5 Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan cuaca dan iklim - Cuaca dan iklim merupakan peristiwa alam yang memiliki kesamaan sehingga banyak yang sulit untuk membedakannya terutama orang awam. Meski memiliki kaitan yang erat, sebenarnya cuaca dan iklim merupakan dua hal yang berbeda. Jika Anda penasaran ingin mengetahui perbedaan cuaca dan iklim, berikut ini penjelasan singkatnya.

Apa Perbedaan Utama dari Cuaca dan Iklim?

Sebenarnya perbedaan dari cuaca dan iklim cukup mudah untuk dilihat dan diperhatikan. Ada beberapa hal mendasar yang jika diketahui maka Anda akan paham apa itu cuaca dan apa itu iklim. Berikut ini beberapa hal yang membedakan cuaca dan iklim.

1. Berdasarkan Pengertiannya
Cuaca merupakan fenomena yang terjadi di atmosfer bumi atau planet lain dalam waktu beberapa hari. Sedangkan pengertian iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca suatu wilayah di bumi atau planet lain dalam jangka waktu yang panjang.

2. Berdasarkan Cakupan Wilayah
Cuaca memiliki cakupan wilayah yang terbatas dan sempit. Sedangkan iklim memiliki cakupan wilayah yang sangat luas.

3. Berdasarkan Sifat Perubahan
Cuaca dapat berubah dengan cepat dan tidak stabil. Sedangkan iklim terjadi dengan stabil sehingga sulit berubah.

4. Berdasarkan Waktu Berlangsungnya
Cuaca terjadi relatif singkat kurang lebih 24 jam. Sedangkan iklim terjadi sangat lama mulai dari 30 tahun hingga 300 tahun.
perbedaan cuaca dan iklim

5. Berdasarkan Kemudahan Prediksi
Cuaca sangat mudah diprediksi dan dapat diprediksi setiap hari. Sedangkan iklim sulit sekali diprediksi.

Agar Anda lebih paham mengenai perbedaan kedua hal tersebut, berikut ini ada dua contoh pernyataan mengenai iklim dan cuaca.
  • Cuaca pagi hari di Surabaya hujan ringan, namun diperkirakan di sore hari akan cerah dan tidak ada hujan.
  • Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis memiliki 2 musim, sedangkan Jepang dengan iklim subtropis memiliki 4 musim.

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Setelah mengetahui perbedaan cuaca dan iklim, sebaiknya Anda juga mengetahui unsur-unsurnya. Cuaca dan iklim memiliki unsur yang sama, oleh sebab itu banyak orang yang susah membedakannya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Curah Hujan
Curah hujan adalah tingkat intensitas terjadinya hujan pada suatu wilayah. Untuk mengukur curah hujan di suatu tempat digunakan alat yang disebut obrometer.

2. Kelembaban Udara
Kelembaban udara adalah banyaknya uap air yang berada di udara suatu wilayah. Untuk mengetahui kelembaban udara di suatu wilayah maka digunakan alat yang disebut hidografi.

3. Angin
Angin merupakan udara yang bergerak dengan kecepatan lambat, sedang, maupun tinggi. Pergerakan udara tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu di suatu daerah sehingga tekanan udara berubah.

4. Awan
Awan merupakan kumpulan dari kristal-kristal es halus atau titik-titik air yang berada di atmosfer. Banyaknya awan dipengaruhi oleh perbedaan musim, ketika musim kemarau awan sedikit sedangkan musim hujan lebih banyak.

5. Sinar Matahari
Matahari sebagai pusat tata surya sangat berpengaruh terhadap kehidupan di bumi. Proses rotasi dan revolusi bumi yang menyebabkan sedikit atau banyaknya sinar matahari di suatu wilayah berpengaruh pada cuaca dan iklim yang terjadi di wilayah tersebut.

6. Suhu
Perbedaan suhu di suatu wilayah juga bergantung dari sinar matahari karena suhu dipengaruhi oleh tingkat radiasi sinar matahari yang masuk. Lamanya radiasi sinar matahari yang masuk serta pantulan radiasi yang terjadi berpengaruh pada perbedaan suhu di suatu wilayah.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan cuaca dan iklim serta unsur-unsurnya yang harus Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat memberikan pengetahuan lebih sehingga Anda bisa membedakan cuaca dan iklim dengan mudah.

5 Perbedaan Cuaca dan Iklim