Daftar Sungai Terpanjang di Benua Australia

Apa nama sungai terpanjang di Benua Australia? - Salah satu karakteristik Benua Australia yang sangat khas adalah merupakan satu-satunya benua yang hanya ditempati oleh satu negara saja, yaitu negara Australia. Australia sendiri adalah negara yang memiliki banyak tempat indah dan menarik. Tempat-tempat tersebut bisa dikunjungi untuk berlibur bersama orang-orang terdekat. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi di benua Australia adalah sungainya.

Tak berbeda jauh dengan negara lain, sungai di Australia juga memiliki keunikan masing-masing, tak terkecuali dari segi panjangnya. Panjang dari sungai tersebut bervariasi. Dari semua sungai yang ada, telah dirangkum 4 diantaranya sebagai sungai terpanjang di benua Australia. Inilah daftar beserta uraiannya.

Daftar 4 Sungai Terpanjang yang ada di Benua Australia
Nama Sungai Panjang (km) Letak
1. Sungai Murray 2.508 New South Wales
2. Sungai Murrumbidgee 1.485 Canberra
3. Sungai Darling 1.472 New South Wales
4. Sungai Flinders 1.004 Queensland

1. Murray River (2.508 km)
Yang pertama ada Murray River yang memilik panjang 2.508 km. Sungai ini menempati urutan ketiga sebagai sungai paling panjang di dunia. Sungai tersebut berasal dari Pegunungan Alpen yang melalui bagian barat pegunungan tersebut, lalu berkelok di pedalaman benua itu sampai membentuk pembatas antara negara bagian Victoria dengan New South Wales. Alirannya kemudian akan menuju ke barat laut yaitu di Australia Selatan.

Murray River akan berbelok ke arah selatan yaitu di Morgan kemudian mencapai laut yaitu melalui Danau Alexandrina. Walaupun volume aliran airnya terbilang besar, namun sebelum ada regulasi sungai dalam skala besar, muaranya terbilang dangkal dan kecil. Di tahun 2010, sistem Murray River mendapatkan 58% aliran alami. Daerah tersebut menjadi daerah teririgasi yang terpenting di benua tersebut. Banyak orang menyebut daerah itu dengan sebutan "Food Bowl".

2. Murrumbidgee River (1.485 km)
Di urutan kedua ada Sungai Murrumbidgee yang berada di Canberra. Sungai terpanjang di benua Australia yang satu ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Berbagai jenis komuni alam bisa ditemukan di Murrumbidgee River. Untuk melihat keindahannya Anda bisa berjalan kaki di daerah Uriarra Crossing atau Tharwa. Coba taklukkan jalur penjelajahan 27 km yang bernama Murrumbidgee Discovery Track. Di sana jika Anda mau berenang, bermain kayak, maupun piknik bisa dilakukan di Casuarina Sands.

3. Sungai Darling (1.472 km)
Selanjutnya ada Sungai Darling yang mengalir melewati negara bagian New South Wales. Cabang dari sungai tersebut sebagiannya akan mengalir di negara bagian Queesland, atau lebih tepatnya yakni Sungai Condamine dan Sungai Warrego. Mata airnya berada di gugus utama dari Pegunungan Australia Timur yaitu Eartern Highlands.

Arus Darling River berfluktuasi karena adanya banjir dan kekeringan. Sebagian besar pola aliran sungai ini akan melalui padang rumput atau semak belukar luas dimana curah hujan rata-ratanya kurang dari 250 mm tiap tahunnya. Sungai yang satu ini lebih banyak berkurang volum air karena adanya penguapan.

4. Sungai Flinders (1,004 km)
Yang terakhir ada Sungai Flinders yang menjadi sungai paling panjang di Queensland. Nama sungai ini berasal dari nama seorang penjelajah yaitu Matthew Flinders. Sungai ini naik di lereng barat dari Great Dividing Range di negara bagian besar belum berkembang. Flinders naik di lereng barat Great Dividing Range di North, kemudian akan mengalir di barat laut melewati Country Gulf hingga tiba di Teluk Carpentaria.

Itulah tadi 4 daftar sungai terpanjang di benua Australia yang hingga saat ini masih ada. Sungai tersebut kerap dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar baik dari segi panorama maupun airnya.

Daftar Sungai Terpanjang di Benua Australia