Daftar Sungai Terpanjang di Benua Australia

Apa nama sungai terpanjang di Benua Australia? - Salah satu karakteristik Benua Australia yang sangat khas adalah merupakan satu-satunya benua yang hanya ditempati oleh satu negara saja, yaitu negara Australia.

Australia sendiri adalah negara yang memiliki banyak tempat indah dan menarik. Tempat-tempat tersebut bisa dikunjungi untuk berlibur bersama orang-orang terdekat. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi di benua Australia adalah sungainya.

Tak berbeda jauh dengan negara lain, sungai di Australia juga memiliki keunikan masing-masing, tak terkecuali dari segi panjangnya. Panjang dari sungai yang ada di sana cukup bervariasi.

Dari semua sungai yang ada, telah dirangkum 4 diantaranya sebagai sungai terpanjang di benua Australia. Inilah daftar nama sungainya beserta letaknya.
# Nama Sungai Panjang (km) Letak
1. Sungai Darling 2.700 Queensland & South Wales
2. Sungai Murray 2.508 Victoria & New South Wales
3. Sungai Murrumbidgee 1.600 Canberra
4. Sungai Flinders 1.004 Queensland

Lihat juga: Sungai Terbesar di Indonesia

Sungai Flinders (1.004 km)

Sungai Flinders merupakan salah satu sungai paling panjang di Queensland. Nama sungai ini berasal dari nama seorang penjelajah yaitu Matthew Flinders. Hulu sungai ini berada di lereng barat dari Great Dividing Range di sebuah negara bagian australia.

Aliran Flinders dari lereng barat Great Dividing Range di North kemudian mengalir ke arah barat laut melewati Country Gulf hingga bermuara di Teluk Carpentaria.

Sungai Murrumbidgee (1.600 km)

Di urutan ketiga ada Sungai Murrumbidgee yang berada di Canberra dengan panjang 1600 kilometer. Sungai terpanjang ke-3 di benua Australia ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Berbagai jenis komuni alam bisa ditemukan di Murrumbidgee River.

Untuk melihat keindahannya Anda bisa berjalan kaki di daerah Uriarra Crossing atau Tharwa dengan jalur penjelajahan 27 km (Murrumbidgee Discovery Track). Nantinya disana Anda akan menemukan area wisata yang dilengkapi fasilitas seperti kolam berenang, arung jeram, maupun area piknik keluarga.

Lihat juga: Sungai Terpanjang di Afrika

Sungai Murray (2.508 km)

Sungai Murray merupakan sungai di benua australia yang memilik panjang 2.508 km. Sungai ini menempati urutan kedua sebagai sungai paling panjang di Australia. Sungai tersebut berasal dari Pegunungan Alpen Australia yang mengalir melalui sisi bagian barat dari pegunungan tersebut.

Dari sisi barat, sungai ini kemudian berbelok dan memasuki negara bagian Victoria dengan New South Wales, lalu menuju ke bagian barat laut (Australia Selatan). Selanjutnya, Sungai Murray berbelok ke arah selatan yaitu di Morgan kemudian membentuk Danau Alexandrina yang pada akhirnya bermuara ke laut.

Walaupun volume airnya saat ini terbilang besar, namun sebenarnya sebelum ada regulasi pemerintah mengenai reklamasi sungai, volume air di sungai ini pada dasarnya dangkal dengan aliran air yang kecil.

Di tahun 2010, sistem Murray River mendapatkan 58% aliran alaminya. Daerah tersebut menjadi daerah irigasi yang terpenting di benua tersebut. Banyak orang menyebut daerah itu dengan sebutan "Food Bowl".

Sungai Darling (2.700 km)

Selanjutnya ada Sungai Darling yang mengalir melewati negara bagian New South Wales. Sungai darling adalah pemegang rekor sungai terpanjang di benua australia.

Cabang dari sungai Darling sebagian besar mengalir di negara bagian Queesland, atau lebih tepatnya di Sungai Condamine dan Sungai Warrego. Mata airnya berada di gugus utama dari Pegunungan Australia Timur yaitu Eartern Highlands.

Lihat juga: Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Aliran air Sungai Darling sangat berfluktuasi, ini dapat terlihat dengan sering terjadinya 2 peristiwa yaitu banjir dan kekeringan di sekitar DAS-nya.

Kekeringan terjadi karena sebagian besar pola aliran sungai nya melalui padang rumput atau semak belukar luas, dimana curah hujan rata-ratanya kurang dari 250 mm tiap tahunnya. Hal ini menyebabkan volume air sungai ini lebih banyak berkurang karena adanya penguapan.

Itulah tadi 4 sungai paling panjang di benua Australia yang dapat geologinesia infokan untuk Anda. Sungai tersebut kerap dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar baik dari segi panorama maupun konsumsi airnya.
Komentar