaligus, memberikan sumber daya yang melimpah sekaligus cadangan energi yang tak kalah melimpah.

Karakteristik Laut China Selatan : Letak, Batas Wilayah dan Kondisi Geografis